Rekomendasi Merek Scanner Terpopuler dan Terbaik

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memberikan beberapa rekomendasi merek scanner terpopuler dan pastinya terbaik untuk memindai dokumen. Dalam memilih scanner yang baik, kita memerlukan kejelian khusus agar hasil pindaian kita bagus dan sesuai dengan keinginan kita.

10 Rekomendasi Merek Scanner Terbaik

Berikut ini rekomendasi merek scanner yang bisa kamu beli di Indonesia. Kamu bisa membelinya di toko komputer maupun secara online di marketplace atau online shop kesayangan kamu. Pilih sesuai kebutuhan dan budget kamu ya!

1. Brother DS – 620 Portable Scanner

Jika pekerjaan kamu menuntut kebutuhan pindai dokumen dengan frekuensi tinggi, kamu wajib memiliki scanner satu ini. Brother DS 620 adalah scanner portabel terbaik yang berukuran kompak sehingga memudahkan kamu dalam menyimpannya ke dalam tas.

Scanner ini juga bisa kamu bawa bepergian untuk kebutuhan travel-working. Pekerjaan remote kamu akan sangat terdukung oleh perangkat ini. Brother DS 620 bisa memindah berbagai macam dokumen dengan ukuran yang beragam. Produk berdimensi 11,4 x 2,1 x 1,4 inci ini punya kemampuan memindai 8 halaman per menit.

Kepadatan piksel untuk dokumen teks mencapai 600 x 600 dpi dan 1200 x 1200 untuk dokumen berbentuk gambar. Scanner satu ini bisa digunakan untuk mendigitalkan lembaran seperti kwitansi, kartu nama, atau tanad pengenal lain.

2. Plustek SmartOffice PS3060U

Plustek dikenal akan produk scanner terbaik keluarannya. Pada SmartOffice PS3060U, Plustek menyediakan fitur duplexing untuk menggandakan langsung pada dua sisi halaman. Kertas yang bisa di-scan oleh alat ini hingga ukuran folio dan legal.

Scanner ini memiliki kecepatan scan 30 lembar per menit. Dengan fitur ADF-nya, pekerjaan kantoran yang memerlukan scan dokumen berjumlah banyak akan sangat terbantu dengan alat ini.

Scanner untuk kantor ini disematkan fitur “Contonunous scanning” yang membuatnya mampu memindai berulang kali dengan hasil yang bisa kamu simpan langsung dalam 1 file PDF. Selain format PDF, perangkat ini juga menyediakan format penyimpanan lain seperti JPEG, TIFF, PNG, BMP, TXT, DOC, dan XLS.

3. Epson Workspace DS-30 Portable Scanner

Desain yang kompak dan ringan menjadikan scanner portable ini banyak diburu pekerja remote atau freelancer. Dengan bobot hanya 325 gram, kamu bisa membawa scanner ini ke dalam tas tanpa harus memakan banyak tempat.

Scanner ini bisa digunakan tanpa memerlukan akses ke tenaga listrik. Cukup dengan menyambungkannya ke USB port pada laptop atau komputer, kamu sudah bisa menggunakan scanner ini.

Meski berdesain ringkas, alat pemindai dari Epson ini memiliki perforam yang mumpuni. Epson DS-30 bisa memindai hingga resolusi 600 dpi. Kecepatan pindai dari alat ini mencapai 13 detik per lembar.

Epson menerapkan sensor CIS dan sumber daya RGB LED untuk membantu hasil scan dokumen hitam putih atau berwarna hingga ukuran maksimal A4.

4. Epson Perfection V39 Flatbed Color Image Scanner

Kebutuhan kamu terhadap scanner cepat lebih banyak untuk dokumen berupa gambar penuh warna? Epson turut menghadirkan scanner foto bertipe flatbed yang dikatakan mempunyai resolusi pindai hingga 4.800 dpi dengan kedalaman 48-bit.

Setiap foto atau gambar yang kamu scan dengan alat ini akan memperlihatkan hasil yang tajam dan detail sehingga meningkatkan nilai trust dari klien atau rekan bisnis kamu.

Selain mendukung hasil berkualitas tinggi untuk gambar, Epson Perfection V39 juga akan memberikan hasil konsistem pada dokumen teks hitam putih ataupun berwarna.

Dengan alat ini, kamu diberikan keleluasaan untuk memindai hingga 500 halaman per hari. Tak hanya itu, Epson Perfection V39 juga menyediakan opsi penyimpanan dalam banyak format, seperti JPEG, PDF, TIFF, dan searchable PDF.

5. Epson DS-410 Scanner Classic White

Apabila kamu memerlukan scanner yang bagus untuk mendukung kinerja di kantor, Epson DS-410 perlu dipertimbangkan.

Scanner terbaik dari Epson satu ini dirancang untuk menunjang siklus harian yang tinggi, yaitu mencapai 3.000 halaman. Adanya roller pemisah, pemindai ini akan menjamin kelancaran proses dengan kualitas berkas visual yang tampak stabil.

Alat ini memungkinkan kamu melakukan scanning dokumen ukuran A3 tanpa memerlukan lembar operator hanya dengan mengganti ke mode non-pemisahan.

