Manfaat Software Bagi Perusahaan atau Bisnis

Teknatekno.com – Ada berbagai manfaat software yang bisa kita rasakan. Terutama manfaat di berbagai perusahaan maupun bisnis. Nah, di kesempatan kali ini, Teknatekno akan menjelaskan manfaat software bagi perusahaan ataupun bisnis. Simak berikut ini!

10 Manfaat Software Bagi Perusahaan

Berikut ini beberapa manfaat software yang bisa didapatkan perusahaan dalam menggunakan software:

1. Memiliki Peran sebagai Perangkat Penyimpanan Tanpa Batas

Operasional perusahaan identik dengan data. Makin lama sebuah perusahaan beroperasi, makin banyak tumpukan dokumen yang harus disimpan. Hal ini akan menjadi masalah bila tidak segera ditangani.

Bayangkan kalau perusahaan kamu masih menggunakan cara konvensional, yakni menggunakan kertas ataupun buku. Berapa luas ruangan arsip untuk menyimpannya? Itulah mengapa proses digitalisasi sangat dibutuhkan demi kenyamanan sekaligus kemajuan perusahaan kamu.

Pemakaian software jelas memberikan solusi untuk ruang penyimpanan ini, bahkan tanpa batas. Jadi, perusahaan bisa mengarsipkan ratusan hingga ribuan informasi ke dalamnya.

Tak hanya itu, kamu juga dimudahkan dengan proses pengaksesan data. Pertama, dokumen bisa dibuka kapan pun. Tak perlu berada di kantor untuk membaca data. Kedua, proses pencarian data menjadi lebih ringkas dibandingkan pencarian secara manual.

2. Meminimalisir Terjadinya Kelalaian (Human Error)

Lalai sudah menjadi fitrah manusia sehingga sangat sulit terbebas dari faktor tersebut. Pun dalam bekerja, kelalaian mungkin saja terjadi. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti banyak beban pikiran, kurang fokus, stres, kurang tidur, kesehatan menurun, dan sebab lainnya.

Akan tetapi, sebuah perusahaan profesional tidak akan membiarkan kelalaian menjadi indikator ketidakpuasan pelanggan. Contoh sederhananya adalah kesalahan hitung oleh seorang kasir karena masih menggunakan kalkulator sebagai alat hitung.

Kejadian ini pasti akan sangat membekas dalam ingatan konsumen. Maka dari itu, kamu wajib mempunyai cara buat meminimalisir human error. Alternatifnya, perusahaan atau toko harus menyediakan perangkat lunak akuntansi untuk melakukan penghitungan secara akurat.

Selain itu, software tersebut juga biasanya mampu mencatat data transaksi produk secara detail. Imbasnya, fitur ini memudahkan karyawan ketika membutuhkan data keluar-masuk barang secara cepat dan tepat.

3. Manfaat Software untuk Permudah Proses Analisis Pasar

Analisis pasar berkaitan erat dengan pelanggan atau target pasar dari produk kamu. Namun, maksud dari “pelanggan” di sini bukan hanya menyasar kepada calon konsumen, tetapi juga pengguna loyal. Perusahaan wajib mempertahankan kesetiaan pelanggannya supaya tidak pindah haluan ke produk kompetitor.

Nah, software merupakan tempat penyimpanan informasi terbaik, maka dari itu simpanlah data pelanggan di sana. Pergunakan informasi pribadi pelanggan setia tersebut untuk melakukan pendekatan secara khusus.

Seperti pemberian promo, ucapan selamat ulang tahun, dan lainnya. Dengan begitu, konsumen akan merasa diperlakukan istimewa oleh perusahaan kamu.

Selain itu, informasi konsumen juga bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan buat menetapkan target pasar bisnis kamu, mulai dari umur, level pendidikan, hingga tingkat penghasilan.

4. Meningkatkan Layanan Perusahaan Terhadap Pelanggan

Pelayanan cepat dan tersistem adalah kunci kepuasan pelanggan. Itulah mengapa software bisa menjadi solusi terbaik guna meningkatkan layanan perusahaan terhadap konsumen.

Software juga memberikan kesempatan pada perusahaan untuk membangun image profesional di mata pelanggan. Contohnya, saat pelanggan memerlukan informasi ketersediaan dan deskripsi sebuah produk, kamu tinggal mengeceknya melalui data dalam sistem.

Hebatnya, proses pengecekan dari sistem ini hanya memakan waktu dalam hitungan detik sehingga konsumen tidak bosan menunggu. Jadi, wajar saja kalau pelanggan merasa puas.

