Apa itu Jaringan Komputer? Fungsi, Macam dan Manfaatnya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu pernah dengar istilah apa itu jaringan komputer? Jaringan komputer merupakan salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan untuk mempersempit jarak pengguna komputer satu dengan pengguna komputer lainnya.

Apa itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer adalah jaringan yang bisa menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain untuk berbagi data, perangkat lunak komputer, hingga aplikasi. Adanya jaringan komputer tersebut menjadikan penggunanya bisa berinteraksi atau berkomunikasi dengan pengguna lain.

Nah untuk memahami lebih dalam tentang apa itu jaringan komputer, yuk simak pengertian jaringan komputer secara umum dan menurut para ahli dibawah ini.

Apa itu Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer Secara Umum

Secara umum, jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi antara komputer satu dengan yang lain yang digunakan untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Pengertian semacam ini tertera dalam wikipedia.

Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jaringan komputer bisa diartikan sebagai sekelompok komputer dan perangkat terkait yang dihubungkan dengan fasilitas komunikasi. Antara satu perangkat dengan perangkat lainya bisa terhubung berkat fasilitas komunikasi.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut para ahli, jaringan komputer adalah:

  • Menurut Dede Sopandi

Beliau mendefinisikan bahwa jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang terpisah, tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya.

  • Menurut Madcoms

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer beserta dengan seluruh peralatan penunjangnya yang bisa saling berhubungan dan saling terkoneksi.

  • Menurut Melwin Syafrizal

Jaringan komputer bisa didefinisikan sebagai hubungan interkoneksi yang menggunakan media kabel atau tanpa kabel antara dua komputer atau lebih yang saling terhubung.

  • Menurut Izaas El Said

Menurut Izaas El said jaringan komputer bisa didefinisikan sebagai beberapa komputer yang memiliki kemampuan untuk saling terhubung dan berbagi informasi serta sumber daya.

  • Menurut Jafar Noor Yudianto

Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komputer yang digunakan untuk berkomunikasi, berbagi sumber daya, dan bisa mengakses informasi.

Sejarah Jaringan Komputer

Sejarah jaringan komputer bisa diawali oleh Departemen Pertahanan Amerika yang membentuk Defense Advance Research Projects Agency (DARPA) pada tahun 1969.

Kemudian, departemen tersebut mengadakan riset mengenai cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset tersebut pun kemudian dikenal dengan nama Advance Research Projects Agency Network (ARPANET). Kegiatan penelitian dan pengembangan pun berlanjut:

  1. Tahun 1970, lebih dari 10 komputer terhubung
  2. Tahun 1973, ARPANET sampai keluar Amerika
  3. Tahun 1976, Ratu Inggris coba gunakan jaringan komputer
  4. Tahun 1976, Newsgroup pertama terbentuk
  5. Tahun 1982, TPC/IP terbentuk
  6. Tahun 1984, DNS diperkenalkan
  7. Tahun 1987 IRC diperkenalkan
  8. Tahun 1990, WWW diperkenalkan
  9. Tahun 1992, lebih dari satu juta komputer terhubung

Fungsi Jaringan Komputer

Setelah mengetahui apa itu jaringan komputer, ada beberapa fungsi dan manfaat yang bisa kita dapatkan saat menggunakan jaringan komputer, yaitu:

  1. Bertukar data
  2. Berbagi media penyimpan
  3. Berbagi printer
  4. Berkomunikasi dengan mudah
  5. Berbagi informasi
  6. Menghemat uang

Macam-Macam Jaringan Komputer

Macam-Macam Jaringan Komputer

Jaringan komputer memiliki beberapa kelompok yang dibagi berdasarkan distribusi sumber infomasi data, jangkauan geografis, berdasarkan topologi, media transmisi data, serta peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data. Berikut penjelasannya:

1. Berdasarkan Jangkauan Geografis

Berdasarkan jangkauan geografisnya, tipe jaringan komputer bisa dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

  1. Local Area Network (LAN)
  2. Metropolitan Area Network (MAN)
  3. Wide Area Network (WAN)

2. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data

Berdasarkan distribusi sumber informasi atau data, jaringan komputer bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Jaringan Terpusat
  2. Jaringan Terdistribusi

3. Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan

Berdasarkan media transmisi data yang digunakan, jaringan komputer bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Jaringan Berkabel (Wired Network)
  2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

4. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer

Berdasarkan peranan dan hubungan antar komputer dalam memproses data, jaringan komputer memiliki dua jenis, yaitu:

  1. Jaringan Client-Server
  2. Jaringan Peer to Peer

5. Berdasarkan Topologi Jaringan yang Digunakan

Sementara jaringan komputer berdasarkan topologi jaringan yang digunakan, bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Topologi Jaringan Komputer Tipe Bus
  2. Topologi Jaringan Komputer Tipe Star
  3. Topologi Jaringan Komputer Tipe Ring
  4. Topologi Jaringan Komputer Tipe Mesh
  5. Topologi Jaringan Komputer Tipe Hybrid
  6. Topologi Jaringan Komputer Tipe Tree
  7. Topologi Jaringan Komputer Tipe Liniar
  8. Topologi Jaringan Komputer Tipe Peer to Peer

