HP Realme C21Y: Intip Kelebihan dan Kekurangannya

Teknatekno.com – HP Realme C21Y hadir sebagai ponsel besutan Realme yang mengisi segmen HP terbaru harga 1 jutaan yang menarik dengan berbagai fiturnya yang cukup lengkap.

Salah satu ponsel yang hadir di pertengahan 2021 ini bisa kamu gunakan untuk belajar di rumah atau selama Work From Home. Spesifikasi HP Realme C21Y ini juga memudahkan segala aktivitas kamu dengan kapasitas baterai yang besar, kamera yang cerah dan tajam, serta layar yang lega untuk kamu beraktivitas sehari-hari.

Selain itu, HP Realme C21Y memiliki sertifikasi ketahanan tingkat tinggi, sehingga cocok untuk kamu yang mencari ponsel ramah di kantong dan juga awet. Apa saja kelebihan yang lainnya? Simak berikut ini!

Setiap ponsel tentunya memiliki beberapa kelebihan yang mendukung kinerja ponsel tersebut, namun, tidak menutup kemungkinan memiliki kekurangan juga.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C21Y

Kelebihan HP Realme C21Y

Memiliki harga yang terjangkau, Realme C21Y dilengkapi berbagai kelebihan yang menggiurkan untuk sekelas ponsel 1 jutaan. Berikut kelebihannya:

1. Kapasitas Baterai Besar

Ponsel menjadi perangkat elektronik utama untuk berkomunikasi jarak jauh pada saat ini. Oleh karena itu, kapasitas baterai ponsel seringkali dipertimbangkan oleh calon pembeli agar bisa dipakai seharian.

Realme C21Y memiliki kapasitas baterai yang besar, lho. Dengan kapasitas baterai 5000 mAh, ponsel ini dapat bertahan seharian untuk membantu aktivitas sehari-hari.

Tidak perlu khawatir baterai akan cepat habis, HP ini memiliki Super Power Saving Mode yang bisa kamu aktifkan untuk menghemat daya saat baterai akan habis.

2. Triple Camera dengan Banyak Fitur

Smartphone masa kini rata-rata minimal memiliki tiga buah kamera belakang untuk hasil foto yang lebih baik dan detail. Realme C21Y dilengkapi triple camera untuk menangkap foto pemandangan lebih jelas.

Ponsel ini memiliki kamera utama 13MP yang menghasilkan foto lebih tajam, 2MP lensa B&W, dan juga 2MP lensa makro untuk mengambil foto close up, landscape, dan juga potrait.

Kecanggihan kamera ini dilengkapi berbagai fitur terkini, seperti fitur Super Nightscape yang dapat menangkap keindahan malam hari yang memiliki cahaya minim, dilengkapi fitur Chroma Boost yang menghasilkan foto lebih cerah dan colorful, dan AI Selfie Camera untuk kamu berswafoto ria.

3. Layar Lega 6,5 Inci

Untuk kamu yang menyukai layar ponsel lega, Realme C21Y bisa menjadi pilihan yang tepat. Ponsel ini memiliki layar seluas 6.5 inci, perbandingan layar 20:9, dan juga rasio layar 89.5%. Realme C21Y memiliki layar HD+ yang memberikan pengalaman lebih baik saat streaming video atau bermain game.

4. Aman dengan Fingerprint

Ponsel terbaru tahun 2021 rata-rata memiliki sistem keamanan cukup baik dengan fingerprint. Realme C21Y mengikuti kecanggihan teknologi saat ini dengan menyematkan fingerprint sebagai sistem keamanan ponselnya. Sensor fingerprint tentunya akan memberikan kepraktisan sekaligus keamanan yang tinggi dalam ponsel.

5. Didukung Android Terbaru

Kecanggihan Android semakin hari berkembang dengan cepat. Realme C21Y didukung sistem operasi Android 10 yang lebih cepat dan canggih. Sistem operasi ini mendukung smart reply yang memungkinkan kamu membalas pesan dari pop up notifikasi yang muncul.

Kamu juga bisa mengaktifkan dark mode, melihat digital wellbeing yang lengkap, dan juga mode fokus. Sistem operasi ini memberikan privasi data yang lebih baik dari versi sebelumnya.

6. Desain Geometric Art yang Unik

Tak hanya “jeroan” ponselnya yang berkualitas baik, Realme C21Y juga memiliki desain yang unik. Dengan pilihan warna cross black dan cross blue, ponsel ini memiliki desain geometric art yang unik. Desain garis-garis silang ini akan memberikan kesan yang dinamis, kuat, dan melindungi dari noda sidik jari.

