Rekomendasi Aplikasi Multimedia Terbaik untuk PC dan Laptop

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memberikan rekomendasi aplikasi multimedia yang bisa kamu gunakan di PC maupun laptop. Multimedia adalah perpaduan dari beberapa media seperti gambar, video, teks, video, musik, dan bahkan animasi dengan tujuan mentransmisikan informasi.

Dulu, sebelum adanya televisi, multimedia hanya berupa radio, koran, ataupun majalah. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kemampuan multimedia mulai merambah ke televisi, bioskop, dan sebagainya.

10 Rekomendasi Aplikasi Multimedia

Saat ini sudah tersedia berbagai macam aplikasi multimedia, mulai dari aplikasi editing gambar, audio, ataupun animasi. Berikut ini rekomendasi aplikasi multimedia yang bisa kamu gunakan:

1. Windows Movie Maker

Rekomendasi aplikasi multimedia pertama yang bisa kamu gunakan adalah Windows Movie Maker. Jika kamu pengguna sistem operasi Windows pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi Windows Movie Maker bisa kamu gunakna untuk membuat sebuah project video dengan sangat mudah.

Ada berbagai macam efek transisi yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu juga bisa menambahkan gambar, audio, serta mengatur durasi video sesuai dengan keinginan kamu. Tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan uang jika ingin menggunakan aplikasi ini karena Windows Movie Maker bisa kamu unduh secara gratis.

2. Windows Media Player

Aplikasi Windows Media Player merupakan salah satu aplikasi dari platform Windows Media yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk memutar segala macam bentuk multimedia seperti foto, audio, dan juga video.

Windows Media Player mendukung berbagai macam format, mulai dari WMA, MP4, WMV, MP3, dan lain sebagainya. Aplikasi Windows Media Player ini biasanya sudah ada di laptop kamu, jika kamu menggunakan sistem operasi Windows.

Namun, jika kamu belum memilikinya, kamu bisa mengunduhnya secara gratis. Sesuai namanya, aplikasi ini hanya bisa berjalan dan berfungsi di sistem operasi Windows saja ya.

3. Winamp

Winamp merupakan salah satu aplikasi multimedia yang sebagian besar mendukung format audio dan video serta sync ke pemutar media portable. Aplikasi Winamp ini merupakan hasil pekerjaan Nullsoft, yang sekarang adalah suatu cabang Time Warner.

Winamp adalah perangkat lunak freeware atau shareware yang bisa memainkan berbagi codec dan tipe audio bahkan kamu juga bisa melakukan kostumisasi.

Aplikasi ini juga mendukung penggunaan plug-in yang bisa membuat kualitas sound audio atau video kamu menjadi lebih baik. Namun sayangnya aplikasi ini berjalan agak sedikit lambat.

4. VLC Media Player

Aplikasi multimedia pemutar audio dan video lainnya adalah VLC Media Player. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi terbaik di multimedia bebas blok. Aplikasi VLC Media Player ini sangat portable dan mendukung berbagai format audio dan video.

Jika kamu penikmat film, kamu bisa menambahkan subtitle secara terpisah dengan sangat mudah di VLC Media Player ini. Kamu juga bisa melakukan konversi file media serta protokol streaming. Tampilan antarmukanya yang ringan dan fleksibel membuat aplikasi ini disukai oleh para penggunanya.

5. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi multimedia yang bisa kamu gunakan untuk pengolahan gambar atau manipulasi foto. Ada berbagai fitur menarik yang bisa kamu gunakan dengan mudah di aplikasi Adobe Photoshop ini.

Adobe Photoshop menjadi salah satu aplikasi multimedia terbaik di kelasnya. Banyak fotografer atau photo editor yang menggunakan aplikasi ini.

Produk keluaran Adobe ini memiliki berbagai macam versi yang bisa kamu unduh, mulai dari Photoshop CS, Photoshop CS2, Photoshop CS3, hingga Photoshop versi terbaru yaitu Photoshop 2021.