Istilah dalam Jaringan Komputer

Istilah dalam Jaringan Komputer

Dalam menggunakan jaringan komputer, tentu ada beberapa istilah yang biasa dan ada pula yang tidak biasa kamu temukan. Untuk memudahkan kamu memahami berbagai istilah dalam jaringan komputer, berikut penjelasan beberapa istilan dalam jaringan komputer:

  • DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Merupakan protokol yang memungkinkan perangkat kamu bisa meminta atau diberikan alamat IP secara otomatis. Ini lebih sederhana daripada menggunakan IP statik.

  • DNS (Domain Name System)

Merupakan sistem yang mana menggunakan sistem ini komputer bisa menerjemahkan nama domain atau host ke alamat IP. Jawaban dari sistem ini berupa numerik, sehingga pengguna hanya mengetahui dari hasilnya bahwa komputer tersebut telah terhubung.

  • Domain

Merupakan bagian dasar dari nama sebuah situs. Misalnya, google.com atau facebook.com

  • Encapsulation

Merupakan proses transmisi lalu lintas jaringan yang menggunakan protokol jaringan yang satu dengan dikemas dalam protokol jaringan yang lain.

  • Firewall

Merupakan sebuah software yang digunakan untuk memblokir jenis lalu lintas tertentu yang tidak diinginkan. Sehingga, jika firewall bisa memblokir lalu lintas dari port tertentu namun tetap bisa membiarkan yang lainnya lewat.

  • Gateway

Merupakan perangkat yang digunakan pada komputer untuk bisa terhubung pada jaringan yang berbeda dengan komputer lain.

  • Hostname

Merupakan sebuah label yang menuju pada sebuah perangkat yang terhubung dengan jaringan.

  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Merupakan protocol standard untuk web browser. Protocol ini terdapat pada Application Layer pada OSI Layer.

  • IP (Internet Protocol) Address

Merupakan alamat numerik yang digunakan dalam suatu jaringan pada komputer. Jika komputer ingin terhubung dengan jaringan maka harus memiliki IP address dan tidak boleh sama dengan yang orang lain.

  • ISP (Internet Service Provider)

Merupakan penyedia layanan internet karena dari provider inilah kita bisa mengakses internet

  • LAN (Local Area Network)

Merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan sangat kecil. Contohnya sekolah, kantor, warung makan, restoran, dan lainnya.

  • Local Host

Merupakan nama host yang biasanya digunakan untuk komputer tersebut, yang digunakan penggunanya dengan menunjuk alamat IP.

  • MAC (Media Access Control) Address

Merupakan sebuah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi masing-masing interface yang terdapat pada jaringan komputer. Biasanya juga disebut dengan Physical Address.

  • Mail Server

Merupakan perangkat lunak yang diprogram untuk mendistribusikan file atau informasi menjadi sebuah respon atas permintaan yang dikirim melalui email. Selain itu, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan berupa FTP.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

Merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan cukup luas. Contohnya area perkotaan seperti taman, menghubungkan antara perusahaan-perusahaan dengan kecepetan jaringan yang cukup tinggi.

  • NAT (Network Address Translation)

Merupakan sebuah perangkat yang digunakan router untuk berbagi alamat IP ke perangkat lainnya agar bisa digunakan bersama-sama walaupun dengan satu alamat IP.

  • Network Interface atau Network Adapter

Merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi pada suatu jaringan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Contohnya ethernet card atau wifi.

  • PC Card Slot

Sebuah wadah pembuka file card yang berbentuk kotak yang terdapat pada komputer atau biasanya pada laptop yang dirancang untuk menahan PC card, seperti contohnya network adapter.

Peripheral Components Interconnect (PCI) slot merupakan ruang dai dalam komputer yang digunakanuntuk menginstal perluasan card. Biasanya berwarna putih.

  • PORT

Merupakan penomoran standart yang digunakan ketika sebuah aplikasi ingin mengirim atau menerima lalu lintas jaringan.

  • Protocol

Merupakan suatu standar yang digunakan untuk mengatur hubungan, komunikasi, dan perpindahan data yang terjadi pada dua komputer atau lebih.

  • Router

Merupakan alat yang berfungsi untuk memebantu dua jaringan atau lebih agar saling terhubung dan bisa saling meneruskan pesan dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

  • Trojan Horse

Merupakan suatu program yang menyamar sebagai sebuah file atau program dan berusaha untuk melewati pintu keamanan sistem. Selain itu, juga memperdayai pengguna untuk membuka file tersebut yang merupakan virus atau program jahat yang akhirnya masuk ke komputer mereka.

  • URL (Uniform Resource Locator)

Merupakan alamat web yang biasanya ditampilkan dari suatu website di address bar browser.

  • WAN (Wide Area Network)

Merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan lebih luas lagi. Contohnya jaringan antarkota atau bahkan antarnegara.

