Apa itu Output Device? Definisi, Macam dan Fungsinya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas apa itu output device beserta macam-macam output device dan juga fungsinya. Seperti yang kita ketahui, komputer merupakan satu kesatuan perangkat yang memiliki beberapa komponen berupa Input device, output device dan processing device.

Komponen-komponen tersebut memiliki tugas yang berbeda-beda dan terdiri dari berbagai macam perangkat. Nah, jika sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang input device, lalu sekarang, apa itu output device?

Apa saja yang termasuk kedalam perangkat output? Dan bagaimana fungsinya? Mari kita bahas satu persatu dibawah ini!

Apa itu Output Device?

Output device merupakan komponen perangkat komputer atau laptop yang fungsinya adalah memperlihatkan hasil. Output device bertugas untuk menampilkan data yang sudah di proses oleh processor, sebelumnya data di ambil oleh input device.

Output device juga masuk dalam perangkat utama pada komputer. Karena tanpa perangkat ini komputer tidak akan bisa digunakan.

Macam-Macam Output Device

Output device memiliki berbagai macam jenis perangkat yang sering kamu gunakan ketika menjalankan atau mengopersikan komputer.

Jadi output device tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan ada banyak jenisnya. Bahkan akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya teknologi. Berikut beberapa macam output device:

1. Monitor

Monitor merupakan bagian dari output device yang berguna untk menampilkan beberapa macam data yang dimasukkan atau diinput oleh para pengguna komputer. Data yang ditampilkan pada monitor merupakan olahan data yang berada di perangkat penyimpanan, kemudian di proses oleh processor.

Di era modern seperti sekarang ini komputer sudah mulai berembang dan berubah-ubah fisik dan teknologi yang digunakan pada monitor tersebut. Pertama kali komputer yang pernah kamu lihatpasti berbentuk tabung, seiring berkembangnya teknologi komputer menjadi LCD (Liquid Crystal Display) yang memiliki bentuk ramping.

Sampai saat ini monitor ada yang berbentuk LED (Light Emmiting Diode) lebih ramping dan lebih jernih lagi hasilnya, serta bisa menghemat daya.

2. Printer

Printer merupakan perangkat keras yang digunakan untuk mencetak gambar atau dokumen. Printer termasuk dalam output device yang berfungsi sebagai menampilkan data hasil cetakan dari softfile. Data yang di cetak printer adalah data yang diambil dari penyimpanan dan diolah processor.

Ada dua macam jenis printer yaitu printer ink jet dan laser jet. Kita sering menggunakan printer ink jet untuk mencetak data atau hasil kerja kita. Ink jet dan laser jet memiliki fungsi yang sama tetapi di era sekarang lebih mengutamakan menggunakan laser jer yang sudah canggih.

3. Speaker

Speaker termasuk output device yang berfungsi mengeluarkan data berupa suara yang telah diolah oleh processor dengan format tertentu.

Biasanya speaker selalu digunakan di warnet, dan tempat tempat yang menyewakan komputer untuk bermin game. Di era modern seperti sekarang ini, speaker sudah mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda dan lebih canggih.

Selain speaker, sebenarnya masih ada jenis perangkat output lainya yang juga memiliki fungsi mengeluarkan audio hadil proses. Misalnya saja ada headphone, earphone, atau headset. Ketiganya memiliki fungsi yang sama meski dengan penggunaan yang berbeda.

4. Projector

Sebagian dari pengguna komputer memang belum pernah mengoperasikan proyektor, karena perangkat ini biasanya digunakan untuk presentasi. Presentasi yang menggunakan proyektor lebih mudah untuk melihat data yang ditampilkan oleh komputer.

Di era modern seperti sekarang projector sudah sangat canggih dibandingakan dengan zaman dulu yang hanya bisa memperlihatkan data di dokumen kertas dengan bantuan sinar cahaya.

Ada juga projector yang memiliki ukuran besar, dengan data di tulis di lembaran seperti plastik lalu dipantulkan dengan cahaya. Projector biasanya dipasang di di kelas, ruang rapat dan ruang meeting sebuah perusahaan dan sekolahan.

5. Ploater

Ploater merupakan output device pada komputer dengan cara kerja yang sama seperti printer. Ploater digunaan untuk mencetak di kertas yang mempunyai ukuran sangat besar seperti kertas A1 atau A3.

Plotter biasanya kita temukan di percetakan maupun foto kopian. Plotter biasanya diunakan untuk mencetak peta atau poster dan banner. Kamu juga bisa membuat MMT dengan ploater ini.

6. Headphone atau Headset (Earphone)

Jenis perangkat ini menerima hasil proses audio. Jadi ketika kamu memutar musik tetapi tidak menggunakan speaker, melainkan menggunakan perangkat ini. suaranya atau audionya masih bisa terdengar.

Ada beragam jenis headphone dari dulu hingga sekarang. Masing-masing dijual dengan harga yang berbeda dan dengan kaulitas yang berbeda pula.

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu output device beserta macam-macamnya dan juga fungsinya. Jika kita lihat perkembangan dunia teknologi yang begitu pesat, suatu saat nanti pasti akan ada perangkat output baru yang muncul dan akan menggantikan output device yang sekarang ini ada. Jika tidak, mungkin akan menambah daftar output device yang baru.

Related Articles

Back to top button