Bedanya Web Programmer, Web Designer, Web Developer dan Web Master

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Apakah kamu pernah kesulitan dalam membedakan antara web designer, web programmer, web developer dan web master? Keempat jenis profesi tersebut ternyata memiliki jobdesk yang berbeda-beda lho!

Apa saja perbedaannya? Untuk menjawab rasa penasaran kamu, kali ini Tekantekno ingin berbagi sedikit informasi yang bisa membantumu untuk membedakan keempat jenis profesi ini. Simak berikut ini !

Perbedaan Web Designer dan Web Programmer

Berikut perbedaan antara web designer dengan web programmer yang perlu kamu ketahui:

Web Designer

Sesuai dengan namanya, web designer bertanggung jawab atas desain seluruh layout dari website yang akan dibangun.

Seorang web designer akan menentukan tampilan dan susunan layout website mulai dari gaya dan konsep desain yang diinginkan, penggunaan warna, jenis font, foto, elemen bidang geometri, pola, penempatan tombol, logo dan sebagainya.

Tampilan dan susunan layout yang telah didesain oleh web designer bertujuan untuk memberikan harmonisasi dan menciptakan user experience yang baik bagi pengunjung website nantinya.

Untuk mendesainya, seorang web designer akan membutuhkan program-program desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, 3DS Max, Flash Player, dan lain-lain.

Web Programmer

Setelah website tersebut didesain dengan baik, selanjutnya web programmer bertanggung jawab untuk merealisasikan desain yang telah dibuat.

Seorang web programmer akan membangun website melalui bahasa pemrograman seperti Ruby on Rails, PHP, .NET, Java dengan program Sublim, Editor PHP, Java Script, dan sebagainya. Apabila website yang tersebut selesai dirangkai oleh web programmer, maka pengunjung dapat mengaksesnya dengan baik.

Perbedaan Web Developer dan Web Master

Adapun perbedaan antara web developer dan web master yaitu:

Web Developer

Bila seorang web programmer bertanggung jawab untuk merangkai website sesuai desain hingga dapat diakses oleh pengunjung, maka web developer bertanggung jawab untuk melakukan analisa terhadap website yang telah dibangun tersebut.

Analisa yang dilakukan meliputi perkembangan website dengan seluruh elemen yang bersangkutan seperti pertumbuhan pasar saat ini, perubahan perilaku dan psikologis target audience yang dituju oleh website, kecanggihan teknologi terkini yang dapat diaplikasikan pada website tersebut, dan lain-lain.

Tujuan dari analisa yang dilakukan web developer ini adalah agar website yang telah dibangun itu dapat terus diakses oleh pengunjung dan mengikuti perkembangan tren serta jaman.

Web Master

Nah, web master adalah seseorang yang memiliki modal untuk membangun website itu sendiri. Tanpa modal yang cukup yang dimiliki oleh web master ini, tentunya sebuah website tidak akan terbangun dengan baik.

Seorang web master dapat juga bekerja sebagai web designer, web programmer, atau web developer. Bila seorang web master tidak pernah berhubungan dengan dunia digital, ia dapat mencari jasa ketiga pekerjaan di atas untuk membangun website yang diingatkannya dengan baik.

Kesimpulan

Demikianlah informasi dari Teknatekno mengenai perbedaan antara web programmer, web designer, web developer dan web master.

Web programmer, web designer, web developer dan web master, adalah jenis-jenis profesi bidang teknologi informasi yang sangat erat kaitannya dengan profesi pengembangan aplikasi web. Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Articles

Back to top button