Daftar 11 Aplikasi Pencuri Data yang Diblokir Play Store

Teknatekno.com – Polda Metro Jaya telah membenarkan adanya pencurian data pribadi melalui aplikasi pencuri data yang tersedia Google Playstore.

Menurut mereka ada sekitar 11 aplikasi yang diduga telah mencuri data pribadi penggunanya, salah satu aplikasi yang diduga adalah aplikasi azan dan mengaji yang diperkirakan sudah diunduh oleh jutaan pengguna.

Kementerian Komunikasi dan Informatika pun mengaku sedang mempelajari dugaan pemrosesan data pribadi tanpa hak yang dilakukan oleh beberapa aplikasi di Google Play Store.

Kami melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak Polda Metro Jaya terkait upaya dan langkah-langkah berikutnya yang akan diambil sesuai ketentuan yang berlaku,” ungkap juru bicara Kominfo.

Pihak Google sendiri telah mengambil tindakan terhadap aplikasi yang diduga melakukan pemrosesan data pengguna tanpa izin. Aplikasi tersebut diwajibkan untuk menghapus fitur pengambilan data pengguna, jika ingin dapat kembali diakses oleh penggunanya di Google Play Store.

Cara Mengamankan Aplikasi dari Pencurian Data

Kementerian Kominfo juga meminta masyarakat untuk dapat memeriksa daftar aplikasi yang diduga mengambil data pribadi secara tanpa hak, dan melakukan langkah pengamanan.

  1. Memutakhirkan sistem keamanan perangkat.
  2. Melakukan instalasi ulang terhadap aplikasi yang diduga memproses data pribadi tanpa hak jika aplikasi itu telah tampil kembali di Google Play Store.
  3. Menghapus fitur yang memproses data pribadi secara tanpa hak.
  4. Tidak memberikan data pribadi kepada pihak yang tidak berkepentingan.

Daftar 11 Aplikasi Android yang Curi Data Pribadi

11 Aplikasi Pencuri Data

Berikut daftar 11 aplikasi di Play Store yang diduga melakukan pencurian data pribadi pengguna:

  • Speed Camera Radar
  • Al-Moazin Lite (Prayer Times)
  • WiFi Mouse (remote control PC)
  • QR & Barcode Scanner
  • Qibla Compass – Ramadan 2022
  • Simple Weather & Clock Widget
  • Handcent Nex SMS-Text w/MMS
  • Smart Kit 360
  • Al Quran MP3 – 50 Reciters & Translation Audio
  • Full Quran MP3 – 50+ Language & Translation Audio
  • Audiosdroid Audio Studio DAW.

Penutup

Sekian informasi mengenai 11 aplikasi pencuri data yang bisa Teknatekno rangkum untuk kamu. Buat kamu yang memiliki salah satu aplikasi diatas, segera hapus aplikasi yang diduga mencuri data pribadi tersebut agar data pribadi kamu aman. Semoga bermanfaat!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like