3 Cara Membersihkan File Sampah di Android dengan Mudah

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas cara membersihkan file sampah yang ada di smartphone. Taukah kamu? Salah satu hal yang bisa membuat memori HP Android penuh adalah file.

File sendiri memiliki banyak jenis, salah satunya adalah file sampah. Berkas ini biasanya tidak penting bahkan tidak memiliki fungsi sama sekali terhadap ponsel. Malahan bersifat merugikan karena hanya memenuhi direktori. Oleh karena itu, kamu sangat wajib untuk membersihkan file sampah di HP Android.

File sampah di HP Android datang dalam kurun waktu yang lama ketika ponsel mulai digunakan. Meski banyak merugikan, namun masih banyak para pengguna smartphone yang tidak tahu bahkan tidak paham terhadap keberadaan berkas sampah tersebut.

Alhasil, file sampah tersebut hanya dibiarkan begitu saja hingga akhirnya menumpuk. Kondisi ini bisa memenuhi memori jika dibiarkan berlarut-larut.

Dampak Buruk dari File Sampah Bagi Ponsel

Dampak Buruk dari File Sampah Bagi Ponsel

Seperti namanya, file sampah memang tidak memiliki fungsi yang berdampak pada peningkatan kinerja ponsel. Justru sebaliknya, berkas sisa ini malah memiliki dampak buruk dan bersifat merugikan untuk ponsel. Lalu apa saja dampak buruk file sampah bagi HP Android jika tidak dibersihkan? Berikut ini adalah dampak buruknya.

    • Memenuhi memori internal pada smartphone.
    • Membuat kinerja HP Android menjadi lambat.
    • File direktori menjadi berserakan dan tidak enak untuk dipandang.
    • Menyulitkan kita ketika akan mencari file di direktori.

Asal File dan Berkas Sampah di Hp Android

File atau berkas sampah tidak muncul begitu saja melainkan muncul dari berbagai cara mulai dari sisa-sia file aplikasi yang telah dihapus hingga data singgahan dari sebuah aplikasi yang di download tidak melalui Play Store. Apa saja jenis file sampah di Android? Berikut ini adalah asal muasal file dan berkas sampah di HP Android yang harus kamu ketahui.

  • File Bekas Aplikasi

File sampah bisa berasal dari bekas aplikasi yang sudah di copot pemasangannya. Aplikasi yang dicopot biasanya tidak menghapus seluruh file yang dibawanya. Masih ada sisa file tertentu yang tertinggal seperti folder kosong dan data-data lain.

  • File Cache Aplikasi

File sampah juga bisa berasal dari cache aplikasi. Secara sederhana, file cache bisa diartikan sebagai sebuah data sementara yang dibawa oleh aplikasi dan disimpan di memory smartphone. Setiap aplikasi memiliki file cache yang berbeda-beda besarnya tergantung fungsi dan kegunaannya.

  • File yang Tidak Dikenal

Pernahkah kamu menjumpai berkas yang tidak bisa dideteksi oleh file manager pada ponsel? Jika iya, itu merupakan salah satu file yang tidak dikenali oleh sistem Android sehingga tidak bisa dibuka maupun digunakan. Berkas seperti ini biasanya tidak sengaja di download kemudian masuk ke direktori.

  • File Folder yang Kosong

Folder kosong juga bisa dikategorikan sebagai file sampah. Biasanya folder kosong berasal dari folder yang isinya sudah dihapus. Selain itu, aplikasi yang sudah di copot pemasangannya juga meninggalkan folder kosong. Meski kapasitasnya tidak begitu besar, namun folder kosong bisa membuat direktori berantakan.

  • File Singgahan

Berkas lain yang bisa dikategorikan sebagai file sampah adalah berkas singgahan. Maksudnya adalah, ketika kamu mengunduh sebuah aplikasi diluar Play Store, maka setelah di pasang, file masternya masih singgah di direktori. Karena jenisnya aplikasi, biasanya file singgahan berukuran cukup besar.

Cara Membersihkan File Sampah

Cara Membersihkan File Sampah di HP

Dimana-mana yang namanya sampah harus segera dibuang dan dibersihkan. Hal ini juga berlaku untuk berkas sisa di ponsel.

