Rekomendasi Software Maintenance untuk Mempercepat Kinerja Laptop dan PC

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memberikan beberapa rekomendasi software maintenance yang berguna untuk mempercepat kinerja laptop maupun komputer kamu.

Penggunaan komputer, terutama pada laptop, bisa semakin berat dari waktu ke waktu. Selain itu, karena usia perangkat keras, terutama hard drive yang melemah dan sistem operasi yang tidak optimal, bisa menjadi alasan mengapa komputer menjadi lebih lambat.

Nah, untuk mengoptimalkan kinerja sistem operasi pada perangkat kamu, kamu bisa menggunakan software maintenance yang bisa memberikan tugas-tugas yang harus dilakukan baik secara manual maupun secara otomatis untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop.

10 Rekomendasi Software Maintenance Terbaik

Berikut ini rekomendasi software maintenance terbaik yang Teknatekno rangkum untuk kamu:

1. CCleaner (Author Choice)

CCleaner merupakan aplikasi yang berfungsi mengoptimalkan kinerja komputer dengan antarmuka yang mudah digunakan. Disamping itu CCleaner merupakan software pilihan penulis sejak 2013. Penulis memilih CCleaner karena kesederhanaan dan fitur yang mudah dimengerti.

Dalam versi gratisnya, kamu sudah bisa melakukan berbagai tugas berikut ini:

  1. Optimalisasi registry.
  2. Membersihkan file sampah untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan.
  3. Tools system service untuk manajemen service sistem operasi.
  4. Optimalisasi browser plugin.
  5. Disk analyzer untuk menganalisis kesalahan cycle HDD atau SSD.
  6. Duplicate finder untuk mendeteksi file duplikasi dan menghapus duplikasi.
  7. System restore serta driver wipe untuk melakukan wipe sehingga segmen hdd atau ssd lebih bersih.

Namun untuk menggunakan CCleaner kamu perlu melakukan pembersihan rutin secara manual minimal 3 bulan sekali. CClener mengutamakan kesederhanaan, secara default tidak memunculkan notifikasi untuk melakukan optimalisasi.

2. IOlo System Mechanic

Software ini dianugrahkan sebagai terbaik 2017 untuk melakukan optimalisasi sistem komputer pada review pcmag. Software ini telah berpengalaman sejak tahun 1998 dalam mengoptimalkan kinerja komputer. Secara umum, fitur utama software maintenance ini yaitu:

Boost Speed

Memberikan optimalisasi real time penggunaan prosesor dan RAM serta memberikan prioritas khusus terhadap aplikasi full screen seperti game dan aplikasi yang menggunakan resource besar seperti aplikasi edit video.

Removes Bloatware

Bloatware merupakan aplikasi yang aktif pada sistem service, dimana aplikasi ini tidak diperlukan untuk mendukung aksesibilitas pengguna. Biasanya aplikasi ini sejenis malware.

Unleashes Internet Speed

Software ini bisa melakukan optimalisasi terhadap konfigurasi internet pada komputer kamu sehingga koneksi internet bisa berada pada titik optimum untuk pengguna.

Repairs Problems

Software ini akan melakukan optimalisasi registry dan system driver untuk memperbaiki bug yang ada di komputer.

Protecs Privacy and Policy

Kamu bisa menjaga privacy dari penyadapan lewat internet menggunakan fitur ini.

Cleans Out Clutter

Software ini bisa menghapus file sampah serta catatan media yang telah hilang, sehingga pengguna hdd atau ssd lebih hemat.

3. IObit Advanced SystemCare

IObit Advanced SystemCare adalah software pemercepat kinerja yang khusus diperuntukan sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Software ini telah dipercaya lebih dari 250 juta pengguna premium. Software ini memiliki tiga teknis perlindungan utama, yaitu:

Cleaner & Smoother PC

Software ini memberikan cara instant dengan sekali klik untuk mempercepat kinerja komputer kamu. Secara otomatis membersihkan registry, shortcut gagal, temporary files (file sementara) hanya dengan sekali klik.

Faster PC & Online Surfing

Software ini bisa memberikan rekomendasi untuk mematikan system service dan plugin browser kamu, sehingga komputer kamu bisa hidup lebih cepat dan browsing lebih cepat, karena proses yang di-handle CPU menjadi lebih sedikit namun tetap stabil.

Real-time Protecting & Monitoring

Real-time protecting berjalan di system kernel dengan resource yang rendah, berfungsi untuk mendeteksi software berbahaya seperti malware dan spyware dengan menganalisis tingkah laku penggunaan resource. Selain itu penggunaan CPU/RAM/GPU juga dianalisis untuk memperingati user jika komputer mengalami overheat.

