Apa itu Kabel Data? Definisi, Fungsi dan Jenisnya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknotekno akan membahas tentang apa itu kabel data beserta fungsi kabel data, dan jenis-jenis kabel data yang perlu kamu ketahui.

Mengenal Apa itu Kabel Data

Apa itu kabel data? Kabel data adalah perangkat keras yang merupakan sarana sebagai penghubung antara ponsel dengan computer agar bisa berkomunikasi lewat port COM.

Seperti halnya kabel printer, penghubung printer dengan computer sebagai sarana komunikasi antar dua perangkat keras. Dengan kata lain, apa yang bisa dilakukan oleh kabel data tergantung dari softwarenya.

Fungsi Kabel Data

Berikut ini beberapa fungsi dari kabel data, diantaranya:

  • Melakukan koneksi internet (tergantung operator dan  jenis HP).
  • Melakukan Backup SMS, Phone book, Calendar, Organiser, Radio, Photo, File, dll.
  • Melakukan cetak Foto dari HP untuk dicetak lewat printer.
  • Membuat SMS gateway (program SMS server, biasanya untuk Voucher Elektrik).
  • Mengisi Games, Applikasi, MP3, Movie Clip, dll.

Jenis-Jenis Kabel Data

Kabel data merupakan salah satu alat untuk sinkronisasi handphone ke komputer atau laptop. Kabel data ini sangat berguna untuk transfer file baik gambar, dokumen ataupun video dari handphone ke laptop atau komputer atau sebaliknya.

Mungkin kita semua sudah mengenal berbagai macam kabel data dan berbagai merek kabel data untuk smartphone. Berikut ini adalah jenis-jenis kabel yang berhubungan dengan perangkat komputer, dalam menunjang aktivitas komputer:

Kabel Data HP

Digunakan untuk menghubungkan HP dengan komputer. Kamu bisa mengirim data dari HP hasil foto ke dalam komputer dan bisa di cetak, kabel data ini bermacam-macam ada yang tipe DKU-5, CA-42, tergantung dari merk HPnya, HP yang bagus biasanya menyertakan kabel data.

Kabel Power

Adalah kabel yang digunakan untuk memberi supply tegangan pada power supply, pada Monitor. tanpa kabel ini monitor akan mati, dan power supply tidak bisa beroperasi.

Kabel Data USB

Kabel ini digunakan untuk menghubungkan HP dengan komputer, atau printer dengan komputer, dan kamera digital dengan komputer.

Kabel di Belakang Casing Komputer

Warna biru yaitu kabel data monitor. Warna hijau adalah kabel suara ke speaker. Hitam adalah kabel DB25 kabel printer model lama. Warna putih yaitu kabel perpanjangan USB. Warna biru laut adalah kabel keyboard. Warna ungu adalah kabel mouse. Warna hitam adalah kabel power supply.

Kabel LAN UTP dan STP

Kabel UTP dan STP adalah jenis kabel untuk membangun jaringan komputer, dengan teknologi ethernet. Kabel UTP dan STP hampir sama yang membedakan jika STP terdapat shield atau jaket tambahan.

Kabel Data Hardisk

Kabel data hardisk digunakan untuk menghubungkan hardisk dengan perangkat motherboard. jenisnya pun bermacam-macam ada kabel data IDE, dan ada pula kabel data SATA, SCASI. Kabel tergantung dari jenis hardisk yang digunakan.

Kabel Power Hardisk + Flopy Disk + CD ROM

Kabel ini digunakan untuk memberikan daya arus DC ke hardisk atau floppy disk atau ke CDROM atau ke DVD ROM.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu kabel data beserta fungsi dan juga jenis-jenis kabel data yang beredar di pasaran. Semoga bermanfaat ya!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button