Tips Memilih Jasa Penerjemah Bahasa yang Berkompeten

Teknatekno.com – Jasa penerjemah bahasa saat ini merupakan sebuah pekerjaan yang banyak dicari oleh banyak orang. Baik itu untuk keperluan menerjemahkan sebuah dokumen penting, menerjemahkan konten, menerjemahkan literatur atau isi buku, dan lain sebagainya.

Jika kamu akan menggunakan jasa penerjemah bahasa, sebaiknya kamu lakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan jasa penerjemah bahasa yang memang benar-benar kompeten.

Karena, setiap penerjemah pastinya memiliki gaya dan ciri khasnya masing-masing dengan kompetensinya. Maka dari itu, dalam mencari dan memilih jasa penerjemah bahasa perlu disesuaikan dengan kemampuan dan kompetensi si penerjemah tersebut.

Untuk mengetahui apakah seorang penerjemah itu berkompeten atau tidak, lihatlah dari portofolio yang mereka miliki. Portofolio harus menunjukkan hasil-hasil terjemahan sebelumnya.

Nah, dari portofolio tersebut, kamu akan mengetahui apakah penerjemah ini memang berkompeten serta sesuai dengan kualifikasi yang kamu cari ataukah tidak.

Jika kamu salah memilih jasa penerjemah, maka nantinya akan merepotkan diri kamu sendiri. Karena, di luar sana pasti banyak sekali yang menawarkan jasa terjemah dengan layanan yang hampir sama pada setiap orang.

Nah, untuk membantu kamu dalam memilih jasa penerjemah bahasa yang baik dan kompeten, Teknatekno akan memberikan beberpa tipsnya. Yuk simak berikut ini!

5 Cara Memilih Jasa Penerjemah Bahasa yang Berkompeten

Berikut beberpaa tips yang perlu kamu perhatikan ketikan akan memilih jasa penerjemah yang baik dan berkompeten:

1. Pilih Jasa Penerjemah Bahasa yang Profesional

Memilih jasa translator yang profesional, menjadi syarat utama untuk mendapatkan hasil terjemahan yang berkualitas. kamu perlu memperhatikan detail dan penawaran yang mereka tawarkan. Jika kamu mencari sebuah jasa translator di sebuah website, maka kamu setidaknya perlu membaca landing page website mereka.

Akan lebih baik jika terdapat testimoni pelanggan pada website layanan translator tersebut. Karena itu bisa menjadi pertimbangan bagi kamu untuk menentukan apakah berdasarkan testimoni yang diberikan oleh client memuaskan atau tidak.

Selain itu kamu juga bisa mempertimbangkan dari background pendidikan translator tersebut. Apakah memang translator tersebut merupakan native speakers ataukah pernah mengenyam pendidikan tertentu yang relate dengan topik atau bahasa yang akan diterjemahkan.

Jika kamu memang sudah tertarik menggunakan layanan translate dari website tersebut, kamu bisa langsung menghubungi contact person yang tertera dan lakukan penawaran.

Setelah melakukan penawaran, kamu bisa menguji coba translator untuk mencoba menerjemahkan bahasa dengan idiom atau kata kiasan yang sedikit rumit. hal ini bertujuan untuk melihat apakah mereka menggunakan bahasa asli dan kata kata mereka sendiri dalam proses penerjemahan ataukah tidak.

2. Pastikan Layanan yang Mereka Berikan Sesuai

Pilih jasa penerjemah dengan layanan yang sesuai, maksudnya disini adalah kamu tetap bisa mendapatkan layanan yang sesuai dengan harga yang kamu bayarkan. Jangan sampai kamu memilih jasa translator yang hanya mengirim file dan menerima file langsung tanpa harus berdiskusi lebih lanjut.

Tentu hal seperti ini akan merugikan kamu. Secara tidak langsung, kamu tidak dilibatkan dalam proses penerjemahan, sehingga hasilnya bisa sangat berbeda dengan apa yang kamu ekspektasikan.

Cari penerjemah yang mau diajak berdiskusi dan berkomunikasi baik melalui email atau aplikasi komunikasi yang umum digunakan. Dengan ini akan mempermudah kamu untuk saling berkoordinasi demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Satu hal yang tidak boleh terlewat adalah mengenai tenggat waktu yang dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen atau keperluan kamu. Kamu perlu mendiskusikan tentang ini dengan pihak translator agar tidak terjadi miss communication dan dokumen bisa diselesaikan tepat waktu.

3. Jasa Penerjemah Bahasa yang Memiliki Sertifikasi dan Keamanan

Sertifikasi dan keamanan penting dimiliki oleh seorang jasa translator karena hal tersebut merupakan sebuah indikator apakah seorang translator ini memang benar-benar memiliki kredibilitas atau tidak.

Agar semakin meyakinkan, kamu bisa memeriksa akreditasi jasa translator dari organisasi profesi penerjemah dan juru bahasa, Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI).

Jika translator tersebut telah berhasil lulus sertifikasi dan mendapatkan sertifikat, maka itu menandakan bahwa translator tersebut memang benar-benar berkompeten sebagai seorang penerjemah profesional.

Untuk jasa penerjemah yang terjamin keamanannya untuk menerjemahkan dokumen penting dan bersifat rahasia, kamu bisa memilih jasa penerjemah yang tersumpah agar keamanan dokumen kamu bisa terjamin.

4. Kualitas Teks dan Pemformatan

Kualitas teks harus diperhatikan dalam proses penerjemahan dokumen. Maka dari itu, pilihlah jasa penerjemah yang memiliki kualitas yang baik dan detail.

Karena jika terdapat sedikit saja kesalahan pada penulisan kata, ejaan yang digunakan atau bahkan penempatan tanda baca, maka akan sangat fatal dan akan bisa mempengaruhi keseluruhan isi dokumen yang diterjemahkan.

Oleh karena itu kamu juga perlu teliti mengenai ini, pilihlah jasa penerjemah yang benar-benar profesional dan kompeten. Selain kualitas yang baik, kamu mungkin perlu mempertimbangkan jasa penerjemah yang mampu menulis dengan pemformatan SEO.

Apalagi jika kamu ingin menerjemahkan sebuah artikel atau segala sesuatu untuk website kamu, maka SEO penting sekali untuk diperhatikan. Dengan SEO yang benar, akan membantu mempermudah google untuk bisa menayangkan konten kamu pada halaman teratas.

5. Harga yang Sesuai

Pilih jasa penerjemah yang mematok harga sesuai dengan jasa penerjemahan mereka. Pastikan tarif harga ini bisa kamu diskusikan dengan merek melalui platform yang memudahkan kedua pihak untuk berkomunikasi dan melakukan negosiasi harga. Jadi, pastikan tarif yang mereka pasang sudah sesuai dengan keinginan kamu

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips dari Teknatekno dalam memilih jasa penerjemah bahasa. Dengan memahami beberapa tips diatas, kamu bisa lebih teliti lagi dalam memilih jasa penerjemah yang berkualitas dan juga kompeten. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button