Mudah dan Praktis, Begini 8 Cara Menyimpan Foto Agar Memori Ponsel Tidak Cepat Penuh

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memeberikan beberapa tips atau cara menyimpan foto pada ponsel yang efektif agar memori kamu tidak cepat penuh. Simak dibawah ini ya!

Saat ini setiap smartphone sudah dilengkapi dengan fitur kamera. Rasanya kurang lengkap jika ada sebuah ponsel tanpa memiliki fitur kamera. Tidak heran jika saat ini fungsi ponsel sudah bertambah, yang semula hanya sebagai alat komunikasi, kini juga berfungsi sebagai kamera.

Maka dari itu banyak pengguna yang memanfaatkan fitur ini hingga tidak sadar menyimpan foto dalam jumlah banyak yang memenuhi memori ponsel.

Namun ini adalah hal yang wajar mengingat berfoto kini sudah menjadi budaya bagi sebagian besar orang. Setiap datang ke acara bergengsi, spot yang bagus, atau ke tempat rekreasi foto-foto adalah salah satu kegiatan terpenting yang tidak boleh dilewatkan.

Bahkan ketika melakukan kegiatan sehari-hari seperti olahraga, makan, bekerja dan sebagainya, kegiatan mengambil gambar tidak bisa ditinggalkan.

Dulu, kualitas kamera ponsel sangat rendah dengan fitur yang sangat biasa. Namun kini, setiap ponsel dibekali kamera kualitas tinggi dengan berbagai macam fitur pengaturan yang canggih sehingga hasilnya sangat baik.

Dampaknya, setiap foto yang diambil memiliki kapasitas yang besar hingga puluhan mega bytes. Inilah salah satu alasan kenapa sekarang menyimpan file gambar di ponsel bisa membuat memori jadi penuh. Lalu bagaimana cara menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh?

Cara Menyimpan Foto yang Efektif

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa kecanggihan kamera pada ponsel sekarang membuat kapasitas setiap foto yang diambil menjadi sangat besar. Jika menyimpan dalam jumlah banyak, maka berkas foto bisa membuat ruang penyimpanan ponsel menjadi penuh.

Untuk menyiasati masalah ini, kamu bisa menerapkan beberapa cara untuk menyimpan gambar agar memori ponsel tidak penuh seperti berikut ini. Silahkan disimak hingga tuntas ya.

1. Hapus Foto yang Tidak Penting

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh adalah dengan menghapus foto yang tidak dikehendaki. Biasanya ketika kamu foto-foto pasti tidak hanya sekali namun beberapa kali ambil gambar.

Nah yang dimaksud hapus foto yang tidak dikehendaki adalah gambar yang kamu ambil pada saat foto namun kamu anggap jelek. Sebaiknya segera hapus foto tersebut agar tidak memenuhi ruang.

2. Simpan Foto Ke Drive Online

Cara kedua untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh adalah dengan “menitipkannya” ke drive online seperti Google Drive, Dropbox, Ushare, Microsoft One Drive dan lain sebagainya.

Menyimpan file gambar dalam penyimpanan online akan memberikan manfaat ganda buatmu. Yaitu bisa mengurangi kapasitas penyimpanan sekaligus sebagai back up ketika memori atau ponselmu rusak.

3. Pindah Foto Lama ke Laptop

Cara yang ketiga untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh adalah dengan memindah sebagian besar file lama ke laptop. Laptop menggunakan hardisk sebagai penyimpanan utama sehingga kapasitasnya jauh lebih besar daripada ponsel.

Kamu bisa memanfaatkannya untuk menyimpan file gambar lamamu. Cobalah untuk memindahkan file foto dari ponsel ke laptop sesering mungkin agar file foto tidak menumpuk di ponsel.

4. Simpan Foto di Memori Eksternal

Keempat, kamu bisa menyiapkan memori eksternal khusus untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh. Silahkan manfaatkan fitur slot memori eksternal pada ponsel untuk menyediakan ruang lebih dalam menyimpan file foto.

Kamu bisa menggunakan SD Card dengan kapsitas terbesar yang kompatibel dengan ponselmu. Ubah pengaturan penyimpanan kamera default ke kartu memori eksternal yang sudah kamu sediakan.

5. Atur Foto Ke Resolusi Rendah

Kelima, kamu bisa mengatur resolusi ke yang lebih rendah sebagai salah satu upaya untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh. Menurunkan resolusi bukan berarti menurunkan kualitasnya. Namun kamu hanya mengubah ukuran pixel-nya menjadi lebih kecil saja.

Pada dasarnya hasil foto kamera ponsel hanya digunakan untuk keperluan sosial media yang tidak memerlukan ukuran pixel yang besar. Kamu tetap mendapatkan hasil yang bagus meski resolusinya lebih kecil.

6. Kurangi Kualitas Foto

Pada cara keenam untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh adalah dengan mengubah pengaturan foto ke kualitas yang lebih rendah. Cara ini memang sedikit memberi imbas pada kualitas foto yang cenderung sedikit menurun.

Namun dengan cara ini kapasitas file sebuah foto bisa berkurang menjadi lebih kecil. Kamu bisa mempertimbangkan cara ini mengingat memiliki dua sisi menguntungkan dan juga merugikan.

7. Hindari File Duplikat

Pada cara ketujuh untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh bisa dilakukan dengan menghindari duplikat file. Duplikat file ini biasanya terjadi ketika kamu mengedit foto di aplikasi kemudian menyimpannya. Maka didalam galeri akan terdeteksi dua buah foto yang sama namun berbeda folder.

Nah inilah yang disebut sebagai duplikat file yang bisa memenuhi ruang penyimpanan. Sebaiknya hapus file lama yang belum kamu edit jika file setelah di edit kamu anggap lebih baik.

8. Kompresi Foto

Terakhir, kamu bisa menyimpan foto dengan mengompresnya terlebih dahulu agar memori ponsel tidak penuh. Sebenarnya cara ini sedikit tidak direkomendasikan karena akan mempengaruhi kualitas dan resolusi dari foto itu sendiri.

Namun cara ini bisa jadi alternatif solusi untuk menghemat ruang penyimpanan. Jika terpaksa harus mengompres foto, sebaiknya gunakan aplikasi kompres yang mumpuni sehingga tidak begitu mempengaruhi hasil

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menyimpan foto yang efektif agar memori tidak cepat penuh. Beberapa cara diatas bisa kamu lakukan sebagai langkah pencegahan penuhnya ruang penyimpanan.

Menyimpan file gambar untuk mengabadikan momen itu sah-sah saja. Namun jangan sampai melupakan kapasitas dari memori ponsel itu sendiri. Menyimpan berkas gambar hingga memori penuh itu sangat tidak baik bagi kinerja ponsel karena bisa membuat beberapa fungsinya tidak bekerja.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like