Apa itu Adobe Flash? Sejarah, Fungsi dan Kelebihannya

Teknatekno.com – Bagi Teknozen yang suka dengan animasi atau desain gambar bergerak pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar apa itu Adobe Flash.

Adobe Flash ini gunanya untuk membuka atau melihat gambar video atau animasi dan juga game yang terdapat di suatu website plugin yang sekarang ini sedang di buru oleh pecinta animasi di belahan dunia.

Namun bagi kamu yang belum mengetahui apa itu Adobe Flash, yuk simak penjelasan Teknatekno dibawah ini supaya kamu lebih paham lagi tentang apa itu Adobe Flash beserta fungsi, kelebihan dan kekurangannya.

Mengenal Apa itu Adobe Flash

Adobe Flash atau yang dikenal pada awalnya sebagai Macromedia Flash adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan dari Adobe Systems. Adobe Flash ini digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar.

Berkas yang dihasilkan dari Adobe Flash adalah swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash merupakan salah satu program yang digunkan untuk membuat animasi yang sangat handal jika dibandingkan dengan program lain karena dalam hal ukuran file dari hasil animasinya lebih kecil.

Biasanya hasil animasi Flash banyak digunakan untuk membuat sebuah web agar tampilannya menjadi lebih interaktif. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama Action Script, bahasa pemrograman ini muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis sehingga sangat cocok untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik.

Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan, sehingga dengan kemampuan ini Flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya.

Selain digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya.

Flash sekarang ini bukan hanya digunakan sebagai software saja dengan nama Adobe Flash, tetapi juga merupakan suatu teknologi animasi di web.

Jadi untuk membuat animasi web dengan format Flash (SWF) kamu tidak harus menggunakan software Adobe Flash, namun bisa juga menggunakan software lain seperti SwishMax, Swift 3D, Amara, Kool ,Vecta 3D Moves dan lainnya.

Sejarah Adobe Flash

Sejarah Flash dapat ditelusuri kembali sekitar tahun 1980-an, pada waktu itu seorang siswa SMA dengan nama Jonathan Gay menggunakan komputer Apple II yang sudah tua umurnya untuk membuat program gambar komputer.

Kemudian dia mengajukan dan mengikutsertakan program yang dikenal sebagai SuperPaint dalam pameran sains disekolahnya. Setelah dia menang, program buatannya tersebut menarik perhatian bagi seorang pengembang software lokal yaitu Charlie Jackson.

Pada masa itu Jackson sedang dalam proses memulai sebuah perusahaan yang dikenal sebagai Silicon Pantai Software, yang akan menghasilkan program untuk jenis komputer Macintosh.

Dengan sedikit dana yang di milikinya untuk mempekerjakan para pengembang berpengalaman, akhirnya Jackson Gay disewa untuk membantu menciptakan program-programnya.

1. Peluncuran FutureWave

Pada Januari 1993 ia mendirikan FutureWave Software dan dengan segera membuat SmartSketch. Program ini memungkinkan pengguna untuk menggambar secara elektronik pada komputer mereka dan sedikit berhasil karena Gay terlambat masuk ke pasar tersebut sehingga kalah saingan dengan senior-seniornya

2. Membuat Flash

Pada musim panas 1995, SmartSketch mendapat masukan dari penggunanya agar SmartSketch dapat digunakan untuk membuat animasi. Namun FutureWave sedikit kurang percaya diri mengenai pemasarannya, karena pada waktu itu animasi hanya didistribusikan dengan VHS atau CD-ROM.

Namun dia tidak menyerah, kemudian World Wide Web mulai mengembangkan sayapnya, dimana akhirnya grafik dan animasi menjadi vital. FutureWave melihat kesempatan ini sebagai peluang untuk memasarkan aplikasi yang mampu menghasilkan animasi dua dimensi.

Kemudian SmartSketch sedikit dimodifikasi menjadi SmartSketch Animator. Namun, nama SmartSketch Animator dirasakan kurang menjual, sehingga nama tersebut akhirnya diubah menjadi CelAnimator. Tetapi kemudian, karena khawatir dinilai sebagai aplikasi pembuat kartun, CelAnimator diubah menjadi FutureSplash Animator.

3. Macromedia

FutureSplash animator mendekati para pengembang hanya dalam beberapa bulan dari rilis program tersebut yang begitu sukses di pasar komputer dan Microsoft. Microsoft merencanakan versi online dari MSN dan percaya bahwa nantinya FutureSplash akan memberikan kualitas grafis terhalus dan tertinggi.

Selain itu Disney Online juga menggunakan program tersebut untuk mengembangkan situs web mereka. Akhirnya pada bulan November 1996, Macromedia menawarkan untuk membeli program tersebut dan pada bulan Desember Gay menerimanya.

Macromedia Kemudian membeli FutureSplash Animator yang kemudian diubah namanya menjadi Macromedia Flash 1.0 yang pada akhirnya mempekerjakan Jonathan Gay sebagai Technology Vice President.

Fungsi Adobe Flash

Berikut ini beberapa fungsi Adobe Flash, diantaranya:

  • Aplikasi ini mempunyai fungsi untuk membuat logo, banner, movie, game, membuat navigasi pada web, menu interaktif, interaktif form, screen server, e-card.
  • Bisa untuk memutar vidEo yang berformat.
  • Dengan Adobe Flash player kita harus melakukan Yahoo Email, Facebook, dll.
  • Menampilkan video streaming.
  • Mendownload video ke Youtube.
  • Mengunggah foto di Facebook.
  • Pada intinya fungsi Adobe Flash untuk memutar video, gambar, maupun animasi.

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Flash

Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Nah, berikut ini kelebihan dan kekurangan dari Adobe Flash:

Kelebihan Program Aplikasi Adobe Flash

  • Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
  • Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik.
  • Kebutuhan hardware yang tidak tinggi.
  • Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi interaksi, permainan, aplikasi web dan handphone dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat ditampilkan di berbagai media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.
  • Adanya Actionscript. Dengan adanya actionscript kamu dapat membuat animasi dengan menggunakan kode sehingga dapat memperkecil ukuran file. Karena adanya actionscript ini juga Flash dapat untuk membuat game karena script dapat menyimpan variable dan nilai, melakukan perhitungan, dan lainnya. yang berguna dalam game. Selain itu, Flash adalah program berbasis vektor.

Kekurangan Program Aplikasi Adobe Flash

  • Grafisnya kurang lengkap.
  • Lambat login.
  • Kurang Simpel.
  • Menunya tidak user friendly.
  • Perlu banyak referensi tutorial.
  • Kurang dalam 3D. Pembuatan animasi 3D cukup sulit.
  • Bahasanya pemrogramannya agak susah.
  • Belum ada template di dalamnya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu Adobe Flash beserta fungsi, kelebihan dan juga kekurangannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button