Rekomendasi Flashdisk OTG Terbaik dan Terlaris

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Sedang cari rekomendasi flashdisk OTG yang terbaik? Yuk lihat rekomendasi flashdisk OTG terbaik dari Teknatekno berikut ini.

Memindahkan data dari flashdisk ke smartphone dulunya merupakan proses yang sulit dan ribet. Perlu kabel data dan PC untuk melakukan ini. Namun sekarang, proses yang ribet itu sudah tidak ada lagi.

Karena ada flashdisk OTG atau On-The-Go yang bisa terhubung langsung ke smartphone jika ingin melakukan transfer data di antara keduanya melalui port microUSB.

Hanya ponsel yang sudah mendukung fungsi USB OTG saja yang bisa membaca dan menulis data di flashdisk OTG. Jadi, sebelum membeli barang ini, pastikan terlebih dahulu apakah ponsel yang kamu miliki sudah kompatibel atau belum.

10 Rekomendasi Flashdisk OTG

Berikut rekomendasi flashdisk OTG terbaik yang ada di pasaran:

1. SanDisk Ultra Dual Drive

SanDisk Ultra Dual Drive hadir dengan konektor micro-USB yang kompatibel dengan port USB 2.0 di satu sisi, dan konektor USB 3.0 di sisi yang lain. Kamu bisa merasakan kecepatan transfer data hingga 150 MB per detik dari SanDisk Ultra Dual Drive ke port USB 3.0 komputer.

Flashdisk SanDisk Ultra Dual Drive tersedia dalam beberapa varian kapasitas, di antaranya adalah 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan yang paling tinggi 256 GB. Harganya juga bervariasi, mulai dari Rp 80 ribuan hingga Rp 500 ribuan.

SanDisk Ultra Dual Drive kompatibel dengan sebagian besar perangkat Android yang mendukung fungsi OTG. Selain itu, flashdisk ini juga kompatibel dengan dan bisa digunakan secara langsung pada PC dan komputer Mac yang mengoperasikan Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Mac OS v10.6+ tanpa perlu driver.

2. SanDisk iXpand Flip

SanDisk iXpand Flip adalah flashdisk OTG yang hadir untuk pengguna iPhone dan iPad yang sedang membutuhkan banyak ruang kosong di perangkat mereka. Flashdisk ini menggunakan antarmuka USB 3.1 Gen 1 berkecepatan tinggi untuk memindahkan data-data di dalamnya dengan cepat ke dalam komputer.

Kamu juga bisa melindungi file yang tersimpan dalam SanDisk iXpand Flip dengan kata sandi untuk menjaga kerahasiaannya di seluruh perangkat iOS dan komputer PC.

Flashdisk ini juga dilengkapi dengan tutup flip yang praktis melindungi konektor Lightning, dan kamu bisa meletakkannya di sisi USB Type-A ketika sedang digunakan.

SanDisk iXpand Flip tersedia dalam empat pilihan kapasitas, yaitu 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Harganya sendiri mulai Rp 300 ribuan untuk kapasitas terendah hingga Rp 1 jutaan untuk kapasitas tertinggi.

3. Kingston DataTraveler DT80

Kingston DataTraveler DT80 menggunakan antarmuka USB 3.2 Gen1 sehingga mampu menyajikan kecepatan baca hingga 200 MB per detik dan kecepatan tulis hingga 60 MB per detik untuk varian 128 GB dan 256 GB.

Flashdisk OTG ini mendukung laptop, desktop, ponsel pintar, dan tablet dengan konektor Type-C tanpa perlu adaptor. Kingston DataTraveler DT80 tersedia dalam empat kapasitas, yaitu 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Varian terendahnya bisa kamu dapatkan di kisaran Rp 180 ribuan, sedangkan varian tertinggi harganya sekitar Rp 750 ribuan. Produk ini memiliki desain kecil dan tertutup dengan casing serta gantungan kunci sehingga ideal untuk penyimpanan saat bepergian.

4. Transcend JetFlash 890

Transcend JetFlash 890 dilengkapi dengan konektor ganda, yaitu konektor USB Type-C yang bisa dibalik dan konektor USB 3.1 Gen1 biasa yang dirancang untuk mentransfer dan mencadangkan foto, musik, dan video antara perangkat yang dilengkapi port USB Type-C terbaru.

JetFlash 890 tersedia dalam tiga varian, yaitu 32 GB, 64 GB, dan 128 GB dengan harga mulai Rp 180 ribuan. Dilengkapi dengan antarmuka SuperSpeed ​​USB 3.1 Gen1, Transcend JetFlash 890 mampu memberikan kecepatan transfer hingga 130 MB per detik.

Sementara itu, JetFlash 890 menggunakan teknik COB (Chip on Board) yang inovatif dan dirakit dengan casing metalik, membuat produk ini tahan terhadap debu dan percikan.

5. SanDisk Ultra Dual Drive Go

SanDisk Ultra Dual Drive Go memungkinkan kamu memindahkan file antar ponsel pintar, tablet, Mac (USB Type-C) dan komputer (USB Type-A). Flashdisk OTG ini menggunakan antarmuka USB 3.1 Gen1 dengan kecepatan baca hingga 150 MB per detik, sehingga kamu bisa memindahkan file dengan cepat ke komputer.

