Sederet Mobil BMW M Jadi Safety Car di MotoGP Mandalika 2022

Teknatekno.com – MotoGP Mandalika 2022 telah menampilkan dua mobil BMW M untuk menjadi Safety Car mengawal para pebalap di depan 60.000 orang di sirkuit. Kedua mobil tersebut yaitu BMW M3 Competition dan BMW M2 CS Racing.

Sejak tahun 1999, secara global BMW sudah menjadi Official Partner of MotoGP. Berbagai model BMW M disediakan untuk menjadi Safety Car MotoGP di seluruh dunia.

BMW M2 CS yang hadir di ajang ini merupakan model kendaraan baru yang baru meluncur resmi secara global pada 14 Februari 2022. Mobil ini menggunakan Anniversary Design untuk rayakan ulang tahun BMW M ke-50.

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, mengatakan, M adalah singkatan dari Motorsport, sesuatu yang digaris bawahi dengan BMW M2 CS Racing MotoGP Safety Car terbaru.

BMW M GmbH menggabungkan mobil produksi berperforma tinggi dan motorsport di bawah satu atap. Karena alasan inilah kami memilih mobil balap dari jajaran BMW M Motorsport untuk menjadi MotoGP™ Safety Car baru, pilihan yang tepat untuk menandai ulang tahun BMW M ke-50,” ujar Ramesh, dalam keterangan resminya.

Sederet Mobil BMW M Jadi Safety Car di MotoGP Mandalika 2022

BMW Dukung MGPA dengan Menjadi Safety Car

Selain BMW M2 CS Racing dan juga BMW M3 Competition, BMW Indonesia dukung Mandalika Grand Prix Association (MGPA) untuk sukseskan MotoGP Indonesia dengan menjadi Official Mobility Partner dengan membawa BMW 330e M Sport.

Kendaraan listrik BMW 330e M Sport menjadi Safety Car MGPA khusus untuk Pertamina Mandalika International Street Circuit. Safety Car BMW ini juga telah digunakan pada sesi tes pramusim terakhir jelang MotoGP musim ini dan ajang MotoGP itu sendiri yang digelar pada tanggal 18-20 Maret 2022.

BMW Indonesia bangga dapat menjadi Official Mobility Partner untuk Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika dan terus menjalin hubungan yang sangat baik dengan MGPA. BMW 330e M Sport telah banyak digunakan mulai dari persiapan hingga gelaran MotoGP berakhir,” kata Ramesh.

Melengkapi Safety Car BMW M untuk musim MotoGP™ 2022 adalah BMW M3 Competition, BMW M4 Competition, BMW M5 CS Safety Car, BMW M8 Competition Gran Coupé Safety Car, BMW X5 M Competition Medical Car, dan dua Sepeda Safety BMW M 1000 RR. BMW i4 M50 Safety Car yang merupakan kendaraan full listrik juga akan memimpin ajang MotoE.

FAQ

Berikut pertanyaan seputar safety car.

Safety Car Mandalika Mobil Apa?

Mobil listrik BMW 330e M Sport telah ditetapkan sebagai safety car MGPA di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Safety car BMW ini juga digunakan pada sesi tes pramusim terakhir sebelum musim MotoGP dan ajang balapan MotoGP yang berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

Mobil Safety Car Untuk Apa?

Meski penampilannya hanya formalitas, namun safety car memiliki tanggung jawab yang cukup besar. Hal ini untuk menjaga keselamatan para pembalap. Saat mobil ini melintasi sirkuit, biasanya kamera akan menyorotnya sebagai indikasi bahwa balapan akan segera dimulai. safety car memeriksa kondisi sirkuit saat berkeliling.

Apa Tugas Safety Car?

Sederhananya, safety car berfungsi sebagai penjaga keselamatan bagi para pembalap memastikan bahwa di sirkuit. Kemudian, memastikan bahwa tidak ada oli di lintasan agar pembalap dapat berkendara dengan aman.

Safety car memiliki dua orang di dalamnya, yaitu pengemudi dan navigator, yang keduanya mengkomunikasikan kondisi sirkuit ke Race Direction.

Berapa Kecepatan Safety Car?

Safety car dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km per jam dalam 3,2 detik. Kecepatan tertinggi adalah 325 kilometer per jam. Kombinasi aerodinamika, bobot, dan pusat gravitasi sangat ideal untuk balapan.

Pada 200 km per jam, beban aerodinamika adalah 249 kg, tetapi dapat bertambah 400 kg saat dikendarai pada 250 km per jam.

BACA JUGA:

Situs Jual Beli Mobil Online Terpercaya
Aplikasi Jual Beli Mobil Bekas Terbaik dan Terpercaya
5 Rekomendasi Mobil yang Cocok Jadi Taksi Online

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai sederet mobil BMW M yang menjadi Safety Car di MotoGP Mandalika 2022. Semoga informasi dari Teknatekno ini bisa bermanfaat!

Related Articles

Back to top button