Hari Perempuan Sedunia 2022: Makna Google Doodle Hari Ini

Teknatekno.com – Tanggal 8 Maret 2022 merupakan momen untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia. Ada tema yang diusung tahun ini untuk merayakan International Women’s Day (IWD).

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia tanggal 8 Maret 2022, Google membuat Google Doodle dengan menampilkan animasi karakter wanita.

Dalam tampilan awal, terdapat beragam karakter wanita dari seluruh dunia. Pengguna internet bisa menggeser ke kanan untuk melihat lebih banyak animasi bergerak.

Makna Google Doodle Hari Perempuan Sedunia

Ada sosok animasi seorang wanita yang sedang merawat bayinya sambil bekerja di depan laptop dengan latar belakang ruang tamu di rumahnya.

Selanjutnya ada sosok wanita yang bekerja sebagai petugas medis di sebuah ruang operasi. Jika dislide ke kanan, terlihat seorang wanita sedang berkebun sambil mengasuh kedua anaknya yang sedang bermain.

Kemudian bagian itu diganti dengan sosok wanita muda yang sedang mengelas. Biasanya, jenis pekerjaan ini dilakukan oleh pria, tetapi penelitian menunjukkan bahwa wanita juga mampu melakukannya.

Slide selanjutnya menunjukkan seorang wanita yang sedang mendalami dunia fashion untuk wanita. Tak sampai di situ, Google Doodle juga menampilkan seorang wanita yang berprofesi sebagai teknisi sepeda motor.

Terakhir, untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia, ada animasi pendek yang menampilkan seorang wanita sebagai fotografer satwa liar.

Pada Google Doodle Hari Perempuan Sedunia yang unik ini, makna dari animasi gerak tersebut adalah untuk menunjukkan bahwa perempuan mampu melakukan berbagai macam pekerjaan yang sebelumnya hanya dilakukan oleh laki-laki.

Bahkan sosok seorang ibu sekaligus wanita karier pun bisa memainkan peran ganda dalam merawat anak dan bekerja.

Tema 2022 untuk Hari Perempuan Sedunia

Dikutip dari situs International Women’s Day, tema Hari Perempuan Sedunia 2022 adalah “Break The Bias”. Artinya adalah untuk untuk mempromosikan dunia yang bebas dari bias, stereotip, dan diskriminasi yang mengatasnamakan gender.

Dunia harus bervariasi, adil dan inklusif, di mana keragaman dapat diakui, dihargai dan justru dirayakan. Dengan adanya IWD, diharapkan penduduk dunia bersama-sama memrpomosikan kesetaraan perempuan.

Tokoh Wanita Inspiratif Indonesia

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia, Indonesia tentunya memiliki sosok wanita inspiratif yang telah memperjuangkan kesetaraan perempuan. Berikut profil dari masing-masing tokoh:

1. Raden Adjeng Kartini

Raden Adjeng Kartini (RA Kartini) merupakan tokoh Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir tanggal 21 April 1879 dan meninggal dunia pada 17 September 1904.

RA Kartini berjasa dalam pemikiran yang menginginkan wanita memiliki kebebasan menuntut ilmu dan belajar. Presiden Soekarno menetapkan Hari Kartini pada tahun 1964 untuk diperingati setiap tanggal 21 April.

2. Roehanna Koeddoes

Roehanna Koeddoes juga hidup di era Kartini, ia merupakan wartawati pertama di Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat. Sebagai seorang jurnalis, ia aktif menulis tentang kesetaraan perempuan di surat kabar Poetri Hindia. Bahkan, ia mendirikan surat kabar Sunting Melayu, yang tercatat sebagai salah satu surat kabar perempuan pertama di Indonesia.

3. Cut Nyak Dhien

Cuk Nyak Dhien bergelar Pahlawan Nasional Indonesia asal Aceh. Dia lahir tahun 1848 dan meninggal dunia tahun 1908 karena sakit-sakitan setelah diasingkan oleh Belanda. Dia bersama suaminya Teuku Umar sama-sama berjuang melawan penjajahan Belanda. Namun sayang sang suami gugur pada 11 Februari 1899.

4. Dewi Sartika

Dewi Sartika merupakan wanita asal Bandung, Jawa Barat, dan juga berjuang dalam dunia pendidikan sama halnya seperti RA Kartini.

Sosok perempuan yang lahir pada tahun 1884 ini, mengajarkan perempuan berbagai keterampilan, dari merenda, memasak, membaca, dan menulis, Bahkan ia mendiirkan sekolah khusus perempuan bernama Sakola Istri.

5. Martha Christina Tiahahu

Martha Christina Tiahahu berasal dari keluarga terpandang di Kota Ambon, Maluku. Sejak usia 17 tahun,wanita kelahiran tahun 1800 ini ikut melawan Belanda atas izin Thomas Matulessy.

Selain itu, Martha membantu Pahlawan Nasional lainnya yaitu Pattimura. Bahkan ketika Pattimura ditangkap oleh Belanda, ia memimpin pasukan tempur perempuan.

Kesimpulan

Demikian makna Google Doodle hari ini dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia tanggal 8 Maret 2022 beserta profil singkat lima tokoh wanita inspiratif yang berasal dari Indonesia.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button