Rekomendasi Aplikasi Ilmu Pengetahuan di Android

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memberikan kamu rekomendasi aplikasi ilmu pengetahuan yang terbaik di Android. Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari.

Selain itu, ilmu pengetahuan juga bisa diterapkan dalam hal apa pun yang berkaitan dengan apapun yang ada di dunia ini. Meski demikian, tidak semua orang mengerti ilmu pengetahuan secara mendalam. Kebanyakan individu hanya mengerti sebagian dari apa yang mereka pelajari semasa sekolah dulu dalam pelajaran IPA.

Namun, tidak ada salahnya bagi siapa saja yang ingin mengetahui banyak hal tentang ilmu pengetahuan, bisa memanfaatkan berbagai aplikasi dari genggaman tangan mereka untuk menambah wawasan. Lalu, apa saja aplikasi ilmu pengetahuan yang bagus untuk di install di smartphone Android? Simak berikut ini!

Daftar Aplikasi Ilmu Pengetahuan

Daftar Aplikasi Ilmu Pengetahuan

Berikut ini beberapa aplikasi ilmu pengetahuan terbaik yang bisa kamu install di smartphone Android:

1. Curiosity Academy

Seperti namanya sendiri, Curiosity (rasa ingin tahu), aplikasi ini memang pantas bagi siapa saja yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai ilmu pengetahuan.

Aplikasi ini memberikan sangat banyak informasi yang mungkin dibutuhkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, atau untuk yang hanya sekedar ingin tahu saja. Pengguna yang memasang aplikasi ini di dalam ponselnya akan mendapatkan sangat banyak video dan artikel tentang berbagai hal.

Banyak topik yang ditawarkan di dalam aplikasi ini, beberapa di antaranya seperti ilmu pengetahuan alam, psikologi, astronomi, dan masih banyak lagi lainnya yang sejenis.

Fitur yang diberikan di dalam aplikasi ini adalah pengguna bisa mengatur apa yang ingin mereka cari sesuai dengan keinginannya sendiri. Jadi, dengan mengatur apa yang ingin dicari di dalam aplikasi ini, maka pengguna nanti akan disuguhkan dengan jutaan video dan ribuan artikel yang sesuai dengan apa yang ingin ia cari tadi.

Menariknya, aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis oleh setiap orang via Play Store. Walau pun ada sedikit iklan yang mengganggu di dalam aplikasi ini, aplikasi ini setidaknya merupakan salah satu aplikasi yang cukup baik untuk sebuah aplikasi gratis.

Download disini.

2. Feedly – Smarter News Reader

Aplikasi ini adalah aplikasi ilmu pengetahuan pembaca RSS yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk mencari informasi-informasi seputar ilmu pengetahuan. Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa terhubung dengan sangat banyak blog, situs, dan sumber-sumber lainnya untuk bisa mendapatkan informasi yang diinginkan.

Yang membuatnya jadi berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi pencarian Google, aplikasi ini bisa membuat semacam kliping bagi penggunanya agar informasi-informasi tersebut bisa dicari kembali dengan mudah.

Ini tentu saja kelebihan yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya. Sebab, jika harus mengumpulkannya secara manual, ini akan membuat pengguna jadi dibingungkan dalam pendataan dan lebih ribet untuk dilakukan. Feedly memberikan kemudahan itu untuk setiap pengguna dengan tampilan yang juga mudah untuk digunakan.

Selain itu aplikasi ini juga telah didukung dengan hubungannya dengan platform lainnya, seperti Facebook, Twitter, IFFT, Pinterest, dan masih banyak lagi lainnya. Ini adalah salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk pengguna semua jika ingin mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi dengan rapi.

Download disini.

3. Isotope

Isotope merupakan salah satu aplikasi ilmu pengetahuan yang paling baru yang hadir di Android sebagai aplikasi ilmu pengetahuan. Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi terkait elemen-elemen yang ada di ilmu pengetahuan dalam bentuk tabel.

Elemen-elemen tersebut akan dijelaskan secara detail di dalam aplikasi ini dengan menggunakan animasi-animasi menarik yang mudah untuk dimengerti. Tak hanya itu saja, selain dari elemen-elemen itu sendiri, juga ada penjelasan mengenai berat massa, konfigurasi, titik panas, angka-angka atom, dan masih banyak lagi lainnya.

Di dalam aplikasi ini, ada 118 elemen yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk dipelajari. Hanya saja, untuk versi gratis dari aplikasi ini, belum menjelaskan semuanya secara detail.

Bagi pengguna yang ingin mendapatkan informasi secara lengkap maka harus meng-upgrade ke versi pro. Di dalam versi pro yang berharga 1.99 dollar ini, pengguna bisa mendapatkan semuanya dengan gamblang.

Download disini.

Rekomendasi Aplikasi Ilmu Pengetahuan

4. Khan Academy

Jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang telah disebutkan di atas tadi, aplikasi ilmu pengetahuan ini sedikit berbeda pada segi penjelasannya. Yang lain akan lebih banyak memberikan informasi yang berfokus pada topik spesifik. Berbeda dengan Khan Academy, yang hadir sebagai aplikasi umum untuk ilmu pengetahuan.

Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi online dengan sangat banyak topik, tapi dijelaskan dengan cara yang berbasis kategori. Beberapa di antaranya, seperti matematika, ekonomi, fiksi ilmiah, dan masih banyak lagi lainnya.

Ada sekitar 10.000 video yang bisa ditonton oleh pengguna di dalam aplikasi ini. Pengguna juga bisa mengambil beberapa latihan di sana untuk meningkatkan pengetahuan.

Khan Academy sendiri juga telah mendukung cross-platform dengan website mereka sendiri. Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah pengguna bisa mendapatkannya secara gratis, tanpa ada iklan sedikit pun yang mengganggu.

Download disini.

5. Pocket Casts

Pocket Cast bisa dibilang sebagai aplikasi ilmu pengetahuan podcast yang terbaik ada dijaman sekarang ini di Play Store. Di dalam aplikasi ini, ada sangat banyak fitur yang ditawarkan, seperti performa yang begitu baik, jutaan podcast, sinkronisasi dengan berbagai macam perangkat, dan bahkan beberapa kustomisasi.

Ada sangat banyak podcast tentang ilmu pengetahuan yang tersedia dalam berbagai macam topik di aplikasi ini. Pengguna bisa mendapatkan berbagai macam informasi terkait ilmu pengetahuan yang ada sekarang ini dan akan terus diperbaharui.

Walau pun demikian, pengguna juga bisa tetap mencari ilmu pengetahuan yang telah lama ada, atau bahkan yang hanya ingin mencari ilmu pengetahuan yang masih dalam skala umum atau dasar.

Kelebihan dari aplikasi ini, dikarenakan ini adalah aplikasi berbayar, maka pengguna tentu saja akan terus mendapatkan update mengenai topik yang sedang mereka ingin dalami.

Download disini.

6. Science News Journal

Science News Journal adalah aplikasi ilmu pengetahuan milik Google yang dikembangkan dengan sangat baik sekali. Bisa dibilang, ini adalah aplikasi terbaik dari yang terbaik untuk ilmu pengetahuan jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Aplikasi ini bisa merekam progress tentang apa saja yang telah pengguna pelajari untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.

Sedikit informasi, aplikasi ini memang tidak begitu mendalam terkait penjelasan untuk para ilmuwan sungguhan untuk digunakan sehari-hari. Namun, bagi orang-orang awam, aplikasi ini secara jelas sudah lebih dari cukup.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa memanfaatkannya untuk melakukan penelitian, bereksperimen, dan mengumpulkan data seperti biasanya. Aplikasi ini juga mengizinkan penggunanya untuk merekam video melalui ponsel Android-nya untuk mengumpulkan data-data.

Aplikasi yang hadir secara gratis ini akan lebih cocok untuk digunakan oleh golongan pelajar, anak-anak, atau mahasiswa. Aplikasi ini memiliki cara yang unik bagi penggunanya agar bisa belajar mengenai banyak hal.

Download disini.

FAQ Seputar Aplikasi Ilmu Pengetahuan

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar aplikasi ilmu pengetahuan.

Apa yang Dimaksud dengan Ilmu Pengetahuan?

Ilmu pengetahuan atau sains adalah pengetahuan yang terakumulasi dalam suatu sistem yang didasarkan pada pengalaman, penyelidikan, dan eksperimen yang digunakan untuk menemukan sifat prinsip-prinsip yang berkaitan dengan hak yang diselidiki. Sains adalah pengetahuan manusia tentang alam, masyarakat, dan akal.

Apa Tujuan dari Ilmu Pengetahuan?

Tujuan dari ilmu pengetahuan adalah untuk menciptakan teori atau paradigma yang melakukan peran berikut dalam kaitannya dengan fenomena, yaitu deskripsi, penjelasan, kontrol, peramalan, dan penyelesaian masalah.

Bagaimana Proses Terbentuknya Ilmu Pengetahuan?

Ilmu pengetahuan tidak berkembang secara mendadak, tetapi datang melalui proses yang dimulai dengan pengetahuan biasa dan berkembang melalui pengujian dan verifikasi yang cermat untuk mendapatkan teori, dan pengujian teori dapat dilakukan, dan putaran terakhir akan memberikan hukum.

Apa Manfaat Ilmu Pengetahuan Bagi Kehidupan Manusia?

Dengan ilmu pengetahuan seseorang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, menjadi sarana atau jalan menuju surga, meninggikan derajat seseorang, dan merupakan hal yang paling berharga selain kekayaan. Pengetahuan akan membuat seseorang lebih arif dan bijaksana dalam menghadapi setiap tantangan yang mungkin terjadi.

BACA JUGA:

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik
Aplikasi Menggambar Anime di Android
Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark di Android

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi ilmu pengetahuan dari Teknatekno yang bisa kamu jadikan referensi. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, kamu bisa menambah wawasan kamu lebih luas lagi dari yang sudah pernah kamu dapatkan di bangku sekolah. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button