Mengenal BTC Dominance Serta Cara Menghitungnya

Teknatekno.com – Dominasi Bitcoin atau Bitcoin (BTC) Dominance adalah ukuran seberapa besar kapitalisasi pasar total kripto terdiri dari Bitcoin (BTC). Sebagai seorang trader baru, kamu harus mengetahui salah satu metrik yang kerap diperhatikan oleh trader berpengalaman, yaitu Bitcoin (BTC) Dominance.

Lalu, sbebenarnya apa sih BTC Dominance itu? Seberapa penting metrik Bitcoin Dominance ini serta bagaimana cara mengetahui dan menghitungnya? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Mengenal BTC Dominance

Bitcoin (BTC) Dominance atau Dominasi BTC adalah nilai yang mengukur seberapa besar kapitalisasi pasar dari aset terkemuka Bitcoin dan aset kripto lainnya secara keseluruhan.

Melalui metrik ini, kamu dapat mengetahui apakah altcoin sedang berada dalam tren turun atau tren naik terhadap BTC. Ketika dominasi BTC meningkat, altcoin cenderung kehilangan nilai terhadap BTC. Begitu pun sebaliknya.

Dalam kebanyakan kasus, penurunan (downtrend) yang curam dan konsisten dalam Bitcoin Dominance sering terjadi saat bull market. Bull market yang intens cenderung akan mendorong nilai kapitalisasi dari altcoin lebih tinggi daripada kapitalisasi milik Bitcoin.

Kendati begitu, Bitcoin Dominance tidak selalu secara langsung dipengaruhi oleh bull market atau bear market. Pasalnya, Bitcoin Dominance adalah rasio, bukan istilah yang absolut. Jadi, jika harga Bitcoin turun dan aset kripto lainnya juga mengalami hal serupa, maka dominasi Bitcoin kemungkinan akan tetap sama.

Cara Menghitung Bitcoin (BTC) Dominance

Cara menghitung Bitcoin Dominance mudah. Kamu hanya perlu membagi total kapitalisasi pasar milik BTC dengan total kapitalisasi pasar semua aset digital.

Adapun rumus menghitung BTC Dominance sebagai berikut:

Total kapitalisasi pasar Bitcoin (BTC) ÷ Total kapitalisasi pasar dari seluruh aset cryptocurrency

Jadi, apabila total kapitalisasi dari seluruh aset kripto di pasar adalah 100 miliar dolar AS, sementara total kapitalisasi milik Bitcoin adalah 70 miliar dolar AS. Maka, nilai dari Bitcoin Dominance setelah dihitung adalah 70 persen.

Cara Melihat BTC Dominance

Metrik Bitcoin Dominance dapat kamu lihat di situs resmi CoinMarketCap. Metrik ini bisa kamu gunakan untuk melihat total kapitalisasi Bitcoin terhadap total kapitalisasi seluruh aset kripto lainnya sejak tahun 2013 hingga saat ini.

Perjalanan BTC Dominance dari Tahun ke Tahun

Perjalanan BTC Dominance dari Tahun ke Tahun

Mengutip dari CoinMarketCap, dikarenakan di tahun 2013 Bitcoin belum memiliki banyak penantang di pasar kripto, nilai BTC Dominance berhasil mencapai 94 persen.

Kendati begitu di tahun 2017, nilai BTC Dominance mulai mengalami perubahan ke angka 85,4 persen, setelah Altcoin season dimulai (ETH memiliki pangsa 5,7 persen dan XRP berada di nilai 1,1 persen).

Selanjutnya, pada bulan Juni 2017, nilai Bitcoin Dominance mengalami penurunan menjadi hanya 40 persen saja. Penurunan sebagian nilai Bitcoin Dominance ini disebabkan oleh lukuiditas yang kala itu berpindah ke token ERC-20. Dari sinilah, istilah “Flippening” atau perebutan mahkota teratas sebagai aset kripto terkemuka dimulai.

Pada tahun selanjutnya, Bitcoin Dominance berada di nilai terendahnya sebesar 32,8 persen saat bear market dimulai. Ternyata, bukan hanya nilai Bitcoin Dominance saja yang mengalami kehancuran, Altcoin season juga secara resmi berakhir.

Hal ini ditandai dengan banyak investor pemula yang kehilangan banyak uang mereka, karena beberapa proyek ICO yang crash. Pada September 2019, BTC Dominance kembali memperoleh nilai tertinggi sebesar 70 persen. Namun, kecil kemungkinan kita akan melihat BTC menembus level ini lagi.

Bitcoin Dominance vs Ethereum Dominance

Memiliki kemiripan dengan Bitcoin Dominance, Ethereum Dominance adalah metrik yang mengukur nilai kapitalisasi pasar milik Ethereum dibandingkan dengan total kapitalisasi pasar aset kripto secara keseluruhan.

Mengutip dari Yahoo Finance, kapitalisasi Ethereum pada awal Januari 2022 semakin mendekati nilai dari kapitalisasi milik Bitcoin. Beberapa analis menyebut pertempuran untuk mahkota teratas kripto sebagai “The Flippening.”

Selama satu tahun kemarin di 2021, Ethereum telah berhasil mengalami penguatan dibandingkan dengan Bitcoin. Banyak pihak menilai, kenaikan kapitalisasi pasar milik Ethereum, menunjukkan banyak investor yang mulai mencari peluang potensial untuk pengembalian di luar Bitcoin.

Kendati begitu, berdasarkan data Dominance terkini di CoinMarketCap, nilai Bitcoin Dominance adalah nilai 42 persen. Nilai Bitcoin Dominance ini, tentunya mengungguli Ethereum yang hanya mencapai 17,2 persen.

Bitcoin Dominance vs Altcoin Dominance

Seperti yang sempat disinggung pada penjelasan di atas, melalui Bitcoin Dominance, kamu dapat mengetahui posisi tren altcoin di pasar kripto.

Jadi, singkatnya apabila nilai Bitcoin Dominance pada grafik mengalami peningkatan, maka altcoin akan mengalami penurunan terhadap Bitcoin. Sebaliknya, ketika nilai Bitcoin Dominance pada grafik mengalami penurunan, maka secara keseluruhan nilai altcoin mengalami uptrend terhadap Bitcoin.

Kesimpulan

Dominasi Bitcoin adalah metrik yang mengukur kapitalisasi pasar Bitcoin dan aset kripto lainnya. Tren turun yang curam dan konsisten dalam Dominasi Bitcoin sering terjadi selama pasar bullish. Pasar banteng yang intens cenderung mendorong nilai kapitalisasi altcoin lebih tinggi daripada Bitcoin.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button