Kamu harus membersihkan file sampah di HP Android untuk menghindari dampak buruknya seperti yang sudah dijelaskan diatas. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan file sampah di HP Android.

1. Bersihkan Melalui File Manager

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan berkas sampah adalah melalui file manager. File manager bawaan Android memang sudah dibekali fitur ini. Caranya yaitu:

    1. Silahkan buka file manager.
    2. Lalu tap bagian ikon seperti sapu dibagian kiri atas.
    3. Kemudian pilih Bersihkan.
    4. Disini aplikasi akan mendeteksi file sampah, lalu klik Bersihkan lagi.
    5. Tunggu beberapa saat hingga file sampah dibersihkan.

2. Bersihkan Cache Secara Manual

Selain melalui file manager, kamu juga bisa membersihkan file sampah secara manual. Namun cara ini hanya bisa kamu lakukan untuk pembersihan cache saja.

    1. Pertama-tama masuk ke Pengaturan.
    2. Lalu pilih Aplikasi & Notifikasi.
    3. Tap pada bagian Lihat semua aplikasi.
    4. Maka akan muncul daftar seluruh aplikasi yang terpasang pada ponsel.
    5. Pilih aplikasi yang akan dibersihkan file cache-nya.
    6. Misalkan kamu ingin membersihkan cache Chrome, klik pada aplikasi Chrome, lalu pilih Penyimpanan, disitu ada pilihan Hapus cache disebelah kanan. Klik saja maka file cache akan dihapus.

3. Bersihkan File Sampah dengan Aplikasi

Jika kedua cara diatas dirasa kurang maksimal, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu dapatkan di Play Store. Ada banyak sekali aplikasi yang berfungsi untuk bersih-bersih. Namun berikut ini kami rangkumkan beberapa aplikasi terbaik untuk membersihkan file sampah di HP Android.

a. Aplikasi Clean Master

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan file sampah adalah Clean Master. Selain fungsi utamanya sebagai pembersih sampah, software ini juga memiliki fitur plus-plus seperti antivirus, pembersih RAM, pendingin CPU dan juga penghemat baterai. Selain itu kamu juga bisa mengunci beberapa aplikasi privat seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp.

b. Aplikasi Easy Clean

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan file sampah di HP Android adalah Easy Clean. Aplikasi ini tidak hanya memiliki kemampuan bersih-bersih saja, namun juga bisa digunakan untuk mempercepat ponsel.

Selain itu, kamu juga bisa mendinginkan perangkat ketika panas. Yang lebih menarik, kamu juga bisa mengunci aplikasi privat baik itu sosial media, email, atau galeri.

c. Aplikasi Nox Cleaner

Untuk aplikasi yang ketiga, penulis merekomendasikan Nox Cleaner. Fungsi utamanya adalah untuk membersihkan file sampah di HP Android.

Namun, juga memiliki fitur yang diklaim unggulan dan sangat bermanfaat seperti game booster, mempercepat ram, pendingin CPU dan real time antivirus. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengunci aplikasi yang kamu anggap privat dengan keamanan PIN atau pola.

d. Aplikasi Iclean

Terakhir ada aplikasi iClean yang bisa membantumu untuk membersihkan file sampah di HP Android. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat memanjakan mata.

Selain fungsi utamanya untuk bersih-bersih berkas sisa, iClean juga memiliki fitur seperti antivirus, memory booster, CPU cooler, dan juga battery saver. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur pembersih file-file tidak berguna dari WhatsApp dan Line.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari Teknatekno tentang cara membersihkan file sampah yang ada di ponsel. Membersihkan file sampah di HP Android itu wajib hukumnya. Selain membawa dampak buruk seperti memenuhi memori internal dan juga membuat ponsel jadi lambat, berkas sisa juga tidak memiliki daya guna.

Lebih baik kamu membersihkannya dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan diatas. Agar lebih maksimal, sebaiknya kamu gunakan aplikasi tambahan dengan memilih salah satu dari yang sudah direkomendasikan diatas. Selamat mencoba!

 

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like