Apa itu Soundcard: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu tahu apa itu soundcard? Pengertian sound card adalah hardware yang membuat komputer bisa memutar musik. Hardware ini tertanam di dalam motherboard. Kalau diartikan dari susunan katanya, soundcard berasal dari dua kata yaitu “sound” yang berarti suara, dan “card” yang berarti kartu.

Lalu apa itu sound card? Bagaimana fungsi serta cara kerjanya pada komputer? Yuk simak penjelasan dari Teknatekno berikut ini!

Apa itu Soundcard

Soundcard adalah salah satu dari beberapa hardware atau perangkat keras yang ada di dalam komputer. Hardware ini memiliki fungsi utama sebagai pengolah data untuk audio serta bunyi.

Jadi audio yang muncul dari speaker komputer atau laptop adalah hasil dari olahan soundcard. Jadi, jika kamu memutar multimedia di komputer, tapi tidak keluar suaranya bisa dipastikan ada masalah dengan soundcardnya.

Soundcard berada di dalam komputer menempati slot ISA ataupun PCI yang ada di motherboard. Seiring dengan perkembangan teknologi, ada pula soundcard yang terhubung melalui slot USB yang kemudian di kenal sebagai soundcard eksternal.

Apa itu Soundcard

Sebelumnya, komputer tidak menggunakan soundcard seperti sekarang ini. Namun hanya menggunakan perangkat onboard di motherboard yang hanya mampu mengeluarkan bunyi beep saja.

Seiring perkembangan teknologi dan semakin kompleksnya tugas komputer, maka bunyi pada komputer tidak cukup hanya ditandai dengan bunyi beep saja. Oleh karena itu, dikembangkanlah soundcard yang menyatu dengan motherboard.

Apa Fungsi Soundcard

Pada intinya, soundcard adalah hardware yang berfungsi untuk mengelola audio komputer. Untuk lebih detailnya, berikut beberapa fungsi utama soundcard pada komputer:

1. Mengkonversi Sinyal Dalam Bentuk Gelombang Sonic

Baik sinyal analog ataupun sinyal digital akan dikonversi oleh soundcard ke dalam bentuk gelombang sonic. Inilah fungsi utama dan mendasar dari soundcard. Dengan adanya kemampuan ini, kita bisa mendengar suara yang dihasilkan oleh komputer akibat adanya sinyal yang masuk atau sedang dikerjakan oleh prosessor.

2. Media Pemrosesan Audio Komputer

Berikutnya, soundcard juga bisa menjadi media yang memproses audio komputer. Jadi tidak hanya konversi sinyal yang masuk ke prosessor saja, melainkan juga berbagai audio yang ada di komputer pasti melibatkan soundcard.

3. Meningkatkan Kualitas Audio Didalam Komputer

Berikutnya soundcard juga memiliki fungsi dalam hal peningkatan kualitas audio komputer, jadi semakin tinggi spesifikasi soundcard komputer kamu, maka akan semakin bagus kualitas audio yang dihasilkan.

Misalnya, jika standar umum soundcard saat ini bisa menghasilkan output 2.0 atau 2.1 channel. Maka, jika kamu ingin kualitas audio yang lebih baik, silakan tingkatkan outputnya menjadi lebih dari 2.1 channel, misalnya 4.1, 5.1, atau bahkan 7.1

4. Menambahkan Fitur Audio Paling Muthakhir

Tidak hanya mengelolaaudio dan output audio, fungsi sound card pada komputer juga bisa digunakan untuk menambahkan fitur audio paling mutakhir di komputer. Fitur ini biasanya akan menambah kualitas output audio jadi lebih baik. Beberapa fitur yang bisa ditambahkan misalnya tru sound HD, 3D sound, bass booster, Soround sound, dan lainnya.

Fungsi Sound Card

5. Mengatur Volume dan Equalizer pada Komputer

Berikutnya, soundcard juga bisa digunakan untuk mengatur kualitas volume dan equalizer audio komputer. Pada umumnya pengaturan semacam ini pasti ada pada setiap komputer yang menggunakan soundcard konvensional. Selain volume dan equalizer, bisa juga diatur beberapa hal lainya.

6. Lebih Memberikan Variasi Suara pada Komputer

Jika dibandingkan dengan komputer tanpa soundcard, jelas keberadaan soundcard begitu terasa pada bagian variasi suara yang dihasilkan.

