10+ Rekomendasi Aplikasi Untuk Pebisnis di Android

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu sedang mencari rekomendasi aplikasi untuk pebisnis yang terbaik dan bisa diinstall di Android? Teknatekno sudah merangkumkan beberapa aplikasi untuk pebisnis yang terbaik untuk kamu. Yuk simak daftarnya dibawah ini!

15 Aplikasi Untuk Pebisnis

Berikut ini beberapa aplikasi untuk pebisnis yang bisa di install di smartphone Android:

1. SHAREit

Bagi para pebisnis, bertukar dokumen itu sudah hal biasa. Nah, agar proses mengirim dan menerima dokumen lebih cepat 200 kali lipat daripada bluetooth yang hanya 20M/s, maka kamu bisa manfaatkan aplikasi SHAREit.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengirim berbagai macam dokumen, mulai dari foto, video, hingga office. Soal format pun sangat lengkap, jadi kamu bisa dengan nyaman mengirim video dan foto dalam format apapun.

Download disini.

2. WhatsApp Business

Di aplikasi WhatsApp Business, kamu bisa membuat profil bisnis supaya kamu bisa melakukan komunikasi yang lancar dengan para konsumen. Siapapun yang terbiasa menggunakan WhatsApp biasa akan mudah mengoperasikan aplikasi ini, karena keduanya masih memiliki antarmuka pengguna yang serupa.

Selain itu, kamu pun bisa memiliki akun bisnis dan personal secara terpisah pada satu HP yang sama, asalkan nomor HP yang didaftarkan berbeda. Jenis HP manapun bisa menggunakan aplikasi ini, namun jika kamu ingin memiliki dua akun pada satu HP sebaiknya gunakan jenis HP yang sudah mendukung Dual SIM.

Fitur lain yang juga dihadirkan adalah WhatsApp Web, kamu bisa berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan browser pada PC tanpa harus menginstal aplikasi apapun.

Download disini.

3. Google Meet

Jika kamu seorang pelaku usaha yang memiliki banyak karyawan, tentu membutuhkan aplikasi video meeting supaya produktivitas tetap berjalan walau terkendala jarak. Nah, inilah yang kemudahan yang ditawarkan oleh Google Meet.Google Meet merupakan sebuah aplikasi video call besutan Google yang mudah dioperasikan oleh siapa saja.

Kamu hanya perlu memiliki akun Google dan aplikasi Google Meet sudah siap digunakan. Mengundang banyak orang juga hanya semudah membagikan link, dan siapapun yang mengklik link tersebut bisa langsung join selama mereka terhubung dengan akun Google atau GMail.

Dibandingkan dengan sejumlah aplikasi video call lainnya, Google Meet termasuk salah satu yang teraman berkat enkripsi koneksi yang dimilikinya. Bagi pengguna PC yang belum menginstal aplikasi juga tetap mampu menjadi host ataupun ikut serta dalam video meeting karena Google Meet juga mendukung akses browser.

Download disini.

4. ZOOM

Zoom juga merupakan salah satu aplikasi yang bisa menguntungkan pelaku usaha. Sebagai aplikasi gratis yang mendukung pertemuan video call, Zoom cukup populer berkat kecepatan koneksinya yang stabil serta mampu menampung banyak partisipan dalam sekali waktu.

Aplikasi Zoom juga memungkinkan kamu untuk melakukan screen sharing pada aplikasi HP serta beragam file yang disimpan di web ataupun Google Drive.

Untuk kamu yang ingin memutar kembali sesi video call, Zoom juga memiliki fitur perekaman supaya kamu bisa menyimpan sesi percakapan menggunakan format MP4 dalam bentuk video ataupun M4A dalam bentuk audio saja.

Download disini.

5. LinkedIn

Yang namanya pebisnis pasti butuh koneksi. Nah, jika kamu membutuhkan koneksi baru, maka kamu wajib mendownload dan menggunakan aplikasi LinkedIn. Sebab, dengan aplikasi LinkedIn, kamu bisa terkoneksi dengan semua client kamu.

Bukan hanya memberikan koneksi saja, di LinkedIn, kamu juga bisa melihat perkembangan dari koneksi kamu mengenai posisi atau jabatannya saat ini, bahkan kamu juga bisa membaca artikel-artikel berkualitas di LinkedIn. Dengan begitu kamu bisa menemukan berbagai inspirasi dari artikel yang ada di LinkedIn.

Download disini.

6. Google My Business

Ingin bisnis atau usaha kamu terlihat di hasil pencarian Google atau Google Maps? Kelola informasi seputar bisnis kamu di Google My Business. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk menampilkan informasi mengenai usaha yang kamu kelola jadi bisa dilihat oleh banyak orang.

Di aplikasi ini, kamu bisa memperbarui informasi mengenai bisnis kamu, mulai dari jam operasi, nama, alamat, dan kategori usaha tersebut.Selain itu, Google My Business juga bisa mengelola dan merespon ulasan dari pelanggan.

Download disini.

7. Asana

Di urutan teratas ada sebuah aplikasi untuk pebisnis yang bisa melakukan tugas layaknya seorang manajer, yaitu Asana. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memberikan tugas atau pekerjaan kepada semua staff yang berada di dalam naungan kamu.

Melalui Asana, kamu bisa membuat subbagian tugas, mengirim tugas langsung ke semua staff, dan menambahkan komentar maupun lampiran.

Kamu bisa mendaftar 15 orang staff secara gratis di dalam Asana atau membayar $8,33 per bulan untuk per orang agar bisa menikmati fitur lengkap dalam aplikasi ini. Bahkan, kamu bisa berkomunikasi dengan staff kamu yang sudah didaftarkan melalui Asana.

Download disini.

