Kartu Prakerja Gelombang 25 Sudah Dibuka! Begini Cara Daftarnya

Teknatekno.com – Pemerintah mengumumkan telah membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 25. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 25 dibuka pada hari ini, Selasa, 29 Maret 2022. Buat Teknozen yang tertarik untuk mendapatkannya, yuk simak beberapa syarat dan cara daftar Prakerja secara online berikut ini.

Proses pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 25 bisa dilakukan melalui situs resmi dashboard.prakerjadotgodotid/daftar. Sementara bagi yang sudah memiliki akun Prakerja, hanya perlu login ke dasboard prakerjadotgodotid. Kemudian, klik “Gabung Gelombang” Kartu Prakerja gelombang 25.

Sepanjang tahun 2022, pemerintah menargetkan 2,9 juta orang menjadi peserta Kartu Prakerja. Nantinya, peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 25 akan mendapatkan insentif sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dengan total Rp 2,4 juta.

Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Adapun penerima Kartu Prakerja adalah pemegang Kartu Prakerja yang sah atau pihak yang telah lulus tes dan seleksi gelombang dan menerima persetujuan bantuan pelatihan untuk dipergunakan membeli atau membayar pelatihan.

Nantinya, mereka yang dinyatakan lulus program ini akan mendapat bantuan pelatihan, yakni bantuan dalam bentuk saldo nontunai pada Platform Digital untuk digunakan Penerima Kartu Prakerja untuk mengikuti pelatihan.

Pelatihan yang dimaksud antara lain keseluruhan kegiatan untuk memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu, yang diselenggarakan oleh penyelenggara pelatihan.

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 25

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 25

Berikut beberapa persyaratan untuk mendaftar Kartu Prakerja:

  1. WNI berusia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  6. Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Membuat Akun Prakerja

Untuk daftar Kartu Prakerja, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara membuat akun Kartu Prakerja:

  1. Buka browser di HP atau laptop kamu.
  2. Kemudian, membuat akun di situs dashboard.prakerjadotgodotid/daftar.
  3. Masukkan alamat email dan password yang terdiri dari 6 karakter dan konfirmasi password.
  4. Jangan lupa klik centang pada pernyataan di bawah “ulangi password”, kemudian klik Daftar.
  5. Buka email notifikasi yang dikirimkan kepada email yang didaftarkan pada situs Prakerja dan melakukan verifikasi.
  6. Jika sudah melakukan verifikasi, maka pendaftaran berhasil dan kamu bisa melanjutkan ke proses pendaftaran.

Cara Daftar Kartu Prakerja atau Login Prakerja

Jika pembuatan akun selesai, langkah selanjutnya adalah masuk ke dashboard Kartu Prakerja dengan membuka lagi situs www.prakerja.go.id atau login Prakerja. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Lakukan verifikasi KTP dengan mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir.
  2. Klik “Lanjutkan”
  3. Lengkapi data diri dan pastikan data yang kamu masukkan sudah sesuai.
  4. Pastikan juga nama lengkap dan nama ibu kandung yang kamu masukkan sudah sesuai. Jika data tidak sesuai, kamu dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, WhatsApp/SMS 08118005373, atau email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id.
  5. Saat mengunggah foto KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar.
  6. Pastikan mengunggah foto yang diambil langsung dari kamera HP.
  7. Jika data yang dimasukkan sudah sesuai, langkah berikutnya adalah verifikasi nomor HP.
  8. Klik “Kirim”.
  9. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor HP kamu, klik “Verifikasi”.
  10. Isi “Pernyataan Pendaftar” sesuai dengan kondisi kamu.
  11. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik “Oke”.
  12. Setelah itu, kamu harus melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar. Selesai mengisi tes, maka hasil tes akan dievaluasi oleh tim seleksi Kartu Prakerja.
  13. Setelah selesai tes, pendaftaran sedikit lagi selesai dan tinggal ikut seleksi Gelombang Pilih Gelombang yang sesuai dengan domisili kamu, lalu klik “Gabung”
  14. Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Kamu harus klik “Saya Menyetujui” untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.
  15. Tahap pendaftaran selesai.

Selanjutnya, kamu akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan e-mail setelah penutupan gelombang. Jika belum lolos, kamu bisa ikut program Kartu Prakerja gelombang berikutnya. kamu hanya perlu masuk ke dashboard akun Prakerja dan memilih gelombang yang tersedia.

Solusi Jika Terjadi Kendala Daftar Kartu Prakerja

Bagi kamu yang masih punya kendala dalam proses pendaftaran, bisa mencoba cek ricek lagi setiap prosedurnya. Pastikan KTP yang diunggah tidak buram supaya data bisa diekstrak. Pastikan juga informasi kamu sudah tepat.

Selain itu, perhatikan teknik saat mengambil selfie. Pastikan tidak menggunakan aksesoris saat selfie, termasuk kacamata. Karena kesalahan-kesalahan tersebut akan menghambat proses pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 25.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang bisa Teknatekno berikan terkait Kartu Prakerja gelombang 25. Buat Teknozen yang sudah mempunyai akun prakerja, kamu hanya perlu masuk ke laman prakerjadotgodotid/login.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like