Manfaat Aplikasi Google Hangout Bagi Pengguna

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu tau apa saja manfaat aplikasi Google Hangout? Selain menawarkan layanan chatting, video call, video meeting, dan sejenisnya, aplikasi ini juga diberikan integrasi penuh terhadap layanan aplikasi Google lainnya, seperti Google Drive, Google Classroom, Google Calendar, dan sebagainya.

Ada beberapa manfaat aplikasi Google Hangout yang bisa kita dapatkan, seperti penjelasan dibawah ini.

Manfaat Aplikasi Google Hangout

Google Hangouts pada dasarnya dibuat sebagai layanan yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya dalam menyiarkan dan mendemonstrasikan urusan bisnis mereka.

Namun bukan berarti manfaat aplikasi Google Hangouts hanya terbatas pada aktivitas bisnis saja. Kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai media komunikasi dalam perbincangan santai dengan orang yang kamu kenal. Berikut beberapa manfaat aplikasi Google Hangout yang perlu kamu tau:

1. Murah dan Terjangkau Untuk Siapa Saja

Seperti yang sudah kita tahu bahwasanya secara umum layanan Google tersedia secara gratis, begitu pula dengan Google Hangouts. Aplikasi chat tersebut menawarkan pengguna dalam bertukar pesan teks serta video call secara bebas tanpa terikat oleh waktu dan jarak.

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa Google selalu memberikan layanan mereka secara gratis? Alasannya sendiri sebenarnya cukup sederhana, yaitu karena cara tersebut merupakan satu strategi bisnis jangka panjang terbaik mereka.

Google sendiri mendapatkan 90 persen penghasilan mereka sendiri melalui iklan yang ditampilkan dalam hasil mesin pencarian mereka. Oleh karena itu kamu tidak perlu memikirkan kembali dari mana Google mendapat keuntungan dari perusahaan mereka.

Meski demikian, bukan berarti Google menyediakan fungsi penuh terhadap layanan mereka secara gratis, karena ada beberapa fitur berbayar dari Google Hangouts

2. Bisa Digunakan Oleh Siapapun

Sebagai salah satu aplikasi digital sudah sewajarnya Google Hangouts bisa digunakan pada perangkat elektronik apa pun. Namun hal tersebut bukan satu satunya poin keunggulan yang ditonjolkan oleh aplikasi chat ini.

Namun juga tampilan interior aplikasi serta fitur yang mereka sediakan bisa dengan mudah di adaptasi dan dipahami oleh berbagai pengguna.

Misalnya One Click Access yang menyediakan fitur akses terhadap Google Hangouts pada layar ponsel maupun PC kamu dalam sekali klik. Atau Phone Call in Google Chat yang memberikan kamu keleluasaan dalam berkomunikasi lewat telepon sembari melakukan chat secara bersamaan.

3. Dukungan Dalam Beragam Perangkat

Memiliki lebih dari satu gadget merupakan hal yang lumrah bagi mayoritas pengguna. Oleh karena itu perusahaan digital banyak mengembangkan produk mereka untuk mendukung beragam jenis perangkat elektronik, seperti Google Hangouts.

Kamu bisa menikmati layanan chat gratis bersama teman maupun keluarga dalam jenis perangkat yang berbeda sekalipun secara bersamaan. Mau berdebat, berdiskusi, atau hanya sekedar mengobrol dan berbincang santai sekalipun bisa kamu lakukan melalui fitur video meeting atau pesan teks secara gratis tanpa batasan waktu.

4. Memiliki Keamanan yang Terjamin

Google sejak dulu selalu menjamin keamanan data penggunanya, hal ini telah menjadi stereotype yang benar-benar dipertahankan dan dipercaya oleh banyak orang hingga saat ini.

Oleh karena itu, Google Hangouts dipilih menjadi salah satu sarana komunikasi pesan yang benar-benar aman digunakan dalam berbagai kesempatan.

Hal ini berdasarkan seluruh informasinya yang di enkripsi mulai dari percakapan, pesan teks, serta setiap detail dari data yang ada kirimkan telah dikelola agar terjaga privasi penggunanya.

Bahkan Google Hangouts akan menyimpan riwayat obrolan kamu sebelumnya, sehingga semua informasi serta data yang di input pada ketika percakapan sedang berlangsung telah direkam dan dicatat dengan aman. Agar sewaktu waktu pengguna bisa mengakses riwayat pesan tersebut apabila dibutuhkan untuk keperluan mendesak.

5. Tersedia Banyak Fitur

Sejauh ini Google Hangouts menyediakan beberapa fitur yang bisa digunakan oleh penggunanya secara gratis. Seperti Instant Messaging untuk kamu yang ingin mengirim pesan teks kepada pengguna tertentu.

Voice Calls untuk kamu yang ingin melakukan panggilan suara untuk berkomunikasi dengan pengguna lain. Dan juga HD Video calls bagi mereka yang ingin melakukan obrolan secara visual dan suara.

Bahkan kamu bisa melakukan pesan video kepada banyak orang secara bersamaan menggunakan fitur HD Group Conferencing untuk memenuhi kebutuhan diskusi dengan lebih nyaman dan efisien.

6. Integrasi yang Baik Terhadap Semua Layanan Google

Saya rasa poin ke enam ini sudah cukup jelas karena produk digital ini merupakan bagian dari aplikasi keluaran Google. Sudah pasti Hangouts memiliki kompatibilitas yang jauh lebih baik daripada aplikasi sejenis lainnya, mengingat Hangouts telah terintegrasi pada seluruh layanan Google.

Misalnya saja apabila kamu seorang pengajar dan ingin melakukan sesi meeting dengan yang kamu ajar, maka Google Hangouts bisa dimanfaatkan dan di integrasi ke dalam Google Classroom.

Cara untuk mengintegrasinya pun cukup mudah dilakukan, kamu hanya perlu membuat jadwal kelas melalui “Google Calendar”, kemudian klik “Add Conferencing” untuk mendapatkan link meeting.

Link tersebut kemudian bisa kamu masukan ke dalam “Assignment Google Classroom” melalui fitur “Add Link“ untuk dibagikan kepada orang yang dituju. Dan masih banyak integrasi terhadap layanan lainnya yang bisa kamu coba melalui tutorial yang bertebaran di internet.

FAQ

Berikut pertanyaan seputar aplikasi Google Hangout.

Apa Fungsi dari Akun Google Hangout?

Melakukan panggilan video dan menyiarkan konferensi video adalah salah satu fungsi dari Hangouts. Pengguna dapat melakukan panggilan video langsung dengan banyak orang menggunakan Google Hangouts. Semua orang yang menelepon nantinya akan dapat melihat wajah satu sama lain.

Apa Saja Fitur yang Dimiliki Google Hangout?

Google Hangouts adalah platform Google yang menawarkan layanan fitur komunikasi seperti pesan instan, obrolan video, SMS, dan VOIP. Siapa pun yang memiliki akun Gmail dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Google Hangouts.

Apakah Google Hangout Berbayar?

Aplikasi buatan Google ini sebenarnya adalah aplikasi premium atau berbayar. Namun, Google memberikan layanan ini secara gratis hingga 1 Juli 2020 guna membantu masyarakat yang bekerja dari rumah agar terhindar dari virus corona.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa manfaat aplikasi Google Hangout bagi penggunanya. Meskipun aplikasi ini merupakan salah satu produk unggulan Google, ternyata platform perpesanan ini masih kalah saing dengan aplikasi lain yang sejenis, seperti WhatsApp dan Telegram.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button