Namun, sebelum kamu mengunduh aplikasi ini pastikan laptop atau komputer kamu memenuhi requirements yang dibutuhkan. Karena jika tidak, laptop atau komputer kamu akan lemot atau aplikasi tidak akan bisa terpasang dengan sempurna.

6. Auto Desk Maya

Jika kamu mencari aplikasi multimedia untuk grafis komputer 3D, aplikasi Auto Desk Maya ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu. Aplikasi ini dikeluarkan oleh Alias System Corporation. Aplikasi ini bisa digunakan untuk industri film, televisi, dan video game.

Salah satu animasi terkenal yang menggunakan aplikasi Auto Desk Maya ini adalah animasi Upin Ipin. Tools yang diberikan oleh aplikasi ini terbilang sangat lengkap, seperti pemodelan, matchmoving, simulasi, dan compositing yang membuat hasil animasi kamu menjadi sempurna dan berkualitas tinggi.

7. Toon Boom Studio

Aplikasi multimedia lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat animasi adalah Toom Boom Studio. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat animasi selayaknya kamu menggambar menggunakan pena di atas kertas.

Aplikasi Toon Boom Studio ini mendukung berbagai media, seperti template, foto, film, file AI, PSD, JPEG, TGA, GIF, WAV, MP3, dan AIFF. Aplikasi ini juga menyediakan fitur lip sync analyzer yang bisa membuat karakter animasi kamu saat lip sync tetap pada waktunya alias tidak berantakan.

Terdapat juga fitur 3D yang bisa memudahkan kamu saat membuat animasi. Tidak perlu khawatir terntang format ekspor, karena aplikasi ini terbilang sangat fleksibel. Kamu bisa mengekspornya dalam berbagai format, seperti Quicktime, AVI, DV Stream, dan Flash (SWF).

8. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan salah satu produk buatan Adobe terlihat jelas dari namanya. Aplikasi ini merupakan aplikasi multimedia yang bisa kamu gunakan untuk menyunting video. Kamu bisa menghasilkan karya yang berkualitas tinggi melalui aplikasi Adobe Premiere ini.

Meskipun kamu masih awam terhadap dunia editing video kamu tidak perlu khawatir, karena penggunaannya terbilang cukup mudah. Namun, biasanya para profesional yang lebih sering menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro ini.

Kamu bisa mengimpor berbagai media, seperti audio, gambar, video, gif, icon, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga memiliki berbagai macam versi yang bisa kamu unduh, namun kamu harus menyesuaikannya dengan kemampuan dari laptop atau komputer kamu.

9. Audacity

Aplikasi multimedia selanjutnya adalah aplikasi untuk editing audio atau musik yaitu Audacity. Audacity merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak yang khusus memberikan kemudahan untuk kamu bisa mengolah file audio atau musik.

Kamu bisa melakukan berbagai editing pada audio kamu, mulai dari memotong audio, menyatukan berbagai audio, memperbanyak audio, merekam audio, bahkan kamu bisa menambahkan efek pada audio yang kamu miliki.

Aplikasi Audacity ini terbilang cukup ringan dan cepat. Tidak ada spesifikasi khusus yang dibutuhkan untuk menginstal aplikasi yang satu ini.

Fitur-fitur yang disediakannya sangat beragam, namun tampilan antarmukanya masih belum terlalu user friendly. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi ini pasti tidak ingin berpindah kelain hati.

10. Adobe Flash

Aplikasi multimedia terakhir yang akan kita bahas adalah Adobe Flash. Dahulu aplikasi ini bernama Macromedia Flash, namun saat ini berganti nama menjadi Adobe Flash. Aplikasi ini sudah sangat terkenal dikalangan para animator.

Aplikasi ini dikhususkan untuk kamu yang ingin membuat atau menyunting sebuah animasi. Selain itu, kamu juga bisa membuat gambar vektor menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga menjadi salah satu aplikasi unggulan dari Adobe. Jika kamu ingin menjadi animator, mungkin kamu bisa mencoba aplikasi Adobe Flash satu ini.

Kesimpulan

Nah itulah penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa rekomendasi aplikasi multimedia yang bisa kamu gunakan di PC ataupun di laptop. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button