Komputer tanpa soundcard hanya bisa menghasilkan suara beep, sedang komputer dengan soundcard bisa mengeluarkan beragam bunyi. Termasuk Sound HD, bass Boost, dan lainya. bahkan dengan soundcard yang lebih baik, kamu bisa membuat audio yang lebih menarik.

7. Mengolah dan Mengedit Suara, Video dan Music

Keberadaan sound card berkaitan dengan proses mengolah berbagai jenis audio di komputer, termasuk pada suara, musik dan juga video.

Oleh karena itu, ketika membuat film atau rekaman musik, kualitas Soundcard haruslah sangat baik. Proses pemotongan musik, editing volume suara, hingga penambahan efek suara, semuanya memanfaatkan fungsi sound card.

8. Merekam Suara

Selain mengelola audio pada komputer sehingga komputer bisa mengeluarkan suara, soundcard ternyata juga memiliki peran penting dalam proses perekaman suara. Tanpa ada soundcard, komputer tidak akan bisa melakukan perekaman.

Cara Kerja Soundcard

Fungsi dan kegunaan sound card yang begitu banyak, khususnya pada hal-hal yang berkaitan dengan audio di komputer, baik itu output, tampilan maupun perekaman, pastinya mengundang beberapa pertanyaan seperti bagaimana cara kerja sound card itu? Apakah soundcard sama seperti media player? Untuk lebih jelasnya perhatikan berikut ini:

    • Ketika user melakukan aksi dengan cara membuat data digital berupa berkas audio atau berkas lainya yang mengandung konten audio dari harddisk.
    • Data audio dari harddisk tersebut akan diteruskan oleh CPU menuju ke unit DSP yang terletak di dalam soundcard.
    • DSP yang ada di soundcard lah yang kemudian mengekstrak data digital tersebut.
    • Data digital yang diekstrak oleh DSP inilah yang kemudian mengalami proses real-time oleh sirkuit chip DAC yang kemudian menciptakan sinyal analog. Signal analog inilah yang bisa user nikmati via headphone atau speaker komputer.

Komponen Utama Soundcard

Komponen Utama Soundcard

Soundcard adalah perangkat keras yang terdiri dari beberapa komponen utama yang bekerja bersama untuk menghasilkan suara berkualitas tinggi. Di antara komponen-komponen tersebut adalah:

1. Digital-to-Analog Converter (DAC)

DAC atau konverter digital-ke-analog adalah bagian kunci dari soundcard. Komponen ini bertanggung jawab mengubah data digital menjadi sinyal audio analog yang dapat didengar oleh telinga manusia. Proses ini penting karena mayoritas suara yang kita dengar adalah dalam bentuk gelombang analog, sedangkan data di dalam komputer adalah digital.

2. Analog-to-Digital Converter (ADC)

ADC atau konverter analog-ke-digital bekerja sebaliknya. Komponen ini merubah sinyal audio analog dari mikrofon atau instrumen musik menjadi format digital yang dapat diproses oleh komputer. ADC memainkan peran penting dalam merekam suara dan memungkinkan kita untuk melakukan perekaman audio digital.

3. Amplifier

Amplifier adalah komponen yang menguatkan sinyal audio. Setelah melalui konversi, sinyal audio perlu diperkuat agar dapat menggerakkan speaker atau headphone dengan baik. Amplifier memastikan suara yang dihasilkan mencapai tingkat volume yang diinginkan tanpa merusak kualitas audio.

4. Mixer

Mixer dalam soundcard adalah bagian yang memungkinkan pengaturan dan perpaduan berbagai sumber suara. Ini memungkinkan pengguna untuk mengatur volume suara dari berbagai sumber seperti mikrofon, instrumen musik, atau audio dari komputer. Mixer juga dapat memberikan efek khusus seperti reverb atau equalizer.

5. Port Audio

Port audio adalah antarmuka fisik yang memungkinkan kita untuk menghubungkan perangkat eksternal seperti headphone, speaker, mikrofon, atau perangkat MIDI. Beberapa soundcard juga memiliki port tambahan seperti S/PDIF untuk menghubungkan ke perangkat audio lain dengan kualitas yang lebih baik.