Epson menyediakan built-in software yang bisa mengenali barcode, karakter, dan halaman kosong untuk dipisahkan ke dalam folder berbeda. Baki untuk meletakkan kertas pada alat ini juga bisa membaca ukuran kertas yang berbeda sekali pun.

6. iScan 01 Full Color High Speed LCD Screen Portable Scanner

iScan dirancang sebagai scanner portable terbaik dengan harga di bawah 1 jutaan. Scanner ini bisa memindai gambar penuh warna dengan resolusi tinggi mencapai 900 dpi.

Pada bagian atas scanner terdapat layar LCD yang akan memudahkan kamu dalam mengontrol operasi kerja. Scanner ini bisa digunakan untuk menangkap bagian kasat mata dari dokumen berukuran A4.

iScan 01 Portable Scanner memiliki kecepatan pindai 12 detik per halaman. Pada badan perangkat dilengkapi slot untuk kartu memori yang up to 32 GB.

Jika kamu menggunakan microSD berkapasitas 1G, kartu tersebut bisa menampung sekitar 170 gambar full color beresolusi 900 dpi. Hasil scan dari alat ini bisa disimpan dalam format JPEG dan PDF.

7. Canon Lide 120 Flatbed Scanner

Tak perlu mengeluarkan bujet besar untuk mendapatkan flatbed scanner terbaik. Canon Lide 120 sudah bisa kamu bawa pulang hanya dengan harga jual 800 ribuan. Teknologi pemindai persembahan Canon ini menyediakan fitur utama berupa penyimpanan hasil scan langsung ke cloud storage.

Scanner yang beredar di pasaran ini juga dibekali kemampuan proses pindai berbagai macam dokumen yang sangat cepat dan memberikan hasil tajam.

Scanner ini dirancang dengan bentuk yang tipis dan berukuran kompak sehingga tak memakan banyak ruang di workstation kamu. Dalam memindai dokumen, Canon Lide 120 akan memberikan hasil tangkapan beresolusi maksimal 2.400 x 4.800 dpi.

Dengan kepadatan piksel yang sedemikian besar, kamu tak perlu khawatir hasil pemindaian menjadi pecah atau blur. Bahkan, Canon tingkat kedalaman warna hingga 48 bit akan membuat detail dokumen menjadi lebih sempurna.

8. Canon Scan Lide 300 Portable Scanner

Bagi kamu yang mahasiswa, tentu memiliki printer saja di rumah belumlah cukup. Saat mendapatkan tugas kampus yang mengharuskan kamu melakukan scanning, kamu harus ke tempat foto kopi terlebih dahulu yang mana biaya scan yang dipatok tergolong mahal per lembarnya.

Agar kamu tidak dibebani kebutuhan operasional dengan cost tinggi, miliki saja scanner ini. Canon mendatangkan alat scanner portable dengan harga terjangkau bagi kantong mahasiswa. Scanner ini bisa memindai kertas A4 pada resolusi 300 dpi hanya dalam 10 detik.

Selain cepat, scanner terbaik ini juga mendukung proses scan buku atau majalah yang tebal. Untuk mempermudah konektivitas antar perangkat, Canon menyediakan satu port USB yang sekaligus terintegrasi dengan power pada scanner ini.

9. Epson V370 Flatbed Color Scanner

Scanner tipe flatbed persembahan Epson ini mempunyai sumber cahaya LED yang hemat energi namun tetap mengutamakan produktivitas yang tinggi.

Melalui pemindai ini, kamu ditawarkan empat tombol yang memungkinkan kamu melakukan scan, copy, scan to email, dan menyimpan file dalam format PDF tanpa harus mengaturnya secara manual.

Teknologi OCR (Optical Character Recognition) yang dibenamkan ke dalam Epson V370 memungkinkan kamu mengubah dokumen ke dalam bentuk teks yang bisa diedit.

Scanner ini memiliki optic resolution 4.800 x 9.600 dpi. Selain itu, scanner terbaik Epson ini juga memiliki kemampuan dalam mengembalikan warna utuh dan detail pada hasil foto yang blur berkat teknologi Easy Photo Fix-nya.

10. Avision ScanQ Portable Scanner

Seri ScanQ cetusan Avision ini hanya mempunyai dimensi 11,4 x 2 x 1,4 inci. Dengan berat sekitar 400 gram, kamu bisa memasukkan perangkat ini ke dalam tas tanpa harus membebani pundak kamu saat membawanya.

Avision ScanQ ditenagai oleh baterai Li-Ion yang bisa di-recharge melalui kabel USB sebagaimana proses pengisian ulang pada smartphone atau powerbank. Bagian pemindai pada produk ini bisa memuat lembaran hingga ukuran 14 inci panjangnya dan ketebalan mencapai 0,8 mm.

Avision menyertakan microSD slot pada salah satu sisi bodi untuk memudahkan kamu menyimpan file langsung ke dalam kartu memori. Kamu bisa menyajikan hasil scan dalam format JPEG atau PDF dengan alat ini.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa rekomendasi merek scanner terbaik yang bisa Teknatekno berikan untuk Teknozen. Bagaimana? Sudah ada bayangan akan membeli merek scanner yang mana? Semoga kamu bisa menemukan produk pemindai yang paling cocok untuk menunjang kegiatan harian kamu ya, terutama dalam hal pekerjaan.

Related Articles

Back to top button