Realme GT Master Edition: Intip Kelebihan dan Kekurangannya

Teknatekno.com – Realme GT Master Edition menjadi smartphone 5G kelas menengah yang hadir di Indonesia pertengahan 2021 yang lalu. Datang dengan slogan “Mastery Beyond Speed”, Realme GT Master Edition digadang-gadang merupakan sebuah smartphone 5G sebagai flagship killer paling stylish.

Dan tentunya memiliki nilai jual terbaik, karena varian ini ditawarkan dengan harga lebih terjangkau dengan desainnya yang unik.

Tampilannya adalah kreasi dari Naoto Fukasawa, perancang industrial yang terinspirasi dari bentuk koper. Berdasarkan spesifikasi Realme GT Master Edition, ponsel ini pantas dijuluki sebagai flagship killer.

Kelebihan Realme GT Master Edition

Kelebihan Realme GT Master Edition

Ponsel Realme yang rilis di Indonesia dengan harga Rp 5 jutaan ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya sebagai berikut:

1. Desain Unik dan Ramping

Seperti telah dibahas sedikit di atas, ponsel ini memiliki desain yang sederhana, ramping, namun unik. Gayanya adalah hasil dari rancangan Naoto Fukasawa. Ia seringkali terlibat kerjasama soal desain dengan retail asal Jepang, yakni MUJI.

Bagian belakang GT Master Edition sendiri terbuat dari kulit sintetis dan memiliki pola seperti koper. Ponsel ini juga memiliki bobot yang ringan, yaitu 174 gram atau 178 gram tergantung pilihan warna.

2. Chipset di Atas Kelasnya

Realme GT Master Edition dilengkapi oleh chipset Snapdragon 778G dari Qualcomm. Chipset ini merupakan chipset baru dan aslinya diciptakan untuk ponsel diantara kelas menengah dan tinggi.

Chipset ini memiliki performa 40% lebih bertenaga dibanding generasi sebelumnya. Chipset bertenaga ini juga dilengkapi oleh fitur-fitur yang dimiliki chipset Snapdragon di kelas yang lebih tinggi seperti Variable Rate Shading (VRS).

3. Layar AMOLED dengan Refresh Rate 120Hz

Realme GT Master Edition memiliki layar berukuran 6.43 inci, dengan panel AMOLED dan resolusi full HD+ yang dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik. Selain itu, layarnya dilengkapi oleh refresh rate 120Hz. Fitur ini membuat layar 2x lebih mulus dibanding ponsel sejenis lainnya yang hanya memiliki refresh rate 60Hz.

4. Wi-Fi 6 + Jaringan 5G + NFC

Jika koneksi internet yang cepat sangat penting untuk kamu, kamu pasti puas dengan Realme GT Master Edition. Ponsel ini mendukung koneksi Wi-Fi 6 yang dapat memberikan kecepatan yang lebih tinggi. Tapi kamu juga harus menggunakan router yang mendukung Wi-Fi 6.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi oleh fitur NFC yang memudahkan transaksi digital dan jaringan 5G yang memberikan koneksi internet yang lebih cepat juga.

5. Fitur Dynamic RAM Expansion

Ponsel ini tersedia dengan varian yang sudah cukup besar, yaitu RAM 6GB atau 8GB. Yang membuat device ini lebih menarik adalah fitur Dynamic RAM Expansion, yang bisa kamu gunakan untuk memperbesar RAM hingga 5GB.

6. Kapasitas Baterai dan Fast Charging 65W

Kapasitas baterai yang ditawarkan ponsel ini sudah cukup besar dengan kapasitas 4.300 mAh. Kapasitas ini bisa dikatakan cukup besar untuk ponsel seharga ponsel ini.

Tapi fitur yang paling menarik adalah fitur fast charging yang mencapai 65W. Dengan fitur ini, kamu bisa mengisi daya ponsel kamu dengan penuh hanya dalam waktu 30 menit.

7. Tersedia Slot Dual SIM

Untuk kamu yang memiliki lebih dari satu nomor, ponsel ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Realme GT Master Edition dilengkapi oleh slot Dual Nano-SIM. Memungkinkanmu memakai dua nomor yang berbeda dalam satu ponsel.

Realme GT Master Edition

Kekurangan Realme GT Master Edition

Meskipun ponsel ini memiliki beberapa kelebihan yang menarik, tentunya dengan harga yang terjangkau, ponsel ini masih memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini kekurangan dari Realme GT Master Edition yang bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum membelinya:

1. Tidak Ada Slot MicroSD

Ponsel ini tidak dilengkapi oleh slot microSD tambahan. Sehingga, kamu tidak dapat menambah kapasitas memori dari ponsel ini. Namun, ini bukan merupakan masalah yang besar, karena kapasitas memori bawaan dari ponsel ini sudah cukup besar dengan ukuran 128GB atau 256GB.

2. Performa Kamera Rendah di Kondisi Gelap

Ponsel ini dilengkapi oleh 3 kamera belakang dan 1 kamera depan. Kamera-kamera yang tersedia ini dapat menghasilkan foto dan video yang cukup bagus.

Namun, performa kamera menurun dalam kondisi gelap. Jika tidak ada pencahayaan yang cukup, kualitas dari fotonya tidak terjaga dan terlihat kurang nyata.

3. Tidak Dilengkapi Gorilla Glass

Gorilla Glass merupakan lembaran kaca yang dapat meningkatkan ketahanan layar kamu. Ponsel ini tidak dilengkapi proteksi Gorilla Glass. Melainkan dilindungi oleh DragonTrail Glass. Namun, ketahanannya tentu tetap terjaga, asal tidak terkena benturan keras.

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar Realme GT Master Edition.

Realme GT Master Edition Apakah Tahan Air?

GT Master Edition memiliki desain kulit vegan yang tak tertandingi di pasar smartphone. Kulit vegan merupakan bahan yang bersifat ramah lingkungan, terbuat dari kulit sintetis yang mirip dengan kulit asli, lebih tahan pemakaian, tidak mudah lapuk, dan lebih tahan air.

Berapa Snapdragon Realme GT Master?

GT Master Edition ditenagai oleh chipset Snapdragon 778G baru dari Qualcomm.

Apakah Realme GT Master Edition Sudah 5G?

Realme telah mengumumkan GT Master Edition sebagai smartphone 5G di kisaran harga menengah ke atas.

Apakah Realme GT Master Ada NFC?

GT Master Edition memiliki layar Super AMOLED 120Hz yang besar, SuperDart Charge 65W, dan NFC multifungsi.

Apakah Realme GT Master Edition Menggunakan Gorilla Glass?

Realme GT Master Edition tidak memiliki perlindungan Gorilla Glass.

BACA JUGA:

Realme GT Neo 3T Rilis di Indonesia, Bawa Fitur Fast Charging 80W
Realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition Siap Jadi Teman Gaming
Realme Narzo 50 Pro 5G Meluncur, Usung Chipset Dimensity 920

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari HP Realme GT Master Edition yang perlu kamu ketahui. Untuk lebih jelasnya lagi berikut kami simpulkan untuk kamu.

Kelebihan:

  • Memiliki layar super AMOLED dengan refresh rate 120 Hz
  • Desain bodi belakang unik seperti koper
  • Hasil foto memukau berkat triple camera 64 MP
  • Mendukung fast charging 65 W
  • Dilengkapi chipset Snapdragon 778G

Kekurangan:

  • Tidak memiliki dual stereo speaker
  • Tidak memiliki slot memori eksternal
  • Tanpa kaca pelindung dan sertifikasi IP

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button