Deretan Kopi Termahal di Dunia, Indonesia Urutan Ketiga

Teknatekno.com – Bagi sebagian orang, kopi adalah minuman sehari-hari yang biasa dinikmati. Dari berbagai varian biji kopi pilihan, sejumlah besar kopi pun dijual dengan harga fantastis sehingga dinobatkan menjadi kopi termahal di dunia.

Tentu ada sejumlah alasan mengapa beberapa varian kopi tersebut masuk daftar kopi termahal di dunia. Salah satu alasannya mungkin karena proses mendapatkan kopi tersebut yang sangat sulit, atau bijinya yang langka, serta hanya bisa tumbuh di daerah tertentu saja.

Dengan demikian, varian biji kopi pilihan yang dianggap sebagai kopi termahal di dunia, memiliki kualitas terbaik dari jenisnya.

Karena itu, tidak heran kalau ada beberapa pecinta kopi yang rela menyisihkan sebagian uangnya untuk mencobanya. Menariknya, salah satu varian kopi yang masuk daftar kopi termahal di dunia tersebut berasal dari Indonesia.

5 Kopi Termahal di Dunia

Berikut ini daftar kopi termahal di dunia yang salah satunya berasal dari Indonesia:

1. Black Ivory Coffee

Di urutan pertama, kopi termahal di dunia adalah Black Ivory Coffee. Kopi asal Thailand ini menggunakan kopi arabika Arabika. Black Ivory Coffee adalah merek kopi yang memproduksi kopi dari kotoran gajah. Kopi ini mirip dengan Kopi Luwak yang juga populer beberapa tahun lalu.

Terinspirasi dari kopi luwak, seorang pengusaha Kanada bernama Blake Dinkin merealisasikan idenya untuk memproduksi kopi dengan memasukan buah kopi ke dalam makanan gajah.

Buah kopi kemudian dicerna gajah dan dikeluarkan melalui kotorannya dan diambil biji-biji kopi hasil cernaan gajah tersebut. Semua proses produksi kopi ini dilakukan secara alami. Dinkin memastikan bahwa tidak ada tindakan sembrono, seperti pelecehan atau kekerasan hewan, semuanya dilakukan secara alami.

Harga Black Ivory Coffee sendiri mencapai 500 dollar AS per pound atau lebih dari Rp 7,3 juta per pound. Perlu diketahui jika satu pound setara dengan 0,453 kilogram.

2. Finca El Injerto Coffee

Di urutan kedua, kopi termahal di dunia adalah Finca El Injerto Coffee. Finca El Injerto Coffee adalah kopi yang terbuat dari kacang kecil, kaya, dan langka.

Harga Finca El Injerto Coffee mencapai 500 dollar AS per pound atau Rp 7,3 juta per pound. Kopi ini sangat mahal karena terbuat dari kacang kecil, kaya, dan langka. Butir dicuci dalam satu saluran dan kemudian rusak dua kali.

Kopi ini ditanam di wilayah Huehuetenango, bagian barat Guatemala yang memiliki ketinggian 1,650 mdpl. Setengah dari wilayah pertanian kopi ini merupakan hutan yang telah berumur ribuan tahun.

3. Hacienda La Esmeralda Coffee

Di posisi ketiga, kopi termahal di dunia adalah Hacienda La Esmeralda Coffee. Hacienda La Esmeralda Coffee adalah kopi yang telah menjadi pemenang banyak penghargaan.

Hacienda La Esmeralda Coffee ditanam di Panama di sisi Mt. Baru di bawah naungan pohon jambu. Harga kopi Hacienda La Esmeralda Coffee mencapai 350 dollar AS per pound atau Rp 5,1 juta per pound.

4. Kopi Luwak Indonesia

Di posisi keempat, kopi termahal di dunia adalah Kopi Luwak Indonesia. Kopi Luwak adalah kopi yang berasal dari Indonesia. Kopi Luwak terbuat dari biji kopi kualitas terbaik yang dimakan luwak. Setelah dimakan, biji kopi merah tersebut mengalami proses fermentasi alami di dalam saluran pencernaan luwak.

Proses tersebut memberikan karakteristik rasa yang unik yang tidak bisa diproduksi dengan cara lain. Setelah luwak mengeluarkan kotoran, biji kopi yang ikut keluar pun dibersihkan. Lalu digoreng dan diseduh.

Kopi Luwak biasanya menggunakan biji kopi Robusta atau Arabika. Namun, yang membedakan biji kopi pada kopi Luwak adalah pemilihan bijinya. Biji kopi jenis lainnya dipilih dan dipilah oleh manusia bahkan mesin. Harga kopi Luwak Indonesia mencapai 160 dollar AS per pound atau Rp 2,34 juta per pound.

5. Saint Helena Coffee

Terakhir, kopi termahal di dunia adalah Saint Helena Coffee. Kopi ini ditanam di Pulau St. Helena. Pulau St. Helena terletak sekitar 1.200 mil dari pantai barat Afrika, di pusat Samudra Atlantik.

Selain panorama alamnya yang eksotis, St. Helena terkenal dengan budidaya biji kopinya yang hanya bisa tumbuh di sana. Biaya transportasi untuk produk kopi ini sangat tinggi sehingga secara alami memengaruhi harganya. Harga Saint Helena Coffee mencapai 79 dollar AS per pound atau Rp 1,15 juta per pound.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan dari Teknatekno mengenai daftar kopi termahal di dunia yang salah satunya berasal dari Indonesia. Semoga kedepannya, semakin banyak produk-produk buatan Indonesia yang mampu bersaing dengan market asing. Semoga artikel ini bisa bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button