6. Buffer

Buffer adalah komponen yang membantu menghindari latensi dalam pengolahan audio. Ketika suara diolah oleh soundcard, ada sedikit penundaan yang mungkin terjadi. Buffer membantu mengurangi efek latensi ini, memastikan suara yang dihasilkan sesuai dengan tindakan yang diambil oleh pengguna.

Tips Memilih Soundcard yang Tepat

Tips Memilih Soundcard yang Tepat

Memilih soundcard yang tepat bisa menjadi langkah penting untuk memastikan pengalaman audio yang optimal. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam memilih soundcard yang sesuai dengan kebutuhan kamu:

    • Tentukan Tujuan Penggunaan: Pertama-tama, tentukan tujuan utama kamu menggunakan soundcard. Apakah kamu lebih fokus pada mendengarkan musik, bermain game, atau bahkan produksi audio? Setiap tujuan memiliki kebutuhan audio yang berbeda, dan soundcard yang tepat akan membantu kamu mencapai tujuan tersebut.
    • Perhatikan Kualitas DAC: DAC (Digital-to-Analog Converter) adalah komponen penting dalam soundcard yang mengubah sinyal digital menjadi suara analog. Pilihlah soundcard dengan DAC berkualitas tinggi untuk menghasilkan suara yang lebih jernih dan alami.
    • Resolusi Audio: Perhatikan resolusi audio yang didukung oleh soundcard. Semakin tinggi resolusi, semakin baik detail suara yang bisa direproduksi. Soundcard dengan resolusi 24-bit/192kHz atau lebih tinggi umumnya menghasilkan suara yang lebih baik.
    • Dukungan Audio 3D dan Surround: Jika kamu seorang gamer, pertimbangkan soundcard yang mendukung audio 3D dan surround. Ini akan memberikan efek suara yang lebih mendalam dan memikat dalam permainan.
    • Jumlah Input dan Output: Jika kamu berencana untuk melakukan produksi audio atau merekam suara, pastikan soundcard memiliki jumlah input dan output yang mencukupi untuk kebutuhan kamu.
    • Kompatibilitas: Pastikan soundcard yang kamu pilih kompatibel dengan sistem operasi komputer kamu. Periksa apakah driver yang dibutuhkan tersedia dan terus diperbarui.
    • Bandingkan Spesifikasi: Lakukan perbandingan antara berbagai soundcard yang tersedia di pasaran. Bandingkan spesifikasi, fitur, dan harga untuk menemukan yang paling sesuai dengan anggaran dan kebutuhan kamu.
    • Baca Ulasan Pengguna: Membaca ulasan dari pengguna lain bisa memberikan wawasan tentang kinerja sebenarnya dari soundcard tersebut. Ulasan pengguna bisa membantu kamu memahami kelebihan dan kekurangan dari sudut pandang yang lebih praktis.
    • Budget yang Tepat: Tetapkan anggaran yang sesuai dengan kemampuan keuangan kamu. Soundcard berkualitas tinggi biasanya lebih mahal, tetapi jangan lupakan bahwa harga yang lebih tinggi tidak selalu menjamin kualitas yang lebih baik.
    • Pertimbangkan Merek Terpercaya: Merek-merek terkenal dalam industri audio umumnya menawarkan produk berkualitas. Pertimbangkan soundcard dari merek-merek terpercaya yang memiliki reputasi baik.
    • Coba Terlebih Dahulu: Jika memungkinkan, cobalah soundcard sebelum membelinya. Dengan mendengarkan langsung kualitas suaranya, kamu bisa membuat keputusan yang lebih tepat.
    • Garansi dan Dukungan: Periksa apakah soundcard dilengkapi dengan garansi yang memadai dan apakah produsen menyediakan dukungan teknis yang baik.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu soundcard beserta fungsi dan cara kerjanya. Soundcard adalah komponen penting dalam dunia komputasi yang sering kali diabaikan. Meskipun demikian, peran soundcard dalam menghasilkan kualitas audio yang superior tidak boleh dianggap enteng.

Dengan memilih soundcard yang tepat dan merawatnya dengan baik, kamu bisa meningkatkan pengalaman mendengarkan musik, bermain game, atau bahkan melakukan produksi audio secara profesional. Jika Teknozen menginginkan kualitas audio komputer yang lebih baik, maka coba tingkatkanlah soundcardnya. Semoga bermanfaat!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like