Keuntungan Menggunakan Jaringan Internet

Keuntungan Menggunakan Jaringan Internet

Setelah mengetahui apa itu jaringan komputer, berikut beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dalam menggunakan jaringan komputer:

1. Kemudahan dalam Memperoleh Informasi

Dengan adanya jaringan komputer yang kini telah mendunia, memungkinkan setiap orang bisa dengan mudah memperoleh informasi. Bahkan tidak hanya informasi atau berita dalam negeri, tetapi juga berita luar negeri.

2. Mendukung Transaksi dan Operasi Bisnis

Pelaku bisnis, pengusaha, masyarakat umum, bisa memanfaatkan fungsi ini dengan menggunakan jaringan online. Kita bisa melakukan transaksi pembayaran listrik, air, membeli tiket transportasi ataupun melakukan bisnis secara online dengan mudah dan cepat menembus jarak yang bisa berkilo-kilo meter cukup jauh.

3. Belajar secara online

Media internet merupakan media yang cukup meluas sebarannya pada berbagai kalangan dan berbagai usia. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan oleh anak sekolah dengan adanya media internet yaitu mereka bisa belajar dari berbagai situs yang tersedia untuk mereka serta membantu sistem pembelajaran jarak jauh.

4. Mencari beasiswa

Media internet pun membantu mahasiswa-mahasiswa atau anak sekolah yang merasa kurang mampu dalam hal ekonomi untuk menemukan beasiswa. Saat ini sudah banyak sekali website-website yang menyediakan platform khusus untuk beasiswa.

5. Komunikasi

Salah satu manfaat yang paling digunakan dalam jaringan komputer adalah untuk saling berkomunikasi. Dengan perkembangan internet yang begitu pesat, tentu berdampak pula pada masyarakatnya yang juga telah berkembang sehingga mampu membentuk suatu capaian global hingga mendunia.

6. Hiburan

Selain komunikasi, banyak orang yang menjelajahi jaringan komputer untuk hiburan. Hiburan yang dimaksud pun berbeda-beda. Seperti mendownload film, menonton, bermain game online, mendengarkan musik, chattingan via media sosial, dan masih banyak lagi.

7. Layanan

Saat ini, perkembangan teknologi yang cukup canggih juga merambah pada bidang pelayanan. Hal ini tentu dilakukan untuk lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan, seperti pada perbankan online, website mencari pekerjaan, pembelian tiket film di bioskop, layanan bimbingan belajar, dan lain-lain.

8. Menambah Wawasan

Dengan tersedianya banyak sekali informasi dalam jaringan komputer, maka akan membantu kamu untuk mencari tahu apa yang kamu inginkan. Kamu hanya perlu mengetikkannya pada laman browser kemudian informasi terkait hal itu maka akan muncul.

9. Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing

Tanpa kita sadari, banyak sekali sistem di jaringan internet yang menggunakan bahasa asing terutama bahasa inggris. Ketika kita bermain game online, chattingan, atau bermain di media sosial, pasti tidak hanya menyediakan bahasa indonesia saja, tapi ada bahasa asing yang sering kita jumpai.

10. Mendorong Kemandirian

Meskipun internet dalam jaringan komputer tidak selalu menyediakan jawaban yang memuaskan dirinya, tetapi banyak sekali hal-hal yang dibahas di dunia internet. Karena rasa keingintahuan itu, maka akan mendorong orang tersebut menjadi lebih mandiri dalam mencari informasi yang dia butuhkan.

FAQ Seputar Apa itu Jaringan Komputer

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar apa itu jaringan komputer.

Apa Kelebihan dari Jaringan Komputer?

Kecepatan akses lebih cepat karena fasilitas dan administrasi jaringan ditangani oleh satu komputer (server), yang tidak dibebani dengan pekerjaan tambahan seperti workstation.

Bagaimana Cara Kerja Jaringan Komputer?

Singkatnya, jaringan komputer terdiri dari beberapa komputer yang terhubung melalui koneksi yang dikenal sebagai node. Node penghubung dapat berupa modem, hub, switch, peralatan komunikasi data (data communication equipment), atau data terminal equipment (DTE).

Apa Saja Perangkat yang Menunjang Jaringan Komputer?

Kabel jaringan, router, dan repeater merupakan peralatan atau perangkat pendukung jaringan atau yang menunjang jaringan komputer. Selain perangkat keras, jaringan komputer juga didukung oleh perangkat lunak, algoritma, dan protokol tertentu. Inilah yang memungkinkan terjadinya pertukaran data.

BACA JUGA:

Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN
Pengertian Teknologi Jaringan 5G, Cara Kerja Serta Manfaatnya
Apa itu Trojan? Definisi dan Cara Menghindarinya
Pengertian HTTP, Fungsi dan Cara Kerjanya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu jaringan komputer beserta fungsi, macam-macamnya, istilah-istilah dalam jaringan komputer, serta kelebihan yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan jaringan komputer. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button