Rekomendasi Situs Baca Komik dan Manga Legal

Teknatekno.com – Di era digital ini, banyak sekali situs baca komik dan manga yang bisa kamu manfaatkan untuk membaca komik atau manga secara online. Dengan modal smartphone dan internet, kamu bisa menikmati manga dan manhwa di mana saja dan kapan saja.

Bagi Teknozen yang ingin menghargai dan mengapresiasi karya para komikus, kamu bisa membaca hasil kerja mereka di aplikasi atau situs baca komik legal. Berikut ini Teknatekno telah merangkum beberapa aplikasi atau situs baca komik legal untuk kamu.

Aplikasi atau Situs Baca Komik Legal

Berikut adalah rekomendasi situs baca komik dan manga yang bisa kamu akses secara legal atau kamu download di Smartphone kamu:

Aplikasi atau Situs Baca Komik Legal

1. Manga Plus – Situs Baca Komik

Manga Plus adalah situs yang disediakan oleh penerbit majalah manga ternama, Shueisha. Situs ini memiliki range koleksi manga yang cukup beragam. Beberapa manga populer seperti Boruto, Death Note, Tokyo Ghoul hingga manga klasik seperti Dragon Ball pun tersedia di sini.

Yang paling menarik adalah koleksi manga di situs ini di-update sesuai dengan jadwal rilis manga-nya di Jepang. Sehingga, kamu tidak perlu lagi menunggu lama untuk membaca update terbaru dari manga kesayangan kamu.

MangaPlus juga memberikan bagian dari ad-revenue yang tayang di situs ini kepada para mangaka. Selain bisa dinikmati melalui website resmi Manga Plus yaitu mangaplus.shueisha.co.jp, juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh oleh pengguna iOS maupun Android.

2. Crunchyroll – Situs Baca Komik dan Manga

Crunchyroll ini merupakan salah satu situs penyedia manga dan anime yang terkenal di kalangan fans Japanese Culture. Situs baca komik ini memiliki cukup banyak koleksi manga populer, seperti Attack on Titan, Seven Deadly Sins, Fairy Tail, The Grim Reaper and an Argent Cavalier dan masih banyak lagi.

Selain itu, Crunchyroll juga menyediakan forum di mana pengguna bisa berdiskusi, review, hingga menanyakan hal-hal seputar anime atau manga. Layanan-layanan yang terdapat di situs Crunchyroll yaitu crunchyroll.com ini bisa dinikmati secara gratis.

Namun, terdapat banyak batasan untuk free membership, seperti tidak bisa membaca atau menonton konten-konten premium. Jadi, jika kamu ingin mengakses anime dan manga tanpa batas, kamu bisa berlangganan premium membership mulai dari $7.99 atau sekitar Rp 100.000-an untuk setiap bulannya.

Untuk memudahkan pengguna mengakses manga via mobile, Crunchyroll juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store.

3. ComicWalker – Situs Baca Komik

ComicWalker merupakan salah satu situs penyedia layanan membaca komik secara bebas alias gratis. ComicWalker ini diluncurkan pada tahun 2014 oleh penerbit manga terkenal Kodokawa.

Situs ComicWalker yaitu comic-walker.com ini menyediakan beberapa fitur tambahan seperti “Favourite” yang bisa memudahkan pengguna untuk mengakses kembali manga kesukaan kamu. Lalu terdapat juga fitur “Calendar” di mana pengguna bisa melihat tanggal update dari koleksi manga yang tersedia di situs ini.

ComicWalker memiliki range koleksi manga klasik hingga baru, seperti Mobile Suit Gundam The Origin, Cross Ange: Rondo of Angels and Dragons, Sword Art Online Fairy Dance. Koleksi manga tersebut bisa diakses di situs ComicWalker secara gratis dan legal.

4. ComiXology – Situs Baca Komik dan Manga

ComiXology merupakan layanan penyedia komik digital yang dikelola oleh Amazon. Berbeda dari situs sebelumnya yang hanya menyediakan komik keluaran Jepang, koleksi yang disediakan oleh comiXology sangat luas.

Mereka menyediakan komik-komik yang diterbitkan oleh DC, Marvel, Image, Archie, Fantagraphics, Dark Horse, komik-komik terbitan Jepang lainnya, hingga komik orisinil ComiXology.

Komik digital yang mereka sediakan dirilis bersamaan dengan edisi komik dalam bentuk printed. Lalu, komik-komik yang mereka sediakan juga sudah dalam kualitas high definition.

Lewat comiXology, kamu bisa membeli komik-komik kesayangan kamu dalam bentuk digital ataupun berlangganan layanan ComiXology unlimited dimana kamu bisa mengakses koleksi komik mereka secara bebas.

Untuk berlangganan layanan ComiXology unlimited kamu akan dikenakan tarif sebesar $5.99 atau sekitar Rp 89.000 setiap bulannya. Seluruh koleksi komik digital ComiXology ini bisa di cek melalui website ComiXology yaitu support.comixology.com ataupun via aplikasi yang tersedia untuk iOS, Android dan Kindle Fire Amazon.

5. Book Walker – Situs Baca Komik dan Manga

Book Walker merupakan situs milik Kodokawa di mana kamu bisa membeli dan membaca digital manga dan light novel. Layanan yang mereka tawarkan sama seperti ComiXology, namun mereka hanya menyediakan manga dan light novel.

