HP 5G Termurah! Ini Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13 5G

Teknatekno.com – Di penghujung tahun 2021, Samsung meluncurkan Samsung Galaxy A13 5G yang memiliki harga terjangkau dalam jajaran produk seri A. Dengan dedikasi Samsung untuk memproduksi ponsel berkualitas tinggi di setiap kisaran harga, smartphone ini menampilkan beberapa inovasi terbaru.

Seperti, koneksi jaringan 5G, bobot yang ringan dan tipis, tiga kamera 50MP, masa pakai baterai yang lebih lama, dan dikemas dengan harga yang murah. Kini kamu bisa mendapatkan ponsel terbaru dengan banderol harga sekitar Rp 3 jutaan lengkap dengan koneksi jaringan 5G.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A13 5G

  • Nama Produk: Samsung Galaxy A13 5G
  • Rilis: 3 Desember 2021 (Amerika Serikat)
  • Berat: 195 gram (g)
  • Dimensi: 164,5 × 76,5 × 8,8 mm
  • Material: depan kaca, belakang plastik, bingkai plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS LCD 6.5 inci (rasio layar ke bodi ~81.1%)
  • Resolusi Layar: Resolusi HD 720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (~270 ppi)
  • Chipset: MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G57 MC2
  • RAM: 4 GB
  • Sistem Operasi: Android 11, One UI
  • Memori Internal: 64 GB
  • Kamera Belakang: 50 MP (f/1.8, wide, PDAF) + 2 MP (f/2.4, macro) + 2 MP (f/2.4, depth)
  • Kamera Depan: 5 MP (f/2.0, wide)
  • Bluetooth: 5.1, A2DP, LE
  • Sensor: Fingerprint (side-mounted), unspecified sensors
  • Baterai: 5.000mAh non-removable (fast charging 15W)
  • Harga Konversi: Rp3.500.000

Kelebihan Samsung Galaxy A13 5G

Kelebihan Samsung Galaxy A13 5G

Samsung Galaxy A13, ponsel pintar terbaru yang dirilis di penghujung tahun 2021 ini, hadir dengan berbagai keunggulan. Mulai dari kamera, baterai, ruang penyimpanan yang besar, hingga refresh rate 90 Hz. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Triple Camera 50 MP

Samsung Galaxy A13 memiliki triple camera yang disusun secara horizontal, hampir mirip dengan seri-seri pendahulunya. Kamera belakangnya memiliki kualitas di atas rata-rata untuk ponsel dengan harga tiga jutaan, yaitu sensor utama 50 MP (f/1.8, wide, PDAF), dengan kamera makro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

2. Didukung Sinyal 5G

Tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan rekan kerja kini bisa lebih cepat dengan konektivitas 5G. Samsung terus berinovasi untuk mengeluarkan produk smartphone canggih dengan sinyal 5G yang memiliki pemrosesan data lebih cepat.

Samsung Galaxy A13 5G bisa dibilang kini sebagai smartphone 5G Samsung yang paling terjangkau. Dengan konektivitas 5G. panggilan video, game, dan streaming di Galaxy A13 5G lancar tanpa ngelag!

3. Layar IPS LCD, Refresh Rate 90 Hz

Para produsen ponsel, termasuk Samsung tentunya mengunggulkan kualitas layarnya agar para pengguna nyaman untuk memakainya sehari-hari.

Ponsel Samsung Galaxy A13 memiliki layar IPS LCD berukuran 6.5 inci dengan rasio layar ke bodi ~81.1%. Resolusi layar ponsel ini, yakni berkualitas HD 720 x 1600 piksel dengan rasio 20:9 (~270 ppi).

Untuk scrolling lebih responsif, Samsung Galaxy A13 memiliki refresh rate hingga 90 Hz yang nyaman digunakan untuk scrolling dan responsif digunakan saat bermain game.

Selain itu, Samsung melapisinya dengan Corning Gorilla Glass 3 yang tahan akan berbagai goresan dengan bobot ponsel hanya 195 gram (g), yang tergolong tipis dan ringan.

