Aplikasi Pembukuan Laporan Keuangan Terbaik untuk Pebisnis

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu kesulitan dalam membuat laporan keuangan? Tenang saja, saat ini sudah tersedia banyak aplikasi pembukuan laporan keuangan yang bisa kamu manfaatkan. Menyusun laporan keuangan merupakan suatu tantang terutama bagi pebisnis.

Yang baru saja membuka usaha. Namun, sekarang sudah terdapat berbagai macam aplikasi pembukuan laporan keuangan. Beberapa aplikasi ada yang berbayar, namun ada juga beberapa yang gratis 100 persen.

Dengan adanya aplikasi pembukuan laporan keuangan, kamu tidak perlu lagi kesusahan dalam membuat ataupun menyusun pembukuan serta menghitung jurnal yang bertumpuk-tumpuk. Seumpama terjadi kesalahan, kamu hanya cukup menghapus error data dengan satu klik tombol saja.

Aplikasi Pembukuan Laporan Keuangan Terbaik untuk Pebisnis

Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Laporan Keuangan

Terdapat berbagai jenis aplikasi pembukuan untuk mengelola keuangan bisnis kamu. Berikut beberapa rekomendasi dari Teknatekno:

1. Catatan Keuangan

Aplikasi pembukuan laporan keuangan pertama adalah catatan keuangan. Catatan keuangan didesain sederhana sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Aplikasi besutan Chad Verbruggen akan mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu sehari-hari.

Tidak hanya menampilkan laporan harian dan bulanan, Catatan Keuangan juga menyajikan grafik per kategori. Sehingga kamu bisa melihat kategori pemasukan dan pengeluaran terbesar.

Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi laporan keuangan excel saat memerlukan data kas secara excel. Sebab aplikasi Catatan Keuangan bisa diekspor dalam bentuk file excel, doc, pdf, hingga csv.

2. Akuntansi UKM (Money Manager)

Kamu memerlukan aplikasi pembukuan laporan keuangan gratis untuk kepentingan pribadi dan bisnis? Akuntansi UKM (Money Manager) solusinya. Aplikasi pembukuan ini didesain sesuai kebutuhan pengguna.

Oleh karena itu, usaha kecil atau besar tetap bisa memanfaatkan fitur aplikasi tersebut. Bahkan tidak jarang digunakan sebagai aplikasi keuangan pribadi.

Kamu bisa melakukan pencatatan keuangan tanpa batasan periode. Selain itu, kamu bisa mengoperasikannya secara offline. Sehingga tidak memakan biaya internet. Ditambah aplikasi akuntansi UKM ini gratis. Segera coba!

3. QuickBooks

QuickBooks adalah aplikasi pembukuan laporan keuangan usaha dengan fitur lengkap untuk menunjang kebutuhan bisnis kamu. Berbagai jenis laporan tersedia, mulai dari laporan laba rugi, penjualan, neraca, dana pembelian, dan sebagainya.

Kamu juga bisa mengelompokkan setiap transaksi berdasarkan kategori. Pastinya hal ini memudahkan kamu untuk melakukan perhitungan keuntungan dana kerugian.

Tidak hanya itu, kamu bisa melampirkan foto dalam setiap pencatatan. Hal ini membantu kamu untuk menyimpan berbagai bukti transaksi. Kamu cukup mendokumentasikan struk belanja, nota, atau kuitansi, kemudian simpan bersamaan dengan catatan pengeluaran.

4. Teman Bisnis

Aplikasi pembukuan laporan keuangan gratis yang cocok bagi pelaku bisnis online shop adalah Teman Bisnis. Teman Bisnis merupakan aplikasi pembukuan yang bisa terintegrasi secara langsung dengan marketplace. Sehingga kamu tidak perlu melakukan pencatatan setiap ada transaksi dari marketplace yang masuk.

5. Sage One

Sage One adalah aplikasi pembukuan laporan keuangan yang gratis dari Newcastle, Inggris. Basis pengelolaannya dengan cloud. Sehingga kamu bisa mengintegrasikan keuangan kamu sesuai kebutuhan. Tidak perlu memiliki pemahaman akuntansi mendetail, Sage One akan membantu kamu dalam mengelola keuangan bisnis.

Terdapat banyak sekali fitur unggulan Sage One, seperti pengelolaan kas keuangan, pembuatan dan pengiriman invoice, penerimaan pembayaran, pengelolaan payroll, kemudahan akses di semua device, terintegrasi dengan aplikasi keuangan lain seperti Zync, tersedia pembayaran pajak, dan bisa dibagikan pada perangkat lainnya.

Aplikasi Pembukuan Laporan Keuangan Terbaik

6. FreshBooks

Aplikasi pembukuan laporan keuangan usaha cocok bagi pengguna cloud adalah Freshbooks. Aplikasi dengan ikon daun ini dirancang khusus agar terintegrasi dengan cloud.

Tidak hanya menawarkan fitur pencatatan pemasukan dan keuangan saja, Freshbooks juga menyediakan layanan pelacak pemasukan otomatis, invoice, time tracking, report, faktur pajak hingga alarm untuk mengingatkan pembayaran.