Genre yang disajikan di sini juga sangat lengkap, mulai dari drama, komedi, aksin, horor, fantasi, hingga shoujo. Sehingga, manga yang kamu ingin baca atau beli kemungkinan besar ada di sini. Selain itu, ada beberapa judul komik di situs ini yang bisa dibaca dengan gratis.

Koleksi Book Walker ini bisa dibaca melalui website Book Walker yaitu global.bookwalker.jp, dengan meng-klik “Read on Browser Viewer” pada komik sudah yang dibeli atau di-download. Selain itu, Book Walker juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play dan App Store.

Situs Baca Komik Legal

6. Line Webtoon – Situs Baca Komik dan Manga

Sebagian besar dari kamu pasti sudah mengenal platform layanan baca komik digital asal Korea ini. Bagaimana tidak, hingga saat ini pengguna platform Webtoon tercatat sudah mencapai lebih dari 62 juta pengguna.

Saking populernya, beberapa cerita dari Webtoon bahkan sudah diadaptasi ke dalam beberapa judul drama Korea, seperti Cheese in the Trap, My ID is Gangnam Beauty dan masih banyak lagi.

Agar pengguna merasa nyaman saat membaca, situs ini menyediakan webtoon dengan kualitas gambar high definition, ceritanya pun bisa dengan mudah di-scroll serta yang paling menarik adalah terdapat tambahan sound effect pada beberapa judul webtoon.

Semua layanan membaca komik digital atau webtoon ini bisa diakses secara cuma-cuma melalui website Webtoon yaitu webtoons.com dan juga aplikasi yang tersedia untuk iOS dan Android.

7. KakaoPage – Situs Baca Komik

Rekomendasi selanjutnya masih dari platform webtoon original yaitu, KakaoPage. Jika Line Webtoon disediakan oleh Naver, KakaoPage ini dibawahi oleh Kakao Corp. Sama seperti Line Webtoon, koleksi webtoon milik KakaoPage juga sudah ada yang diadaptasi dalam drama, salah satu contohnya adalah Itaewon Class.

Lalu, KakaoPage ini juga sudah dilengkapi dengan fitur download, sehingga pengguna bisa membaca webtoon secara offline. Koleksi webtoon original KakaoPage ini bisa dengan mudah didapatkan di website KakaoPage yaitu kakaopage.co.id ataupun via aplikasi yang bisa diunduh di App Store dan Google Store.

8. Tapas – Situs Baca Komik dan Manga

Tapas merupakan salah satu situs penyedia komik online dengan berbagai genre, mulai dari horor, komedi, romantis, hingga fiksi ilmiah. Tapas bisa digunakan sebagai platform untuk kamu yang ingin membagikan cerita loh.

Tidak hanya menyediakan komik, tapas juga menyediakan novel web. Komik yang terbit di Tapas bisa dibaca secara gratis dan ada juga komik premium yang berbayar. Bagi kamu yang ingin membaca komik dan novel melalui Tapas, kamu bisa membacanya di situs resmi Tapas yaitu tapas.io. Selain itu, Tapas pun tersedia di App Store dan Google Play Store.

9. Marvel Unlimited – Situs Baca Komik dan Manga

Marvel Unlimited adalah platform resmi baca komik terbitan Marvel. Sudah lebih dari 25 ribu komik yang disajikan, untuk kamu yang ingin membaca secara gratis dan berbayar. Setiap minggunya, Marvel Unlimited secara rutin menambahkan komik baru.

Untuk komik berbayar, kamu akan dikenakan tarif mulai dari Rp990 ribu per tahun hingga Rp1,4 juta. Namun, harga tersebut belum termasuk pajak. Kamu bisa mengakses melalui situs resmi Marvel yaitu www.marvel.com atau bisa mengunduh aplikasi melalui App Store dan Google Play Store.

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar situs baca komik dan manga.

Apakah Manga Termasuk Komik?

Manga adalah komik atau novel grafis yang diterbitkan di Jepang atau memakai bahasa Jepang dengan gaya akhir abad kesembilan belas.

Manga dan Anime Apa Bedanya?

Anime adalah animasi bergerak, sedangkan Manga adalah komik yang digambar pada sebuah buku.

Apa Saja Jenis Jenis Komik?

  1. Komik kartun
  2. Komik potongan (comic strip)
  3. Komik tahunan (comic annual)
  4. Komik online (web comic)
  5. Komik ringan (comic simple)
  6. Buku komik (comic book)

Apa Nama Komik Asal Jepang?

Manga adalah istilah untuk komik asal Jepang yang telah mendapat pengakuan internasional. Manga tidak hanya populer di Jepang, tetapi juga diterbitkan di banyak negara lain mulai dari Amerika Serikat hingga Indonesia. Manga adalah salah satu industri terpenting dan terbesar di Jepang.

Apa Unsur Utama Komik?

  1. Space
  2. Image
  3. Teks
  4. Colour
  5. Voice, Sound, Audio.

Kesimpulan

Demikianlah rekomendasi aplikasi atau situs baca komik dan manga yang bisa kamu akses secara legal. Dengan menggunakannya secara legal, secara tidak langsung kamu sudah menghargai dan mengapresiasi karya-karya pembuatnya.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button