Kepuasan ini tentu menjadi senjata pemasaran gratis buat perusahaan karena bisa menarik calon pelanggan lainnya melalui cerita mulut ke mulut. Pada akhirnya, makin meningkat jumlah pelanggan, makin meningkat pula produktivitas bisnis kamu.

5. Manfaat Software untuk Menyederhanakan Pekerjaan Rumit

Manfaat utama sebuah software adalah menyederhanakan sesuatu yang rumit. Sebut saja software akuntansi, perangkat lunak ini mencatat seluruh transaksi secara otomatis. Jadi, kamu tidak akan lagi menemukan ratusan struk penjualan menumpuk di atas meja saat akan membuat laporan.

Dengan memiliki software akuntansi, perusahaan bisa mendapatkan berbagai manfaat, seperti:

  • Transaksi harian sudah terinput dalam bentuk jurnal.
  • Informasi mengenai persediaan, gudang, dan penggunaan barang tercatat rapi.
  • Laporan keuangan disuguhkan secara real time.
  • Kesalahan hitung sangat jarang terjadi.
  • Proses transaksi keuangan tidak membutuhkan waktu lama.

6. Manfaat Software untuk Menumbuhkan Loyalitas Pelanggan

Penyediaan perangkat lunak aplikasi toko membuat konsumen makin loyal tanpa disadari. Hal ini tentu mampu mendongkrak produktivitas perusahaan dalam berbagai lini, khususnya sektor penjualan. Makin banyak pelanggan loyal, makin banyak ide kreatif perusahaan yang harus ditonjolkan.

Contoh nyatanya adalah aplikasi Gojek. Perusahaan start-up unicorn asal Indonesia ini mampu menggiring loyalitas pelanggan melalui software development-nya, baik website maupun mobile app. Ketika seorang konsumen mengunduh aplikasi gojek, hal itu telah menunjukkan sebuah sikap loyal terhadap perusahaan.

Lalu, tugas perusahaan adalah menjamin loyalitas tersebut tetap terjaga dengan memastikan semua kebutuhan pelanggan tersedia dalam software. Caranya? Melakukan pemeliharaan serta pembaruan software. Gojek sendiri terus hadir dengan beragam fitur software terkini dari masa ke masa, contoh GoCar, GoFood, GoRide, dan GoPay.

7. Menyediakan Informasi dan Data secara Cepat Akurat

Informasi dan data merupakan dua hal penting dalam operasional perusahaan. Oleh karenanya, kesalahan dalam pelaporan harus dihindari sebisa mungkin. Tidak hanya itu, keduanya juga harus bisa didapatkan secara cepat.

Nah, pemanfaatan perangkat lunak inilah yang mampu mengakomodir dua kebutuhan (cepat & akurat) tersebut. Meski ada kemungkinan salah penginputan dari karyawan, software memiliki fitur tersendiri untuk melakukan koreksi secara otomatis.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan review mandiri dengan cara mencocokkan laporan data stok barang dan keuangan.

8. Memenuhi Kebutuhan Perusahaan Lewat Fitur Penting Software

Kelebihan software adalah pengguna bisa mengatur semua kebutuhan melalui fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Jadi, bila perusahaan menggunakan software penjualan, kamu bisa mengatur persediaan barang, harga potongan khusus, nomor seri barang, hingga antrian pre-order produk.

Pengaturan tersebut tentu tidak bisa dilaksanakan dengan mudah jika perusahaan masih mengabaikan atau meragukan penggunaan software untuk bisnis.

9. Memangkas Biaya Pemeliharaan atau Operasional Perusahaan

Dengan menggunakan software, itu berarti kamu berangsur-angsur meninggalkan proses manual ke otomatis. Sehingga, pengurangan biaya operasional pasti terjadi. Contohnya adalah kamu dapat menekan pengeluaran dari pos pembelian alat tulis, jasa sewa tenaga outsourcing, dan lainya.

Selain itu, dengan banyaknya software house di Indonesia, kamu juga memiliki opsi untuk memilih vendor dengan biaya paling rendah buat jasa pemeliharaan software kamu. Agar jangan salah pilih vendor, cari tahu mengenai tim pengembang tersebut terlebih dahulu.

10. Membantu Pengambilan Keputusan secara Cepat dan Tepat

Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, software menyederhanakan pekerjaan rumit juga menyediakan data secara akurat. Lalu, kumpulan data tersebut akan sangat membantu pelaku bisnis dalam mengambil keputusan. Ingat! Makin cepat keputusan diambil, makin kompetitif perusahaan kamu.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa manfaat software yang bisa dirasakan oleh perusahaan maupun pelaku bisnis. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button