Profesi Data Scientist: Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Teknatekno.com – Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini dunia bisnis semakin berkembang. Hal ini berkaitan dengan penggunaan data dalam bisnis yang juga semakin dibutuhkan. Berdasarkan World Economic Forum, profesi data scientist termasuk pekerjaan yang sangat dibutuhkan pada tahun 2022.

Jika kita lihat dari namanya, pekerjaan ini tentu saja terkait dengan data. Lalu, apa sebenarnya data science itu? Data science adalah kemampuan untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menciptakan strategi bisnis.Dalam dunia kerja, orang yang memiliki kemampuan ini disebut sebagai data scientist.

Profesi Data Scientist

Profesi data scientist adalah pekerjaan dalam bentuk penggabungan ilmu komputer (pemrograman), statistik, dan matematika yang bertujuan untuk mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis kumpulan data besar yang terstruktur dan tidak terstruktur.

Seorang data scientist biasanya bekerja dalam tim untuk mengumpulkan berbagai data dan informasi. Data tersebut digunakan untuk memprediksi perilaku pelanggan dan mengidentifikasi peluang bisnis yang lebih baru.

Pada praktiknya data scientist juga melakukan eksperimen terhadap data-data yang telah dikumpulkan dengan maksud membuktikan dan memberikan solusi yang paling tepat untuk perkembangan sebuah usaha atau bisnis.

Dalam struktur kerja, seorang data scientist umumnya melakukan laporan kerja kepada pemimpin proyek atau departemen, Chief Data Officer, atau kepala analytics dalam tim analisis data yang lebih besar.

Disamping itu berdasarkan indeed.com, rata-rata gaji seorang data scientist bisa mencapai Rp7.000.000 hingga Rp8.000.000 per bulan. Sedangkan untuk tingkatan dengan pengalaman yang lebih tinggi seperti senior atau manajer, bisa memiliki gaji yang lebih dari itu.

Tugas Profesi Data Scientist

Berikut ini beberapa tugas serta tanggung jawab seorang data scientist:

  1. Mengidentifikasi sumber pengumpulan data untuk kebutuhan bisnis.
  2. Memproses, membersihkan, dan mengintegrasikan data.
  3. Pengumpulan data otomatis dan proses manajemen.
  4. Menganalisis data dalam jumlah besar untuk memperkirakan tren dan memberikan laporan dengan rekomendasi.
  5. Berkolaborasi dengan tim bisnis, teknik, dan produk.
  6. Mengembangkan, mengimplementasikan, dan memelihara database.
  7. Menghasilkan informasi dan wawasan dari kumpulan data dan mengidentifikasi tren dan pola.
  8. Menyiapkan laporan untuk tim eksekutif dan proyek.

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Data Scientist

Dalam melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan data, kamu harus memiliki beberapa kemampuan seperti berikut ini:

1. Hard Skill

Hard skill adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan. Hal ini biasanya tertulis di kolom persyaratan di sebuah lowongan pekerjaan. Hard skill biasanya merupakan kemampuan spesifik dan jadi salah satu deskripsi pekerjaan kamu kelak. Hard skill yang dibutuhkan oleh seorang data scientist antara lain :

  • Analisis Data

Sering kali data scientist akan mengambil data dari database menggunakan query SQL, tabel pivot dengan microsoft excel atau menggunakan software serupa seperti SPSS.

Data scientist juga harus menguasai bahasa pemrograman karna bahasa pemrograman dapat membantu dalam membuat visualisasi data dalam bentuk grafik.

Dari analisis data perusahaan data scientist juga diharapkan mampu ,menguji dan juga memberikan saran atau solusi berdasarkan hasil temuan yang telah diuji.

Sehingga, dapat meningkatkan kepuasaan dan layanan kepada para pelanggan. Analisis ini juga bisa bertujuan untuk menjadi tindakan preventif perusahaan agar dapat membuat rangkaian data permasalahan yang dialami oleh perusahaan.

  • Matematika dan Statistik

Matematika merupakan salah satu ilmu yang mempunya banyak kegunaan dan juga manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Hampir setiap aspek manusia menggunakan ilmu matematika dalam aktivitas perdagangan, pertukangan, dan masih banyak lagi.

Sebagai seorang data scientist kamu tentunya akan berkutat dengan jutaan data dan yang membuat kemampuan matematika dan statistik sangat diperlukan. Dalam pengolahan data terdapat pengoperasian aljabar, matriks, dan regresi.

