Apa itu Brainware? Definisi, Fungsi dan Macamnya

Teknatekno.com – Bagi Teknozen yang cukup paham dengan komputer, pastinya sudah pernah mendengar tentang apa itu brainware. Di dunia komputer kita pasti mengenal software dan hardware. Dua perangkat komputer ini sangat menentukan kualitas kinerja komputer.

Namun ada satu komponen komputer lagi yang jauh lebih penting dari pada dua komponen tersebut. Nah, komponen tersebut yaitu brainware atau perangkat otak yang bertugas mengoperasikan komputer alias user.

Tanpa user, komputer secanggih dan secerdas apapun pasti tidak akan berfungsi. Selain itu, komputer juga harus dioperasikan oleh mereka yang memiliki keterampilan. Jika mereka tidak paham mengoperasikanya, barangkali kecanggihan komputer tersebut tidak akan terlihat.

Nah, dikesempatan kali ini, Teknatekno akan membahas tentang apa itu brainware beserta fungsi dan macam-macamnya.

Apa itu Brainware?

Brainware bisa di definisikan manusia yang mengoperasikan komputer. Contoh brainware seperti operator, netter dan pengguna internet lainnya. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pengertian brainware adalah pengguna komputer atau yang sedang menjalankan perangkat komputer yang mempunyai kemampuan atau skill.

Itu artinya jika kamu sedang duduk di depan komputer tetapi tidak bisa mengoperasikan komputer, maka kamu tidak bisa disebut sebagai brainware.

Secara bahasa, brainware bisa diartikan sebagai perangkat intelektual yang memiliki fungsi mengoperasikan ataupun menjalankan komputer dan mengembangkannya. Beberapa orang menyebut brainware sebagai user.

Ternyata brainware itu tidak hanya satu. Melainkan ada berbagai macamnya. Macam ini mengacu pada tingkatan seseorang dalam menjalankan komputer.

Macam-Macam Brainware

Macam-macam brainware dalam artikel ini dibedakan berdasarkan tugasnya. Jika ada artikel lain yang berbeda, mungkin dibedakan berdasarkan jenis yang berbeda. Berikut macam-macam brainware:

1. Admin atau Administrator

Admin atau administrator merupakan seseorang yang memiliki tugas menjaga dan mengamankan sistem komputer.

Jika kamu seorang admin di salah satu server tugas kamu adalah menjaga sistem tersebut full time dalam meningkatkan kinerja komputer sesuai prosedur dari server tersebut. Terkadang menjadi admin atau administrator juga harus tanggung jawab dalam permasalah server.

2. Operator

Berikutnya ada yang namnya operator. Operator merupakan seseorang yang sedang menjalankan sistem informasi atau sistem komputer, yang mempunyai tugas merawat sistem komputer dan menyiapkan beberaa data yang diakses. Operator memiliki tugas yang lebih luas bila dibanding dnegan admin.

3. Programer

Programer merupakan orang yang sedang menegmbangkan perangkat lunak dan mempunyai kemampuan intelektual tentang komputer dan perangkatnya. Ada dua macam programer yaitu backend dan front end. Tapi disini brainware lebih cenderung orang yang berhadapan langsung dengn perangkat lunak komputer

4. System Analys

Secara umum system analys mempunyai tugas merancang dan belajar dalam pembentukan sistem yang ada di komputer dan selalu dituntut mengetahui secara keseluruhan yang terdapat pada sistem komputer. Biasanya tugas system analys melakukan perancangan yang akan di buat oleh beberapa programer.

System analys memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari pada seorang programer, karena jika programer merancang sesuatu harus berdasarkan pengamatan oleh system analys

Fungsi Brainware

Brainware merupakan perangkat yang intelektual dan memiliki fungsi utama dan tugas pokok pada keahlian masing-masing.

Selain itu, brainware juga memiliki tanggung jawab mulai dari membuat perangkat lunak sampai pada pengguna perangkat lunak adalah tugas dari brainware itu sendiri. Berikut fungsi-fungsi brainware:

1. Mencegah Terjadinya Floding

Seorang brainware berfungsi untuk mencegah floding dan melakukan floding dalam pengulangan beberapa kata yang sama di waktu yang bersamaan juga. Karena, hal itu bisa menyebabkan penumpukan data yang akan memberatkan penyimpanan pada disk server kamu.

2. Mencegah Terjadinya Flaming

Flaming disini artinya kericuhan. Tugas seorang brainware mencegah terjadinya kericuhan pada saat diskusi dalam sosial media, misalnya.

Seorang admin juga mempunyai tanggung jawab terhadap semua yang terjadi di sosial media. Selain itu admin juga mempunyai tugas mencegah flaming atau mengulang kata-kata yang bisa menjadi ricuh dan ribut

3. Menerima Laporan Leaver

Sebenarnya tugas utama seorang brainwae yang menjadi admin atau administrator adalah menerima dugaan cheater, laporan leaver dan stayer dari beberapa user dan diproses sesuai banned atau bukti yang ada.

Brainware ini cenderung menangani dan mengawasi pengguna sosial media dan melakukan tindakan jika ada yang melanggar aturan atau ketetuan yang berlaku di media sosial tersebut

4. Menjaga Ketertiban Sistem

Tugas seorang brainware adalah menjaga peraturan dan ketertiban sistem yang ada. Seorang brainware juga memiliki tugas sebagai admin dan memiliki tanggung jawab terhadap semua yang terjadi.

Jika terdapat konflik sewaktu diskusi di sosial media, maka seorang administrator bertanggung jawab penuh dan melakukan banded terhadap kekacauan yang dibuat oleh para pengguna. Karena yang akan disalahkan oleh pihak kepolisian pertama kali adalah seorang administrator.

Contoh Brainware

Sebenarnya kita sendiri bisa disebut sebagai brainware. Ketika kamu menggunakan komputer lalu menyalakan program tertentu untuk mengerjakan ha-hal dengan program tersebut, kamu bisa disebut sebagai brainware.

Bahkan ketika kamu memutar lagu dan mengatur lagu mana saja yang boleh berputar serta bagaimana urutanya, itu artinya kamu sedang menjadi brainware atas komputer kamu.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu brainware, fungsi dari brainware, dan macam-macamnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Pencarian Populer

Pengertian Hardware Software Dan Brainware- Jenis Jenis Brainware - Jelaskan Brainware - Contoh Brainware Komputer - Contoh Brainware - Brainware Komputer - Brainware Disebut - Brainware Contoh - Brainware Adalah - Arti Dari Brainware -

Related Articles

Back to top button