Kelebihan dan Kekurangan dari Jenis Usaha Korporasi

Teknatekno.com – Jenis usaha korporasi adalah jenis usaha yang paling komplek dibandingkan jenis usaha lainnya. Selain itu jenis usaha ini lebih mahal dari struktur bisnis lainnya.

Korporasi sendiri merupakan badan hukum yang bersifat independen dan terpisah dari pemilik usahanya. Oleh karena itu, pemilik usaha korporasi harus mematuhi berbagai macam peraturan serta persyaratan pajak.

Namun, pemilik bidang usaha korporasi akan terlindung dari kewajiban yang diperolehnya, karena utang korporasi tidak dianggap sebagai utang pemilik korporasi tersebut. Hal ini tentu berbeda dari jenis bidang usaha kepemilikan yang dapat menempatkan aset pribadi dalam keadaan berbahaya.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari jenis usaha korporasi ini? Untuk mengetahui lebih jelas, simak beberapa kelebihan serta kekurangan dari usaha korporasi berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Usaha Korporasi

Berikut ini adalah beberapa kekurangan serta kelebihan dari jenis usaha korporasi:

Kelebihan Jenis Usaha Korporasi

Adapun kelebihan atau keuntungan dari usaha korporasi yaitu:

Mudah untuk Mengumpulkan Uang

Perusahaan dapat meningkatkan modal dalam jumlah besar dengan menjual saham. Tidak ada biaya bunga. Pemegang saham dibayar hanya jika perusahaan menghasilkan keuntungan.

Tanggung Jawab Terbatas

Pemegang saham tidak dapat dimintakan pertanggung-jawabkan, kecuali sebatas modal yang telah ditanamkan ke dalam perseroan. Karena itu, badan usaha ini lebih mudah untuk menarik investor karena risikonya relatif rendah.

Skala ekonomi

Karena ukurannya yang lebih besar, perusahaan dapat memperoleh manfaat dari skala ekonomi.

Produktifitas

Perusahaan dapat merekrut direktur dan manajer spesialis untuk menjalankan perusahaan karena pemilik tidak perlu terlibat langsung dalam menjalankan bisnis sehari-hari.

Mereka juga lebih cenderung mempekerjakan staf spesialis seperti pemasar, pengacara dan akuntan. Oleh karena itu, tingkat output dan produktivitas perusahaan terbatas pada umumnya lebih tinggi daripada yang ditemukan dalam badan usaha perseorangan dan kemitraan.

Kekurangan Usaha Korporasi

Sedangkan untuk kekurangan dari jenis usaha korporasi adalah:

Masalah Komunikasi

Ketika perusahaan menjadi lebih besar, layanan dan hubungan dapat menjadi lebih bersifat kaku dan impersonal bagi pelanggan dan karyawan.

Kompleksitas Ditambahkan

Menjalankan badan usaha perseorangan atau kemitraan lebih murah dan lebih tidak birokratis daripada menjalankan korporasi.

Pengungkapan Informasi

Data keuangan harus disediakan untuk semua pemegang saham. Ini dapat menjadi tugas yang memakan waktu dan mahal karena auditor harus dibayar dan laporan tahunan harus dipublikasikan dan didistribusikan. Privasi tidak lagi ada, dibandingkan dengan yang dinikmati oleh badan perseorangan ataupun kemitraan.

Birokrasi

Ada jauh lebih banyak birokrasi yang terlibat dalam mendirikan dan menjalankan perusahaan.

Kehilangan Kendali

Untuk perusahaan publik, lerusahaan menghadapi potensi ancaman pengambilalihan oleh perusahaan rival yang membeli saham mayoritas dalam bisnis karena saham tersedia secara terbuka untuk pembelian di bursa saham.

Kesimpulan

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari usaha korporasi yang bisa Teknatekno rangkum kali ini. Semoga bermanfaat!

Back to top button