Freshbook bukan sekedar aplikasi pembukuan biasa, tetapi software buatan Amerika Serikat ini juga bisa membantu kamu mengelola keuangan dari pemasukan lainnya. Misalnya mencatat penghasilan freelancer, wiraswasta, pegawai, dan bisnis sampingan lainnya.

7. Wave

Wave merupakan aplikasi pembukuan gratis dengan tampilan menarik membuat penggunanya nyaman memakainya. Berbagai fitur lengkap ditawarkan oleh Wave.

Mulai dari pencatatan laporan keuangan, pengiriman invoice, mencetak kuitansi digital, hingga layanan lainnya. Sayangnya, aplikasi ini tidak menyediakan layanan pencatatan stok dan inventory.

8. GoDaddy

GoDaddy merupakan aplikasi pembukuan usaha gratis dengan jumlah pengguna lebih dari 13 juta. Aplikasi ini akan mengimpor data keuangan kamu secara otomatis ketika kamu menautkannya dengan aktivitas transaksi.

Aplikasi GoDaddy akan menampilkan overview keuangan kamu tiap kategori, seperti laba rugi, pemasukan, pengeluaran, invoice, hingga estimasi keuntungan. Kamu juga akan mendapatkan informasi grafis terkait laba rugi. Hal ini memudahkan kamu dalam melakukan analisa dan evaluasi bisnis.

9. Money Lover

Aplikasi pembukuan laporan keuangan yang ini gratis yang populer di Indonesia adalah Money Lover, yang juga merupakan aplikasi keuangan pribadi terfavorit di dunia. Aplikasi berlogo celengan gambar babi ini bisa membantu kamu dalam melakukan pengolahan catatan finansial bisnis juga lho!

Money Lover akan menyajikan grafik perhitungan keuangan kamu. Ditambah pilihan kategori sangat beragam, sehingga kamu tidak perlu memasukkan kategori secara manual.

Money Lover akan memantau pengeluaran kamu, memperlihatkan dana simpanan, merekam tagihan bulanan, dan memberi peringatan batas tagihan dibayarkan.

10. Expense Manager

Aplikasi pembukuan laporan keuangan usaha gratis tidak kalah menarik adalah Expense Manager. Interface sederhana, meskipun kaya akan fitur tidak membuat pengguna menjadi bosan.

Berbeda dengan aplikasi keuangan lainnya yang menyediakan layanan uji-coba, Expense Manager bisa kamu gunakan 100 persen gratis tanpa harus berlangganan.

Berbagai fitur ditawarkan, mulai dari pelacakan penghasilan, pengeluaran berdasarkan kategori, pajak tracking, jumlah tagihan dan utang, kartu kredit, simpan foto, hingga terintegrasi dengan SMS Banking.

Selain itu, Expense Manager bisa menjadi aplikasi keuangan excel juga. Karena kamu bisa melakukan ekspor catatan keuangan dalam bentuk HTML, pdf, excel, dan csv.FAQ Seputar aplikasi pembukuan laporan keuangan

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar aplikasi pembukuan laporan keuangan.

Apa yang Dimaksud dengan Pembukuan Keuangan?

Pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara berkala untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi aset, kewajiban, modal, pendapatan dan biaya, serta total biaya perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang dilengkapi dengan penyusunan laporan keuangan berupa neraca serta laporan laba rugi untuk periode tahun pajak tersebut.

Apa Saja Unsur Dalam Pembukuan Keuangan?

Laporan keuangan mencakup unsur-unsur berikut:

  1. Aset
  2. Liabilitas
  3. Ekuitas
  4. Pendapatan
  5. Pengeluaran
  6. Keuntungan
  7. Kerugian

Apa Tujuan Pembukuan Keuangan?

Tujuan utama pembukuan adalah untuk melacak setiap transaksi yang terjadi di dalam perusahaan. Tidak akan ada transaksi yang hilang atau tidak tercatat. Dalam hal ini, ketelitian sangat dibutuhkan untuk melakukan pencatatan.

Laporan Keuangan Itu Ada Berapa?

Setidaknya ada lima jenis laporan keuangan perusahaan, yang paling umum digunakan, yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Yang mana, masing-masing jenis laporan ini memiliki tujuan dan isi tersendiri.

BACA JUGA:

Pengertian Industri Jasa Keuangan, Jenis dan Contohnya
Pengertian Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli Terbaru
Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli Lengkap
Pengertian Lembaga Keuangan, Fungsi, Manfaat dan Jenisnya

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas mengenai aplikasi pembukuan laporan keuangan yakni aplikasi pembukuan laporan keuangan yang bisa Teknatekno rekomendasikan untuk kamu. Setiap aplikasi di atas memiliki kelebihan, kekurangan, skala pemakaian, serta fitur spesifiknya masing-masing.

Jadi, sebelum kamu menggunakannya, tentukan terlebih dahulu mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai aplikasi pembukuan laporan keuangan. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Back to top button