7. Memiliki Sertifikasi TÜV Rheinland

Realme C21Y telah melewati sertifikasi ketahanan smartphone tingkat tinggi dari TÜV Rheinland. Ini menyuguhkan ketahanan dan kekuatan ponsel yang baik karena telah melewati 3 tahun skenario pengujian didasarkan pada siklus hidup smartphone.

Selain itu, ada juga 10 skenario pengujian penggunaan sehari-hari, 6 skenario pengujian ketahanan komponen, dan juga 7 skenario pengujian lingkungan ekstrem. Jadi Realme C21Y bisa dipastikan kuat dan tahan dalam berbagai cuaca dan kondisi.

Kelebihan HP Realme C21Y

Kekurangan HP Realme C21Y

Setiap ponsel pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri sebagai bahan pertimbangan saat ingin membeli ponsel baru. Berikut ini kekurangan Realme C21Y yang perlu kamu ketahui:

1. Tidak Memiliki Fitur NFC

NFC (Near Field Communication) adalah sebuah fitur yang biasa digunakan untuk transfer data jarak dekat dan juga sistem pembayaran digital yang praktis.

Untuk kamu yang sering memakai fitur NFC untuk kepraktisan dalam pembayaran, hal ini patut dipertimbangkan saat kamu membeli ponsel Realme C21Y.

2. Belum Mendukung Fast Charging

Fitur fast charging yang disematkan dalam ponsel dapat mempercepat pengisian daya sehingga kamu dapat bergabung ke dalam meeting atau pembelajaran online tanpa waktu yang lama.

Sayangnya, Realme tidak menyematkan fitur fast charging ke dalam koleksi ponselnya yang satu ini. Namun, kamu jangan khawatir, kapasitas baterai 5.000 mAh yang besar dan fitur Super Power Saving Mode sudah bisa membantunya untuk aktif dalam waktu lama.

3. Chipset Standar

Chipset bukan menjadi fokus utama dalam ponsel ramah di kantong ini. Realme C21Y memiliki keunggulan di dalam bagian lainnya, seperti ketahanan ponsel yang tinggi dan juga kapasitas baterai yang besar.

Ponsel ini ditenagai oleh chipset Unisoc T610 dilengkapi fabrikasi 12nm yang menawarkan ketahanan ponsel cukup lama, bahkan hingga 48 hari dalam posisi standby.

Ketika baterai handphone tersisa hanya 5%, Super Power Saving Mode bisa kamu aktifkan untuk penggunaan telepon sampai 2,2 jam maupun memutar musik hingga 6 jam. Chipset ini dapat digunakan untuk bermain game-game kasual yang cukup ringan.

FAQ Seputar HP Realme C21Y

FAQ

Berikut pertanyaan seputar HP Realme C21Y.

Berapa Harga HP Realme C21Y sekarang?

Harga Realme C21Y terbaru di Indonesia adalah Rp 1,6 juta untuk model 3 GB/32 GB dan Rp 1,8 juta untuk varian 4 GB/64 GB.

Apakah Realme C21Y Bagus Untuk Game?

Jika kamu menginginkan layar ponsel yang besar, Realme C21Y mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk kamu. Ponsel ini memiliki layar 6,5 inci dengan rasio layar 20:9 dan rasio layar 89,5%. Realme C21Y menawarkan layar HD+, yang meningkatkan pengalaman menonton dan bermain game.

Apakah Realme C21Y Anti Air?

Gadget ini tahan terhadap debu dan air.

Apakah Realme C21Y Fast Charging?

Realme C21Y tidak memungkinkan pengisian cepat atau fast charging.

Realme C21Y Apakah Ada Sidik Jari?

Ada sensor sidik jari di bagian belakang, serta akselerometer, sensor jarak, dan kompas.

BACA JUGA:

Rekomendasi HP Samsung Terbaru 2022 Series Galaxy
Rekomendasi HP Infinix Terbaik dari Mid-Range Sampai Flagship
Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik dengan Layar Amoled

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai kelebihan dan kekurangan HP Realme C21Y yang perlu kamu ketahui. Untuk lebih jelasnya lagi berikut kami simpulkan untuk kamu.

Kelebihan:

  • Memiliki layar yang lebar
  • Adanya sertifikasi dari firma inspeksi TÜV Rheinland
  • Resolusi kamera belakangnya 13 MP
  • Memiliki Slot SIM dan Jack Audio
  • Kapasitas baterai sebesar 5000 mAh

Kekurangan:

  • Tidak memiliki lensa ultrawide dan fitur NFC
  • Masih mengandalkan port microUSB
  • Belum mendukung fast charging

Related Articles

Back to top button