Peran Penting Cyber Security dari Kejahatan Cyber

Teknatekno.com – Peran penting cyber security saat ini menjadi kunci dalam melindungi pencurian dan kerusakan data terutama untuk perusahaan digital.

Seperti data-data sensitif, informasi pengenal pribadi, informasi kesehatan yang dilindungi, informasi pribadi, kekayaan intelektual, data, dan sistem informasi pemerintah dan industri.

Tanpa cyber security, organisasi maupun perusahaan tidak akan mampu mempertahankan diri dari berbagai penyalahgunaan data, yang menjadikannya target bagi penjahat siber. Terlebih lagi beragam platform seperti cloud dan lain-lain saat ini digunakan untuk menyimpan data-data pribadi.

Para pimpinan (khususnya perusahaan bisnis) tak hanya mengandalkan aplikasi yang siap pakai seperti antivirus atau firewall sebagai cyber security. Mengingat, para penjahat cyber saat inipun sudah semakin tangguh dan canggih dalam melakukan kejahatan dunia maya (cyber attack)

Apa Itu Cyber Security?

Pengertian Cyber security adalah keadaan atau proses melindungi dan memulihkan sistem komputer, jaringan, perangkat, dan program dari segala jenis serangan siber (cyber attack). Serangan dunia maya merupakan bahaya yang semakin canggih dan berkembang.

Penyerangan yang dilakukan biasanya menargetkan data-data sensitif seseorang, perusahaan maupun organisasi. Penyerangan metode baru ini, didukung oleh rekayasa sosial dan kecerdasan buatan untuk menghindari kontrol keamanan data.

Semua perusahaan yang berbasis digital saat ini dianjurkan untuk memahami peranan penting dari cyber security dalam menyimpan, mengambil dan mengakses informasi penting. Data-data sensitif perusahaan merupakan aset berharga dari sebuah perusahaan.

Apabila terjadi kebocoran data dan dipergunakan secara tidak bertanggung jawab, maka bisa terjadi masalah dalam perusahaan tersebut. Untuk itu, penggunaan cyber security sangat dianjurkan demi keberlangsungan perusahaan.

Peran Penting Cyber Security

Kesadaran akan pentingnya cyber security saat ini semakin meningkat. Hal ini karena kehidupan masyarakat sangat bergantung pada teknologi dalam budaya modern. Akan tetapi, cyber attack (kejahatan dunia maya) saat ini sedang meningkat. Seperti pencurian identitas pribadi marak ditemukan pada media sosial.

Dari sini bisa kita tarik kesimpulan bahwa cyber attack bisa saja menimpa pada perusahaan, organisasi hingga pribadi. Maka dari itu, penggunaan cyber security saat ini tidak boleh dipandang sebelah mata saja.

1. Mengurangi Dampak Cyber Attack

Pencurian data informasi merupakan segmen cyber attack yang paling marak, mahal dan paling cepat berkembang. Sebagian besar cyber attack didorong dengan meningkatnya paparan informasi identitas ke web melalui beragam layanan.

Pencurian identitas bukanlah satu-satunya tujuan para pelaku kejahatan. Cyber attack bisa juga bertujuan untuk merusak integritas data (menghancurkan atau mengubah data) untuk menumbuhkan ketidakpercayaan pada suatu organisasi, perusahaan maupun pemerintah.

Cyber attacker kini menjadi lebih pintar, mengubah apa yang mereka targetkan, bagaimana mereka membahayakan perusahaan dan metode serangan mereka untuk berbagai sistem keamanan yang berbeda. Adapun dampak dari cyber attack yaitu:

Ekonomi

Pencurian kekayaan intelektual (paten), informasi perusahaan, gangguan dalam perdagangan dan biaya perbaikan sistem yang rusak

Reputasi

Hilangnya kepercayaan konsumen, hilangnya pelanggan saat ini dan masa depan terhadap pesaing dan liputan media yang buruk

2. Melindungi Organisasi dari Cyber Attack

Untuk melindungi organisasi atau perusahaan dari cyber attack, bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

Mengedukasi Staf atau Karyawan

Menurut data pada tahun 2019, bahwa 90% kesalahan dari manusia itu sendiri (staf/karyawan) adalah penyebab terjadinya cyber attack. Jika staf diajari cara mengidentifikasi dan merespons ancaman dunia maya dengan benar, sebagian besar insiden pelanggaran data dapat dihindari.

Melindungi Data Sensitif

Penting membeli peralatan atau software guna melindungi data sensitif. Berfungsi untuk membatasi kehilangan informasi, memantau risiko kebocoran data dan terus-menerus memindai paparan data dan kredensial yang bocor.

Apabila tidak menerapkan cyber security, maka cyber attack akan mudah terjadi. Kebocoran data bila dibiarkan tanpa pengawasan, dapat mempermudah pelaku cyber attack mendapatkan akses ke jaringan internal dan melanggar sensitif.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai peran penting cyber security dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button