Rekomendasi Software Pengedit Audio untuk Merekam di PC

Teknatekno.com – Software pengedit audio merupakan aplikasi atau program yang biasa digunakan untuk merekam musik, memproses dan mengedit file audio, mencampur trek suara, dan menerapkan efek suara. Software pengedit audio ini, juga bisa digunakan untuk menghapus suara yang tidak diinginkan.

Software pengedit audio ini bahkan menawarkan fitur audio yang canggih dan mendukung banyak operasi tingkat lanjut dengan data audio.

10 Software Pengedit Audio

Berikut beberapa software pengedit audio yang bisa Teknatekno rekomendasikan untuk kamu gunakan di PC atau laptop kamu

1. Audacity

Audacity adalah perangkat lunak open source gratis untuk merekam dan mengedit suara. Ini tersedia untuk Mac OS X, Microsoft Windows, GNU atau Linux, dan sistem operasi lainnya.

Perangkat lunak ini memungkinkan kamu merekam audio langsung, mengonversi kaset dan rekaman menjadi rekaman atau CD digital, dan mengedit file suara Ogg Vorbis, MP3, WAV atau AIFF.

Kamu juga bisa memotong, menyalin, menyambungkan atau mencampur suara bersama-sama dan mengubah kecepatan atau nada rekaman.

2. WavePad Audio Editing Software

Software pengedit audio WavePad adalah editor audio dan musik profesional berfitur lengkap untuk Windows dan Mac. Ini memungkinkan kamu merekam dan mengedit musik, suara, dan rekaman audio lainnya.

Saat mengedit file audio, kamu bisa memotong, menyalin, dan menempel bagian rekaman, dan kemudian menambahkan efek seperti gema, amplifikasi dan pengurangan noise.

WavePad berfungsi sebagai editor wav atau mp3, tetapi juga mendukung sejumlah format file lain termasuk vox, gsm, wma, audio asli, au, aif, flac, ogg, dan banyak lagi.

3. Wavosaur – Software Pengedit Audio

Wavosaur adalah editor suara gratis, editor audio, perangkat lunak editor wav untuk mengedit, memproses dan merekam suara, file wav dan mp3.

Program ini memiliki semua fitur untuk mengedit audio (potong, salin, tempel, dll.), menghasilkan loop musik, menganalisis, merekam, dan mengkonversi batch. Ini mendukung plugin VST, driver ASIO, file wav multichannel, pemrosesan efek waktu nyata.

4. DJ Audio Editor

DJ adalah aplikasi audio yang mudah digunakan dan diatur dengan baik yang memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai operasi dengan data audio.

Kamu bisa membuat dan mengedit file audio secara profesional, dengan menerapkan puluhan efek luar biasa pada file audio seperti Amplify, Add Noise, Delay, Flanger, Chorus, Reverb, Invert, Terbalik, Fade In atau Out, Vibrato, Kompresor, Normalisasi, Expander, Phaser, Time Stretch dan Pitch Shift.

5. Wavesurfer

WaveSurfer adalah alat sumber terbuka untuk visualisasi dan manipulasi suara. Aplikasi yang umum adalah analisis wicara atau suara dan anotasi atau transkripsi suara. WaveSurfer bisa diperpanjang dengan plug-in serta tertanam di aplikasi lain.

6. Power Sound Editor Free

Power Sound Editor Free adalah solusi perangkat lunak pengeditan dan perekaman audio visual, yang mendukung banyak operasi canggih dan kuat dengan data audio.

Kamu bisa menggunakan program perangkat lunak untuk merekam musik, suara, atau file audio kamu sendiri, mengeditnya, mencampurnya dengan bagian audio atau musik lainnya, menambahkan efek seperti Reverb, Chorus, dan Echo, dan membakarnya di CD, mempostingnya di World Wide Web atau kirimkan melalui email.

7. Ardour – Software Pengedit Audio

Ardor adalah multichannel hard disk recorder (HDR) dan digital audio workstation (DAW). Ia mampu merekam 24 saluran simultan atau lebih dari audio 32 bit pada 48kHz. Ardour berfungsi sebagai sistem HDR profesional, menggantikan solusi perangkat keras khusus.

Software ini mendukung Kontrol Mesin MIDI, dan bisa dikontrol dari setiap pengontrol MMC, seperti mixer Mackie Digital 8 Bus dan banyak mixer digital modern lainnya.

8. Rosegarden

Rosegarden adalah sequencer audio dan MIDI yang lengkap, editor skor, dan komposisi musik untuk keperluan umum dan lingkungan pengeditan. Ini adalah aplikasi menarik dan mudah dipelajari yang berjalan di Linux, ideal untuk komposer, musisi, siswa musik, dan studio kecil atau lingkungan rekaman di rumah.

9. LMMS – Software Pengedit Audio

LMMS adalah alternatif lintas platform gratis untuk program komersial seperti FL Studio, yang memungkinkan kamu menghasilkan musik dengan komputer kamu.

Ini termasuk penciptaan melodi dan ketukan, sintesis dan pencampuran suara, dan pengaturan sampel. Kamu bisa bersenang-senang dengan MIDI-keyboard dan banyak lagi; semua dalam antarmuka yang user-friendly dan modern.

10. Qtractor

Qtractor adalah aplikasi sequencer multi-track Audio atau MIDI yang ditulis dalam C ++ dengan kerangka kerja Qt4.

Platform target adalah Linux, di mana Jack Audio Connection Kit (JACK) untuk audio, dan Advanced Linux Sound Architecture (ALSA) untuk MIDI. Yaitu infrastruktur utama untuk berkembang sebagai workstation audio desktop Linux yang cukup banyak fitur GUI, khusus didedikasikan untuk studio rumah pribadi.

Kesimpulan

Demikianlah rekomendasi software pengedit audio dari Teknatekno yang bisa kamu manfaatkan atau kamu gunakan untuk merekam dan mengedit suara di komputer atau laptop kamu. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button