Fungsi Google Hangout yang Perlu Kamu Ketahui

Teknatekno.com – Mungkin sebagian dari Teknozen ada yang penasaran apa saja sih fungsi Google Hangout. Secara garis besar, Google Hangout tidak jauh berbeda dengan aplikasi pesan instan lainnya seperti Line, Telegram dan Whatsapp. Hanya saja, aplikasi ini adalah buatan Google.

Fungsi Google Hangout yang Perlu Kamu Ketahui

5 Fungsi Google Hangout

Berikut ini beberapa fungsi Google Hangout yang jarang diketahui banyak orang:

1. Komunikasi dengan Banyak Orang

Fungsi Google Hangout ini adalah bisa berkomunikasi dengan banyak orang dalam satu kelompok. Misalnya saja kamu memiliki 150 kontak dalam kelompok tersebut, nah, kamu bisa berkomunikasi dengan kelompok tersebut.

Jumlah kontak yang bisa masuk ke dalam kelompok tersebut berdasarkan jumlah nomor kontak di dalam smartphone milikmu. Contoh lainnya adalah kamu memiliki proyek pekerjaan.

Jika kamu dan beberapa orang yang terlibat memiliki akun Google, maka kamu bisa membuat kelompok kamu sendiri dengan mudah dan cepat. Bahkan kamu tidak perlu menggunakan aplikasi pesan instan lainnya.

2. Ekspresi Interaksi dengan Pesan Status

Komunikasi yang dilakukan dengan Google Hangout ini tidak hanya melalui sebuah pesan, audio, gambar, atau video saja. tetapi kita juga bisa manfaatkan fitur interaktif lainnya melalui Google Hangout. Salah satunya adalah dengan pesan status.

Dengan menggunakan fitur status ini, kita bisa mengirimkan keadaan kita saat ini atau bisa menghubungi kelompok kamu menggunakan fungsi pesan status tersebut. Meskipun penggunaan Google Hangout ini menggunakan email.

Akan tetapi, kita bisa menambahkan fitur-fitur khas dalam chattingan seperti emoticon maupun animasi GIF yang sangat menarik. Tidak hanya status dalam bentuk teks saja. Dengan Google Hangout ini, kita bisa mengirimkan status dalam bentuk multimedia lainnya seperti foto, video, atau lokasi kamu saat ini.

3. Mengobrol Secara Bersamaan

Biasanya jika kita ingin menghubungi seseorang, kita hanya bisa melalui percakapan dengan satu orang saja. Akan tetapi, jika kamu menggunakan Google Hangout, kamu bisa melakukan percakapan dengan banyak kontak sekaligus dalam satu kelompok.

Misalnya saja kamu memiliki 5 orang kelompok di dalam satu kontak, maka kamu bisa menghubungi kelima orang tersebut secara bersamaan.

Hal ini tentunya sangat membantu jika kamu ingin berkumpul namun tidak bisa datang secara fisik. Kamu pun bisa menambah kontak baru di dalam kelompok selama tidak melebihi batas yang dianjurkan.

Kamu bisa menambah kontak dalam kelompok hingga mencapai 10 kontak saja. Hebatnya lagi kamu bisa melakukan percakapan secara gratis dengan menggunakan aplikasi Google Hangout.

Selain bisa melakukan panggilan secara bersama, kita juga bisa melakukan percakapan melalui fitur chat seperti biasa meskipun kita sedang menerima panggilan dari video call. Hal tersebut cukup membantu kita dalam melakukan multitasking.

4. Kompatibel di Semua Perangkat

Untuk bisa mengakses fitur-fitur Google Hangout, tidak hanya bisa didapatkan melalui smartphone saja. Namun, kita juga bisa mengakses Google Hangout melalui PC atau juga laptop melalui browser.

Bahkan kita pun bisa melakukan sinkronisasi pada setiap perangkat dengan akun Google saja. hal ini juga semakin memudahkan kita saat akan berganti perangkat dari smartphone ke PC maupun sebaliknya. Keunggulan lainnya dari Google Hangout ini adalah bisa digunakan pada berbagai macam web browser terbaik manapun.

Jadi, Google Hangout ini bisa digunakan pada browser Firefox, Google Chrome, Opera, dan berbagai macam browser lainnya. Sistem Operasi yang digunakan pun bisa bermacam-macam, mulai dari Anroid, Ios, dan juga Windows.

5. Otomatis Terkirim Tanpa Jaringan Internet

Fungsi Google Hangout lainnya yaitu adalah bia mengirim pesan secara otomatis meskipun saat itu tidak ada koneksi internet. Biasanya pada beberapa aplikasi pesan instan lainnya, kita harus mengirim ulang pesan yang kita kirim ketika tidak ada koneksi internet.

Hal ini cukup berbeda dengan Google Hangout. Di aplikasi ini, kita tidak perlu repot-repot harus mengirimkan ulang ketika tidak ada koneksi internet.

Saat tidak ada koneksi internet, sistem pada Google Hangout akan menunda pengiriman hingga koneksi internet muncul kembali. Hal ini juga berlaku saat koneksi internet berjalan lambat. Arus pengiriman pun akan berjalan lambat, namun tidak akan putus di tengah jalan selama masih ada arus internet.

FAQ Seputar Fungsi Google Hangout

FAQ

Beriku tini pertanyaan seputar fungsi Google Hangout.

Apa itu Aplikasi Google Hangouts?

Google Hangouts adalah platform obrolan video yang menawarkan kemungkinan untuk mengobrol dengan teman dan keluarga melalui browser web atau aplikasi seluler unduhan aplikasi Hangouts. Ini adalah aplikasi obrolan video dan pesan instan yang dikembangkan oleh Google.

Aplikasi Hangout Apakah Aman?

Google Hangouts memberi pengguna sistem keamanan yang mencakup fitur enkripsi end to end. Fitur ini dapat melindungi privasi dan keamanan data. Data yang dimaksud adalah data chat yang dilakukan pengguna, seperti audio, gambar, video, teks, dan semua data lainnya dalam aplikasi ini.

Apakah Aplikasi Hangouts Bisa Dihapus?

Jika Hangouts adalah aplikasi default di perangkat kamu, maka kamu tidak dapat menghapusnya. Keluar dan gunakan aplikasi perpesanan lain jika kamu tidak ingin menggunakan Hangouts.

Bagaimana Cara Menghapus Pesan di Hangout?

  1. Hapus riwayat pesan kamu.
  2. Buka aplikasi Hangouts di ponsel atau tablet Android.
  3. Buka percakapan.
  4. Ketuk Opsi Lainnya di sudut kanan atas.
  5. Selanjutnya pilih Hapus percakapan.
  6. Ketuk Hapus jika kamu yakin ingin menghapus percakapan.

BACA JUGA:

Aplikasi Google Hangout: Fungsi, Manfaat, dan Cara Menggunakannya
Kelebihan Google Hangout: Aplikasi Chatting by Google
Manfaat Aplikasi Google Hangout Bagi Pengguna
Cara Menggunakan Google Hangout di PC dan Smartphone

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa fungsi Google Hangout yang perlu kamu ketahui. Meskipun aplikasi ini buatan dari Google, akan tetapi aplikasi ini masih cukup banyak kekurangannya dibandingkan dengan aplikasi pesan instan lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu ya!

Related Articles

Back to top button