Apa itu Project Manager? Definisi, Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu tau apa itu project manager? Project manager adalah pekerjaan dengan tugas penting dalam suatu proyek. Karena, mereka harus memimpin berjalannya proyek dari awal hingga akhir. Selain itu, mereka juga yang bertanggung jawab pertama kali terhadap proyek tersebut.

Tanpa peran project manager, suatu proyek tidak bisa berjalan lancar. Sama dengan tanpa adanya pemimpin, tentu akan sulit bukan menentukan langkah-langkah yang tepat dalam mengerjakan proyek. Agar kamu lebih memahami apa itu project manager, yuk simak penjelasan dari Teknatekno berikut ini.

Mengenal Apa itu Project Manager

Mengenal Apa itu Project Manager

Project manager adalah pekerjaan yang memegang peran penting dalam suatu proyek, mulai dari perencanaan, eksekusi, pengendalian hingga di akhir proyek. Sehingga, tugas dan tanggung jawab project manager mulai awal hingga berakhirnya proyek tersebut.

Project manager juga menjadi orang pertama yang akan bertanggung jawab terhadap sukses atau tidaknya suatu proyek. Ia juga harus mampu menemukan solusi terhadap setiap masalah yang mungkin saja dialami oleh timnya.

Namun, meski mengembang tanggung jawab besar, keuntungan yang bisa didapatkan juga cukup besar apabila pekerjaan atau proyek berjalan dengan baik dan dapat dikatakan tercapai sesuai tujuan.

Sebaliknya, jika proyek tersebut gagal, maka project manager adalah pihak pertama yang ahrus menerima segala punishment. Untuk itu, seorang project manager harus mampu mengantisipasi adanya kegagalan tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Project Manager

Menjadi seorang project manager tidaklah mudah, namun semua orang bisa menempati posisi itu. Setidaknya, ada beberapa tugas project manager yang harus dan pasti dilakukan dalam setiap proyek. Diantaranya adalah:

  1. Membuat perencanaan
  2. Mengumpulkan tim
  3. Mengatur komunikasi
  4. Menghitung budget
  5. Mitigasi masalah dan risiko
  6. Monitoring berjalannya proyek
  7. Membuat laporan dan dokumentasi

Skill yang Harus Dimiliki Project Manager

Karena tanggung jawabnya yang banyak dan berat maka project manager adalah salah satu profesi yang harus memiliki banyak skill atau keahlian. Diantaranya yaitu:

  1. Komunikasi
  2. Kepemimpinan
  3. Negosiasi
  4. Memiliki Manajemen Tim dan Waktu yang Baik
  5. Manajemen Risiko
  6. Melek Teknologi
  7. Penyelesaian masalah
  8. Mengelola biaya

Gaji Project Manager

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk berprofesi sebagai project manager? Selain dilihat dari pekerjaannya yang keren, gaji project manager juga tidak kalah keren lho. Untuk pekerjaan dengan jabatan project manager pemula biasanya akan mendapatkan gaji berkisar sekitar Rp 4 juta.

Namun, project manager bisa mendapatkan gaji senilai Rp 17 juta jika seorang project meanager telah memiliki jam terbang tinggi. Jika dirata-ratakan, penghasilan dari project manager adalah sekitar Rp 10 Juta per bulan.

FAQ Seputar Apa itu Project Manager

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar apa itu project manager.

Project Manager Lulusan Apa?

Salah satu kriteria terpenting untuk menjadi manajer proyek adalah gelar Sarjana atau Magister Manajemen, Administrasi Bisnis, Manajemen Bisnis, atau jurusan serupa.

Apa yang Dilakukan Project Manager?

Memotivasi dan memimpin tim proyek dan pemangku kepentingan (stakeholder). Manajemen proyek memerlukan pengorganisasian tim proyek agar mereka tetap pada jalurnya dan proyek sesuai anggaran. Melacak kemajuan proyek dengan melakukan tugas pemantauan dan kontrol.

Apa Perbedaan Project Manager dengan Project Leader?

Project leader adalah ahli strategi dengan tingkat daya cipta yang tinggi. Sementara itu, project manager adalah seseorang yang terikat oleh jadwal dan spesifikasi pekerjaan tertentu untuk mengatasi suatu masalah. Mereka harus berurusan dengan komplikasi tak terduga yang mungkin berkembang selama prosedur.

Jelaskan 5 Langkah Dalam Manajemen Proyek?

Tahap 1: Initiation (Permulaan)
Tahap 2: Planning (Perencanaan)
Tahap 3: Execution (Implementasi)
Tahap 4: Monitoring and Control (Pengawasan)
Tahap 5: Closure (Penyelesaian)

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa project manager adalah pekerjaan yang memegang peran penting dalam suatu proyek, mulai dari perencanaan, eksekusi, pengendalian hingga di akhir proyek. Ia akan  menjadi orang pertama yang harus bertanggung jawab terhadap sukses atau tidaknya suatu proyek.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu project manager, mulai dari pengertiannya, tugas dan tanggung jawab seorang project manager sampai skill-skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang project manager. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button