SanDisk Ultra Dual Drive Go memiliki desain putar untuk melindungi konektor. Ada juga lubang gantungan kunci untuk mengaitkannya ke gantungan kunci, sehingga kamu bisa membawanya dengan mudah dan aman. Produk ini tersedia dalam 5 varian, yaitu 32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 512 GB dengan harga mulai Rp 100 ribuan.

6. Kingston DataTraveler Duo

Kingston DataTraveler Duo hadir dengan antarmuka ganda yang berfungsi pada port USB Type-A dan USB Type-C standar. Untuk melindungi kedua port-nya, Kingston DataTraveler Duo juga memiliki casing geser ganda yang inovatif membuat flash drive makin kokoh tanpa mudah hilang.

Kingston DataTraveler Duo hanya tersedia dalam dua kapasitas, yaitu 32 GB yang dihargai Rp 100 ribuan dan 64 GB seharga Rp 150 ribuan. Produk ini hadir dengan kecepatan USB 3.2 Gen1, sehingga kamu bisa mengakses dan mentransfer dokumen, foto, video, musik, dan lainnya dengan mudah.

7. SanDisk iXpand Go

SanDisk iXpand Go bisa menjadi pilihan flashdisk OTG lainnya yang bagus untuk pengguna iPhone atau iPad. Flashdisk ini menggunakan antarmuka USB 3.0 berkecepatan tinggi yang bisa diandalkan untuk memindahkan file yang berada di dalamnya ke komputer dengan cepat.

Produk ini tersedia dalam tiga pilihan kapasitas, yaitu 64 GB, 128 GB, dan 256 GB dengan harga mulai Rp 400 ribuan.

SanDisk iXpand Go juga mendukung keamanan file di mana kamu bisa melindungi file dengan kata sandi, di berbagai perangkat, untuk menjaga kerahasiaannya.

Sementara itu, desain tutup dengan model putar memiliki fungsi ganda untuk melindungi konektor dan menjadi lubang gantungan kunci agar drive bisa dengan mudah kamu bawa ke mana saja.

8. Transcend JetDrive Go 300

Kembali untuk iOS, Transcend JetDrive Go 300 hadir untuk memenuhi kebutuhan ruang memori tambahan untuk pengguna perangkat dengan sistem operasi tersebut. JetDrive Go 300 kompatibel dengan model iPhone, iPad, dan iPod touch dengan port Lightning dan menjalankan iOS 11 atau lebih baru.

Transcend JetDrive Go 300 hadir dalam tiga pilihan kapasitas, yaitu 32 GB, 64 GB dan 128 GB dengan harga mulai Rp 300 ribuan. Flashdisk ini mampu menghadirkan performa maksimal hingga 20 MB per detik untuk antarmuka Lightning dan hingga 100 MB per detik untuk antarmuka USB 3.1 Gen1.

9. SanDisk Ultra Dual Drive m3.0

SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 mengusung konektor ganda, yaitu micro-USB di satu sisi yang kompatibel dengan port USB 2.0, dan konektor USB 3.0 di sisi yang lain. Ini memungkinkan kamu untuk dengan mudah memindahkan konten lintas perangkat dari ponsel cerdas atau tablet Android ke komputer laptop, PC, atau Mac.

SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 hadir dalam 5 varian kapasitas. Yang paling kecil adalah 16 GB yang memiliki kecepatan baca hingga 130 MB per detik.

Sedangkan empat lainnya yaitu 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB memiliki kecepatan baca hingga 150 MB per detik. Harga SanDisk OTG ini cukup terjangkau, mulai Rp 80 ribuan hingga Rp 500 ribuan.

10. TeamGroup M181

TeamGroup M181 memiliki desain tutup yang bisa diputar 360 derajat. Desain ini tidak bisa dicopot sehingga meminimalisir resiko tutup hilang. Meski begitu, ia hanya bisa menutup salah satu saja dari dua ujungnya (USB 3.1 Gen1 (USB 3.0) dan USB Type-C).

TeamGroup M181 hadir dengan fitur perlindungan triple protection pada chipnya, seperti perlindungan terhadap air, debu, dan guncangan. Ini menghindari kerusakan data atau kehilangan data yang disebabkan oleh kekuatan eksternal selama operasi, dan memberikan perlindungan data menyeluruh ke penyimpanan seluler.

Soal performa, kamu bisa mentransfer data dengan kecepatan baca hingga 85 MB per detik dan kecepatan tulis hingga 20 MB per detik (untuk varian 32 GB ke atas).

Varian kapasitas TeamGroup M181 adalah 16 GB, 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Dan sebagai informasi, TeamGroup M181 sudah tersedia dengan antarmuka USB 3.2 Gen1, namun belum diketahui apakah model ini sudah masuk resmi ke Indonesia atau belum.

Kesimpulan

Demikian rekomendasi flashdisk OTG terbaik versi Teknatekno. Sebelum kamu akan membeli produk-produk di atas, harap pastikan dulu apakah perangkat yang sedang kamu gunakan sudah kompatibel dengan USB OTG atau belum.

Related Articles

Back to top button