Cara Menjadi SEO Specialist dan Keuntungannya

Teknatekno.com – Terdapat berbagai cara untuk menjadi SEO Specialist. SEO Specialist merupakan salah satu profesi yang baru muncul akibat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan dunia digital telah banyak memunculkan profesi-profesi baru, salah satunya adalah SEO Specialist ini.

Banyak SEO Specialist yang memulai karirnya sebagai tim pemasaran tradisional sebelum akhirnya mereka mempersempit fokus ke pemasaran digital atau SEO.

Perlu kamu tahu, tidak ada pengalaman latar belakang khusus yang diperlukan untuk menjadi spesialis di bidang SEO. Banyak orang beralih dan masuk ke ranah SEO dari berbagai bidang yang berbeda seperti komunikasi, marketing, atau IT.

Saat memulai karir ini, kamu akan diposisikan pada junior level. SEO tingkat junior atau pemula biasanya akan terlibat dalam aspek SEO yang lebih mendasar. Selanjutnya, setelah mereka mendapatkan lebih banyak pengalaman, mereka akan beralih ke peran yang lebih strategis dan akhirnya mengelola tim.

Hingga saat ini, belum ada jurusan spesifik yang mempelajari tentang SEO. Lalu, bagaimana cara menjadi SEO Specialist? Berikut ini Teknatekno rangkumkan beberapa cara untuk menjadi SEO Specialist yang profesional dan andal.

Cara Menjadi SEO Specialist yang Andal

Jika kamu tertarik menjadikan profesi ini sebagai pilihan karir kamu, berikut ini adalah cara menjadi SEO Specialist yang dapat diterapkan:

1. Menjadi SEO Specialist dengan Mengikuti Pelatihan atau Kursus

Yang pertama, kamu bisa mengikuti pelatihan, baik yang tatap muka maupun yang online, baik itu pelatihan yang gratis maupun yang berbayar. Ada banyak pelatihan SEO dengan mentor yang sudah berpengalaman di bidang ini.

2. Menjadi SEO Specialist dengan Mengikuti Sertifikasi

Untuk membuktikan kemampuan yang kamu miliki, kamu bisa mengikuti sertifikasi. Jika kamu ikut pelatihan, biasanya akan mendapatkan sertifikat di akhir. Namun ada juga sertifikasi khusus yang bisa kamu ikuti sendiri.

3. Magang di Digital Marketing

Cara berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan ikut magang. Kamu bisa magang di perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing.

4. Memahami Cara Kerja Search Engine

Untuk menjadi SEO Specialist, kamu perlu memahami cara kerja search engine atau mesin pencari. Kamu perlu tahu bagaimana cara kerja algoritma mesin pencari sehingga kamu bisa meningkatkan peringkat website yang kamu kelola.

5. Menjadi SEO Specialist dengan Memahami Konsep Dasar SEO

Tidak hanya memahami cara kerja, kamu juga perlu memahami konsep dasar SEO. Hal-hal yang berkaitan dengan SEO, seperti software yang digunakan hingga membuat konten yang SEO friendly perlu kamu ketahui dengan baik.

6. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Seorang SEO Specialist juga perlu mengikuti perkembangan teknologi. Algoritma mesin pencari selalu mengalami perubahan. Jika kamu tidak up to date dengan perkembangan terkini, tentu akan mengganggu kinerja kamu.

7. Kuasai Soft dan Hard Skills

Ikut pelatihan dan sertifikasi tidak akan ada artinya jika kamu tidak menguasai soft skills dan hard skills yang dibutuhkan untuk menjadi seorang SEO Specialist.

8. Menjadi SEO Specialist dengan Membuat Blog atau Web

Untuk jadi seorang SEO Specialist yang handal, tidak hanya dengan ikut pelatihan. Kamu perlu menerapkan ilmu yang kamu miliki. Salah satu caranya dengan membuat blog atau website kamu sendiri.

9. Gabung Komunitas dan Temukan Mentor

Cara lainnya adalah bergabung dengan komunitas. Ada banyak komunitas SEO yang bisa kamu ikuti untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman. Kamu juga bisa menemukan mentor dari komunitas ini.

10. Bersedia Bekerja di Bawah Tekanan

Yang terakhir, kamu harus siap bekerja di bawah tekanan. Sebagai salah satu profesi yang tidak memiliki ilmu pasti, kamu harus siap dengan beban kerja yang banyak dan berubah-ubah.

Keuntungan Menjadi SEO Specialist

Jika kamu tertarik menjadi seorang SEO Specialist, ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh, diantaranya:

1. Bisa Membangun Bisnis Online Sendiri

Karena kamu sudah memahami seluk beluk internet marketing, akan semakin mudah bagi kamu untuk memulai bisnis di bidang ini. Entah bisnis content marketing atau branding sebuah produk.

Kamu pun tidak perlu tidak perlu repot menyewa jasa SEO profesional. Dengan begitu tak perlu lagi mengeluarkan budget untuk mengurusi masalah optimasi. Ini tentunya menjadi nilai lebih karena bisa mengurangi budget dalam berbisnis. Kamu pun bisa mengalihkan biaya untuk keperluan lainnya.

2. Bisa Menjadi Manajer Pemasaran yang Handal

Beda era beda pula kebutuhannya. Yap, di era dimana teknologi semakin maju, skill menjadi seorang manajer marketing juga bertambah. Kemampuan SEO menjadi salah satu syarat wajib bagi seorang manajer pemasaran. Khususnya jika berbisnis di dunia online.

Apabila kamu paham SEO, kamu bisa menjadi seorang ahli marketing SEO yang mengkombinasikan ilmu marketing dan SEO sekaligus. Selain mahir di dunia website, kamu juga bisa handal dalam perbisnisan di internet. Hal ini menjadi nilai lebih bagi kamu karena perusahaan manapun sangat mendambakan kemampuan tersebut.

3. Bisa Meningkatkan Traffic Website

Ketika kamu memilih untuk membuat website, tugas kamu tentunya mengoptimasi SEO agar website tersebut dikunjungi oleh banyak orang.

Jika kamu sudah ahli SEO, kamu tak akan direpotkan dengan hal tersebut. Karena kamu sudah paham bagaimana mengoptimasi sebuah web. Ini akan berdampak positif pada peningkatan website di mesin pencarian.

Kamu bisa mempromosikan apa saja di website kamu, entah itu jasa atau produk. Apalagi jika kamu juga sudah handal copywriting, tidak sulit untuk menambah penghasilan secara online.

4. Bisa Memahami Website dengan Baik

Seorang SEO Specialist akan sangat paham dengan apa yang website butuhkan. Hal ini menjadi keuntungan bagi kamu. Karena kamu bisa dengan mudah menganalisa kebutuhan website. kamu pun akan tahu bagaimana cara meningkatkan traffic website di internet.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara menjadi SEO Specialist yang profesional dan ahli di bidang SEO yang bisa Teknatekno rangkumkan untuk kamu.

Kamu bisa memilih profesi ini dengan mengikuti pelatihan atau belajar secara otodidak dengan orang yang lebih berpengalaman. Apapun cara yang kamu pilih, semoga bisa membawa kamu meraih impian menjadi SEO Specialist.

Related Articles

Back to top button