Skill yang Harus Dikuasai Seorang Financial Planner

Teknatekno.com – Ada berbagai keahlian dan juga skill yang harus dikuasai seorang financial planner dalam menjalankan tugasnya. Skill yang harus dimiliki financial planner tidak hanya merancang perencanaan, tetapi lebih luas lagi.

Dengan begitu, bagi kamu yang ingin berkarir di bidang satu ini harus mampu menguasai beberapa kemampuan atau keahlian wajib seorang financial planner.

Skill yang Dibutuhkan Seorang Financial Planner

Berikut beberapa keahlian dasar yang harus kamu kuasai untuk menjadi financial planner:

1. Memahami Perencanaan Keuangan

Paling utama tentunya harus memahami apa itu financial planner dan apa saja hal yang berhubungan dengan bidang ini. Kemudian mengetahui perencanaan keuangan dasar yang bisa memberi kelebihan dan keuntungan bagi orang lain. Misalnya, memahami perencanaan keuangan untuk investasi masa depan.

2. Memahami Permasalahan Keuangan Klien

Keahlian berikutnya ialah mampu memahami apa permasalahan keuangan yang sedang dihadapi klien. Masalah-masalah tersebut bisa sangat beragam dengan situasi dan kondisi yang juga berbeda-beda.

3. Mampu Menganalisa Masalah dan Tujuan

Selain memahami, kamu wajib menganalisa masalahnya. Kemudian mencari tahu tujuan dan cara mencapai tujuan itu. Ambil contoh mengenai investasi. Masalah utamanya adalah mengatur keuangan untuk investasi, tujuannya berupa mencapai investasi yang diharapkan dan mendapat jaminan di hari tua.

4. Seorang Financial Planner Harus Memahami Jenis Investasi

Skill yang harus dimiliki financial planner berikutnya yaitu mampu memahami apa saja jenis dan bentuk investasi seperti yang saat ini sangat populer yaitu jenis reksadana.

5. Merancang Program Untuk Klien

Seorang financial planner harus membuat rancangan program sebagai sebuah bentuk solusi bagi klien.

6. Keterampilan Dalam Membimbing

Karena berurusan dengan klien, serta memberi solusi untuk mencapai tujuan bersama, financial planner harus memiliki keterampilan membimbing. Hal ini agar klien bisa menjalankan program secara lancar dan sesuai.

7. Seorang Financial Planner Harus Bersikap Terbuka

Keuangan adalah satu bidang yang dari sifatnya harus terbuka, sehingga perencana keuangan harus memiliki sikap terbuka ketika menjalankan tugasnya.

8. Seorang Financial Planner Harus Berkomunikasi yang Baik

Keahlian lainnya adalah cara berkomunikasi yang baik. Sekilas keahlian ini dimiliki semua orang, tetapi untuk berkarir di bidang profesional keahlian tersebut harus terasah.

9. Mengikuti Perkembangan dan Pergerakan Ekonomi

Karena berurusan dengan keuangan, wajib juga bagi kamu untuk mengikuti perkembangan dan pergerakan ekonomi dunia. Contoh, untuk investasi, besar keuntungan dan kerugian sangat dipengaruhi keadaan ekonomi dunia.

10. Membuat Pembukuan dan Pencatatan

Selanjutnya, kamu harus mampu membuat pembukuan dan pencatatan keuangan sebagai rekam jejak program yang sedang dijalankan bersama klien.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Tekantekno mengenai beberapa skill atau kemampuan yang harus dimiliki financial planner. Sebenarnya masih banyak lagi skill-skill tersebut.

Tergantung pada masing-masing perusahaan atau lembaga. Bahkan, financial planner juga bisa memiliki tugas yang berbeda daripada umumnya. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button