4. Advanced System Optimizer

Advanced System Optimizer merupakan software pemercepat kinerja komputer yang telah berpengalaman sejak 1999. Software ini juga tersedia dalam versi Mac Os dan smartphone iPhone dan android. Software dari Systweak ini memprioritaskan kinerja sistem dengan lima optimalisasi, diantaranya:

System Cleaner

Software ini akan membersihkan file sampah serta file yang berpotensi merusak komputer kamu. System Cleaner juga memberikan backup data terkompresi sehingga kamu bisa dengan mudah mengembalikan file yang dibersihkan.

Game Optimizer

Berbeda dengan software lainnya, Advanced System Optimizer memberikan fitur dedicated Game, komputer kamu akan dialihkan menjadi game konsol yang khusus untuk bermain game melalui teknologi private virtual desktop.

Driver Update

Advanced System Optimizer menjaga komponen driver kamu tetap update sehingga komunikasi sistem operasi dengan hardware tetap optimal.

System Protector

Fitur ini menjaga komputer kamu aman dari serangan malware dan spyware serta privacy kamu saat online maupun offline.

Disk Optimizer

Penyimpanan komputer merupakan masalah serius terhadap kinerja komputer kamu, fitur ini memberikan optimalisasi media penyimpanan yang mudah digunakan.

5. The PC Decrapifier

Berdiri sejak 2007, The PC Decrapifier hadir untuk memberikan dukungan penuh tanpa biaya dalam hal mempercepat kinerja komputer kamu. Kamu bisa menggunakan rekomendasi software maintenance ini dengan dukungan komunitas PC untuk memecahkan masalah mengenai sistem komputer kamu.

The PC Decrapifier merupakan rekomendasi software maintenance terbaik untuk pengguna komputer yang masih awam mengenai sistem komputer. Antarmuka yang user-friendly dan dukungan komunitas, kamu patut mencoba software ini dan bergabung menjadi komunitas The PC Decrapifier.

6. Razer Cortex: Game Booster

Software ini fokus untuk mempercepat kinerja game yang rata-rata memerlukan resource yang besar. Software ini tersedia untuk mempercepat game pada komputer dengan sistem operasi windows 7, windows 8 dan windows 10.

Software ini terintegrasi dengan game komputer dan bisa memberikan konfigurasi yang sesuai dengan sistem hardware komputer kamu, sehingga game bisa berjalan lebih lancar dengan fps yang lebih tinggi.

Game booster juga memberikan fitur yang bisa mengoptimalkan segmen penyimpanan game pada HDD sehingga respon hardisk lebih cepat saat game di jalankan.

7. Glary Utilities

Glary Utilities adalah rekomendasi software maintenance yang telah dipercaya lebih dari 40 juta pengguna. Software ini mengklaim bisa mempercepat komputer kamu hingga 800%.

Dengan lebih dari 20 tools yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan kinerja komputer Glary Utilities telah mendapat rating bintang 5 sejak tahun 2012 dalam review software Cnet. Sehingga, Glary Utilities sudah terbukti keandalan dari sudut pandang pengguna.

8. Symantec Norton Utilities (Paid)

Sebagai perusahaan besar dengan spesialisasi cyber security, Norton juga menghadirkan produk pemercepat kinerja komputer dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Selain itu Norton meraih peringkat #3 tahun 2017 sebagai software pemercepat komputer terbaik berdasarkan review PCMag. Kamu bisa mencoba software secara gratis selama 30 hari sebelum membeli software ini.

9. System Cleaner (Paid)

System Cleaner merupakan rekomendasi software maintenance untuk pemercepat komputer yang berdiri tahun 1996. Software ini telah dipercaya sejak 1997 oleh industri besar seperti Microsoft dan Intel sebagai pengoptimal komputer workstation perusahaan.

Software ini menyediakan 24 tools yang bisa mengoptimalkan kinerja komputer kamu. Walaupun berbayar, harganya termasuk murah kok! Karena kamu bisa melakukan instalasi dengan lisensi yang sama ke 3 komputer yang berbeda. Kamu bisa mencoba software ini gratis selama 30 hari sebelum kamu membeli software ini.

10. AVG PC TuneUp Utilities (Paid)

Sejak tahun 2014 PC TuneUp Utilities telah bergabung dengan AVG salah satu perusahaan Anti-Virus terbesar di dunia. PC TuneUp Utilities terus dikembangkan menjadi software kaya fitur untuk mempercepat kinerja komputer.

Bagi kamu yang menggunakan AVG Anti-Virus sangat disarankan untuk menggunakan software ini. Meskipun berbayar, kamu masih bisa mencoba software ini selama 30 hari. Selain itu AVG PC TuneUp Utilities adalah satunya-satunya yang mempunyai layanan 24 jam khusus berbahasa Indonesia.

Kesimpulan

Demikian rekomendasi software maintenance dari Teknatekno yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat kinerja PC dan laptop atau untuk memelihara komputer kamu dari kerusakan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button