8. CamScanner

Percayakah kamu bahwa smartphone atau tablet Android yang kamu gunakan bisa berubah menjadi scanner? Ya, hal tersebut bukan mustahil jika kamu menginstall CamScanner di handset Android kamu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memindai faktur, kartu nama, dokumen, dan sertifikat apapun dengan menggunakan ponsel pintar.

CamScanner akan mengoptimalkan kualitas pindai dengan membuat teks dan grafis terlihat jelas dan tajam. Selain itu, CamScanner bisa memungkinkan kamu untuk mencetak dokumen dari printer yang ada di sekitar kamu. Aplikasi ini benar-benar bermanfaat bagi para pebisnis.

Download disini.

9. Evernote

Jika kamu berpikir bahwa Evernote adalah sebuah aplikasi yang hanya membantu kamu mencatat saja, maka kamu perlu membuktikan sendiri kehebatan aplikasi ini. Aplikasi untuk pebisnis ini memungkinkan kamu untuk menambah gambar, video, audio, dan daftar ke dalam catatan.

Semua catatan yang kamu buat di aplikasi ini akan tersusun rapi sehingga lebih mudah dicari. Selain itu, kamu bisa mendiskusikan pekerjaan langsung dengan orang lain melalui Evernote. Evernote merupakan asisten pribadi kamu yang sangat cerdas. Tak perlu koneksi internet, aplikasi ini bisa diakses secara offline.

Download disini.

10. Google Drive

Aplikasi yang satu ini pasti sudah tersedia ketika kamu membeli ponsel Android baru. Ya, Google Drive memang salah satu aplikasi bawaan di perangkat Android.

Google Drive adalah aplikasi untuk berbagi dokumen, spreadsheet, presentasi, PDF, gambar, video, dan berbagai macam file dengan mudah, aman, dan cepat. Semua file yang disimpan atau dibagikan di Google Drive bisa diakses melalui smartphone atau PC. Lebih lagi, kamu bisa mencari file dengan mengetik nama file tersebut.

Jika kamu membagikan sebuah dokumen pada orang lain melalui Google Drive, kamu juga bisa melihat detail aktivitas dan perubahan yang dibuat oleh orang tersebut. Google Drive memberikan kapasitas hingga 15GB untuk menyimpan file, kamu bisa membayar biaya tambahan untuk mendapatkan kapasitas lebih besar.

Download disini.

11. Microsoft OneDrive

Dengan Microsoft OneDrive kamu bisa melakukan banyak hal untuk menunjang aktivitas bisnis kamu. Kamu bisa mengakses dan membagikan dokumen, foto dan file dari smartphone, tablet, dan PC.

Aplikasi Microsoft OneDrive diciptakan untuk mempermudah kamu membuka file yang tersimpan di PC di mana pun kamu berada melalui smartphone atau tablet.

Buka dan simpan file OneDrive di aplikasi seperti Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Untuk menunjang kegiatan bisnis kamu, maka kamu bisa masuk ke OneDrive for Business dengan berlangganan SharePoint Online atau Office 365.

Download disini.

12. PayPal

Di zaman serba digital ini ada begitu banyak aplikasi mobile dan internet banking yang tersedia di smartphone atau tablet. Namun, untuk memudahkan kamu mengirim dan menerima uang dari seluruh dunia, kamu harus memiliki akun PayPal.

PayPal menghadirkan aplikasi yang memudahkan kamu untuk mengakses akun PayPal kamu dari smartphone. kamu bisa melakukan pembayaran atau menerima pembayaran melalui aplikasi PayPal untuk Android.

Aplikasi ini tentu saja aman, karena aplikasi ini sudah didukung dengan fitur fingerprint dan pemberitahuan instan untuk transaksi keluar masuk di akun PayPal kamu.

Download disini.

13. Slack

Slack adalah aplikasi chatting berorientasi bisnis. Hal yang membuat aplikasi ini lebih istimewa dibanding aplikasi chatting lainnya adalah modularitas yang mengesankan. Kamu bisa membuat chatting dengan anggota yang tak terbatas dan memisahkan setiap anggota di divisi yang berbeda.

Slack juga memberikan dukungan plugin layanan ke Asana, Giphy, dan sebagainya. Kamu juga akan menerima konfigurasi pemberitahuan melalui PC, smartphone, dan juga email yang terhubung dengan Slack.

Download disini.

14. Trello

Aplikasi Trello ini bisa mengatur juga memantau segala perkejaan yang kamu lakukan setiap harinya. Jadi, kamu hanya perlu mengatur to-do-list kemudian tentukan deadline pekerjaan kamu. Jika kamu punya beberapa partner kerja, maka kamu bisa membuat grup dan me-manage pekerjaan masing-masing.

Download disini.

15. Opera News

Para pebisnis tidak boleh melewatkan berita sedikit pun. Biasanya, pebisnis selalu update mengenai perkembangan ekonomi. Kalau dulu, pebisnis selalu membaca koran, tapi sekarang korannya sudah berbentuk digital. Jadi, kamu tidak perlu membawa koran kemana-mana, cukup download Opera News.

Aplikasi tersebut siap memberikan update terbaru seputar ekonomi, olahraga, hingga dunia perbisnisan. Kamu juga bisa mengatur berita-berita yang akan kamu baca.

Kamu juga bisa mencari berita yang kamu butuhkan dengan mudah. Soal sumber dan akurasi berita, tidak perlu khawatir, karena Opera News menjamin berita yang diterbitkan pasti akurat dan bukan hoax.

Download disini.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa aplikasi untuk pebisnis yang bisa Teknatekno rangkum untuk kamu. Yuk, kembangkan bisnis kamu dengan beberapa aplikasi untuk pebisnis di atas.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button