Jika seorang data scientist tidak menguasai ilmu ini pastinya akan menjadi kendala yang sangat besar, karna bukan hanya tidak bisa mengolah data namun kamu juga tidak dapat menginterpretasikan angka ke dalam instrumen data seperti grafik, tabel, dan elemen grafis lainya.

  • Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan hal yang krusial untuk seorang data scientist. Dengan bahasa program kamu dapat melakukan analisis numerik, dan statistik dengan set data besar.

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa program yang dirancang untuk mengelola data dalam basis data relasional dan  saat ini metode ini merupakan metode yang paling sering digunakan untuk mengakses data dalam database.

2. Soft Skill

Di sisi lain, soft skill adalah kepribadian, atribut personal, serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan. Baiknya soft skill yang kamu miliki menunjukkan bagaimana kamu berinteraksi dengan lingkungan di sekitarmu. Soft skill yang dibutuhkan oleh seorang data scientist antara lain:

  • Komunikasi

Komunikasi menjadi kunci data scientist yang baik loh, sebaik-baiknya sata scientist dalam mengelola data namun jika ia tidak dapat menyampaikan informasi tersebut kepada orang lain maka pengolahan data tersebut tidak akan maksimal.

  • Kerja Sama

Seorang data scientist merupakan pintu pertama dari data, masih ada tahap-tahap selanjutnya setelah selesainya tugas data scientist. Maka dari itu bekerja sama dengan tim dari divisi lainya merupakan hal yang dibutuhkan agar tidak terjadi miss perspective.

  • Critical Thinking

Sebagai seorang data scientist analisis data sangatlah penting dalam dunia bisnis. Semua rencana dan juga keputusan harus didasari dengan alasan-alasan rasional yang mengikutinya. Dengan analisis yang tepat maka perusahaan dapat lebih memahami masalah yang akan mungkin dialami perusahaan dan lebih memahami pasar.

Berdasarkan pengalaman dari senior data scientist, mereka menyimpulkan bahwa data scientist adalah pengolahan Big Data yang berupaya memberikan informasi yang bermakna dari sejumlah besar data kompleks dengan menggunakan berbagai alat, algoritma, dan prinsip lainya.

3. Transferable Skills

Skill ini mungkin lebih jarang terdengar dibandingkan soft skill dan hard skill. Transferable skill sendiri adalah kemampuan seseorang yang dapat memudahkannya dalam menjalani dunia kerja karna dapat digunakan di berbagai jenis bidang industri ataupun karir.

Transferable skill ini merupakan penggabungan dari soft skills dan hard skill. Skill ini dipelajari melalui pengalaman-pengalaman selama kamu hidup yang berguna untuk masa depan. Skill ini juga bisa termasuk ke dalam soft skill. Contoh transferable skill juga mirip dengan soft skill.

Transferable skill berguna bagi kamu yang ingin mengganti karir yang sama sekali tidak relevan dengan pekerjaan kamu sebelumnya. Banyak perusahaan juga yang memasukan transferable skill ini dalam kriteria menerima karyawan. Transferable skill yang dibutuhkan oleh seorang data scientist adalah:

  • Literasi Digital

Kemampuan ini penting karna setiap harinya teknologi tentunya semakin meningkat, kemampuan kamu dalam beradaptasi dengan teknologi terbaru dan dapat mengoperasikan alat bantu serta tools-tools yang ada dapat menunjukan bahwa kamu cekatan dan mudah menyesuaikan diri dalam pekerjaan.

  • Riset dan Analisis Data

Profesi data scientist sendiri juga sangat bergantung kepada teknologi digital yang dapat menyuguhkan begitu banyak data dengan jumlah bisa dibilang tak terbatas. Maka dari itu Kemampuan riset dan analisis data juga merupakan skill yang patut Kamu kembangkan dan juga punyai jika ingin menjadi seorang data scientist.

  • Ketelitian Terhadap Detail

Dengan jumlah data yang dianalisis setiap harinya oleh data scientist, tentunya jika salah input data akan berdampak dengan hasil yang akan keluar dan mengakibatkan hasil analisis menjadi tidak akurat.

Pentingnya teliti dalam menyelesaikan tugas dapat menunjukan bahwa kamu memiliki standar profesional yang tinggi dan tidak perlu selalu diawasi setiap saat.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar profesi data scientist mulai dari pengertiannya, gaji, tugas, hingga beberapa skill yang dibutuhkan seorang data scientist. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button