4. Chipset Unggul MediaTek Dimensity 700

Dari segi performa, ponsel ini memakai chipset terkini yang mendukung konektivitas 5G, yakni MediaTek Dimensity 700. Chipset 7nm ini memiliki delapan inti core dengan menggabungkan dua ARM Cortex-A76 berkecepatan hingga 2,2GHz untuk memacu kinerjanya dan enam Cortex-A55 2,0GHz sebagai penghemat daya.

GPU ponsel ini ditenagai oleh ARM Mali-G57 MC2 berfrekuensi 950MHz yang dapat menayangkan video berkualitas hingga 2K pada 30fps untuk layar hingga 2520 x 1080 piksel dan 90Hz.

Selain itu, chipset ini memiliki teknologi hemat daya bernama Ultra Save yang dapat membuat ponsel bekerja secara optimal tanpa menghabiskan banyak daya baterai.

5. Baterai Jumbo 5.000 mAh

Ponsel Samsung Galaxy A13 5G memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh dengan fitur fast charging 15W. Kapasitas baterai Li-Ion 5000 mAh, non-removable memberikan perangkat cadangan baterai yang baik dan juga jangka pemakaian dalam waktu yang cukup lama.

6. Ruang Penyimpanan Lega

Ruang penyimpanan adalah salah satu aspek yang dibutuhkan saat membeli sebuah handphone untuk menyimpan file, video, musik, dan gambar dengan jumlah yang banyak.

Samsung Galaxy A13 5G memiliki ruang penyimpanan hanya 64GB, namun uniknya ponsel ini memiliki slot kartu memori yang bisa kamu gunakan hingga kapasitas 1TB.

7. Memiliki Fitur NFC

Kelebihan lain dari ponsel ini adalah adanya fitur Near Field Communication (NFC). NFC membutuhkan dua perangkat yang masing-masing kompatibel dengan fitur ini, satu bertindak sebagai transmitter dan satu penangkap sinyal.

Fitur NFC memudahkan kamu dalam bertransaksi digital, cek dan top up saldo uang elektronik, transfer file, serta masih banyak lagi.

8. Harga Terjangkau

Samsung Electronic America merilis Samsung Galaxy A13 5G pada tanggal 3 Desember dengan harga 249,99 atau setara Rp 3,5 juta. Hal ini menjadikan ponsel Samsung Galaxy A13 5G menjadi smartphone dari Samsung yang memiliki konektivitas 5G dengan harga yang dibanderol cukup terjangkau.

Kekurangan Samsung Galaxy A13 5G

Kekurangan Samsung Galaxy A13 5G

Setiap produk tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Ponsel seri terbaru dari Samsung ini juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu sebagai berikut:

1. Belum Memiliki Sertifikasi Anti Air dan Debu

Samsung Galaxy A13 belum memiliki sertifikasi tahan air dan debu. Kamu perlu berhati-hati untuk tidak menyimpannya di tempat yang berdebu apalagi cukup basah. Ponsel ini belum memiliki sertifikasi IP53 atau IP68, yang artinya ponsel ini tidak memiliki resistensi terhadap debu dan percikan air.

2. Tidak Ada Perubahan Desain

Seperti yang kita ketahui, sepanjang tahun 2021 ini Samsung cukup gencar untuk mengeluarkan berbagai produk baru dengan inovasi-inovasi terbarunya. Dalam seri S atau Z, Samsung mengeluarkan beberapa produk dengan desain yang unik, bahkan ada yang flip dan fold.

Namun, dalam kelas entri dan mid range, Samsung terbilang tidak banyak berinovasi dalam pembuatan desain ponselnya. Produk-produk terbaru seri M dan seri A kebanyakan memiliki desain tiga kamera yang disusun horizontal atau empat kamera yang disusun rapi di kiri atas bodi ponsel.

Hal ini juga terjadi pada produk terbaru Samsung, yakni Galaxy A13 yang memiliki susunan kamera belakang yang disusun secara horizontal, sama seperti seri-seri sebelumnya. Perbedaan dari seri ini hanyalah perbedaan spesifikasi dan ukuran ponselnya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A13 5G yang perlu kamu ketahui. Dengan dukungan 5G dan harga yang terjangkau, pastinya akan membuat ponsel ini banyak diminati oleh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button