Spesifikasi Samsung Chromebook 4, Laptop Murah Untuk Belajar Online

Teknatekno.com – Samsung kembali menghadirkan Samsung Chromebook 4 untuk memenuhi kebutuhan teknologi di dunia pendidikan Indonesia.

Lukman Basuki selaku IT & Mobile B2B Business Senior Manager Samsung Electronics Indonesia menyampaikan, Samsung Chromebook 4 ini dihadirkan bagi para siswa dengan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di rumah, terutama selama pandemi ini.

“Samsung Chromebook 4 menyajikan pengalaman Chrome OS yang sederhana, cepat, dan seamless, mengoptimalkan teknologi cloud untuk mendukung sistem belajar mengajar yang inovatif dan kolaboratif,” jelas Lukman dalam keterangan resminya, Kamis 10 Juni 2021.

Kelebihan utama laptop Chromebook 4 ini adalah ukurannya yang ringkas dan bobot yang ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana oleh anak. Selain itu, Chromebook 4 sudah menggunakan sistem operasi Chrome OS dari Google yang cocok untuk kegiatan belajar anak.

Spesifikasi Samsung Chromebook 4

Soal performa, Chromebook 4 memang terlihat biasa saja dengan sokongan prosesor Intel Celeron N4020 dual-core ditandemkan RAM sebesar 4GB.

Kamu tidak perlu khawatir soal performa Chromebook 4 ini karena sistem operasi Google Chrome OS yang digunakannya jauh lebih ringan dari Windows, sehingga penggunaan sehari-hari tetap responsif.

Selain itu, daya tahan baterai Chromebook 4 mencapai 12,5 jam yang lebih dari cukup untuk menemani anak belajar seharian. Samsung Electronics Indonesia membekali notebook murah Chromebook 4 ini dengan dukungan layar berukuran standar di kelasnya.

Yaitu 11,6 inci jenis TFT SVA (Standard Viewing Angle) LCD dengan LED (Light Emiting Diode) backlight resolusi HD 1366 x 768 piksel yang mampu menghasilkan warna yang baik dengan ketajaman yang cukup.

Laptop Chromebook 4 ini memang belum mengusung desain bezel tipis, tetapi ukuran laptop ini secara umum tetap ringkas. Hal ini sangat mendukung kegiatan belajar mengajar atau sekolah online di depan laptop dalam waktu lama tanpa mengorbankan portabilitas dengan bobot hanya 1,18 kg saja.

Sektor performa, laptop terjangkau Chromebook 4 ini bisa dikatakan bersaing dikelasnya dan memadai untuk sekolah online. Laptop ini mengandalkan prosesor Intel Celeron N4020 generasi Gemini Lake yang mengusung dual-core (2 thread) yang berlari dengan kecepatan standar 1,1GHz.

Dengan fitur TurboBoost hingga 2,8GHz yang ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas 4GB jenis LPDDR4-2133MHz onboard, sehingga tidak dapat dilakukan upgrade.

Detail Spesifikasi Samsung Chromebook 4

Performa laptop Chromebook 4 sebenarnya sudah mencukupi kebutuhan komputasi sehari-hari, sekolah online, belajar atau sekolah tatap muka.

Laptop besutan Samsung ini diperkuat grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Intel UHD Graphics 600 yang mengusung 12 execution unit (EUs) dengan kecepatan 650MHz, tanpa kehadiran grafis diskrit. Performanya sudah mencukupi untuk kebutuhan grafis dasar dan game ringan.

Pabrikan asal Korea Selatan ini membekali notebook Chromebook 4 dengan media penyimpanan berupa eMMC 32GB untuk menampung data pelajar.

Selain itu, laptop Chromebook 4 juga hadir dengan fitur gratis berlangganan layanan Google One selama satu tahun. Layanan tersebut termasuk penyimpanan awan (cloud storage) hingga 100GB.

Konektivitas laptop Samsung Chromebook 4 juga cukup lengkap dengan dukungan WiFi 5 802.11ac, Bluetooth 4.1, Port USB 3.0, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C (support Display dan Power Delivery), card reader, dan combo audio.

Samsung membekali laptop murah ini dengan dua buah speaker stereo dengan daya 2x 1,5W guna mendukung pengalaman multimedia. Samsung Chromebook 4 menggunakan Chrome OS buatan Google sebagai sistem operasinya.

Keunggulan utama Chrome OS ada pada kemudahan operasional serta antarmukanya yang mirip dengan smartphone yang simpel, sehingga memudahkan anak-anak untuk mengoperasikan laptop ini. Selain itu, Chromebook 4 juga mendukung banyak aplikasi penunjang pembelajaran yang tersedia.

Chrome OS memiliki sejumlah aplikasi dan layanan khusus edukasi yang banyak digunakan, seperti Google Classroom.

Bahkan Chrome OS generasi baru sudah dilengkapi toko aplikasi Google Play Store, sehingga memungkinkan pengguna untuk menginstal beberapa aplikasi Android guna mendukung produktivitas dan kegiatan belajar online.

Samsung Chromebook 4 dibekali dengan baterai berkapasitas 3-cell, 39 Wh Li-ion polymer yang dapat bertahan hingga maksimal 12,5 jam penggunaan standar. Daya tahan baterai yang ditawarkan oleh laptop ringkas ini tentu sudah sangat memadai untuk kebutuhan sehari-hari.

Laptop Chromebook 4 andalan vendor Korea Selatan ini memenuhi standar militer MIL-STD-810G. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, laptop harus menjalani uji ekstrem termasuk ketinggian yang ekstrem, suhu, gunacangan, kelembapan, dan sebagainya.

Detail Spesifikasi Samsung Chromebook 4

  • Layar : TN LCD dengan LED backlight 11,6 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel, Anti-Reflective
  • Prosesor : Intel Celeron N4020 dual-core 1,1GHz dengan 2,8GHz TurboBoost
  • Chipset : Intel
  • Grafis : Intel UHD Graphics 600
  • Memori : RAM 4GB LPDDR4 2133MHz
  • Storage : eMMC 32GB
  • Konektifitas : WiFi 5 802.11ac, Bluetooth 4.1, Port USB 3.0, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C (support Display dan Power Delivery), card reader, combo audio
  • Stereo : speaker 1,5W x 2
  • Kamera depan : HD 720p webcam
  • Baterai : 3-cell 39Whrs Li-Polymer, penggunaan hingga 12,5 jam
  • Sistem Operasi : Google Chrome OS
  • Military : Grade MIL-STD-810G
  • Dimensi : 287,9 x 202,3 x 16,7mm berat 1,18kg
  • Warna : Platinum Titan

Kelebihan

  • Cocok untuk belajar anak
  • Tangguh dengan standar militer
  • Harga terjangkau
  • Berbasis sistem operaso Google Chrome OS yang ringan

Kekurangan

  • Kapasitas storage terbatas

Harga Samsung Chromebook 4

Harga notebook pelajar Samsung Chromebook 4 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini dibuat adalah Rp 4.499.000.

Berdasarkan spesifikasi dan dukungan fitur lengkap yang ditawarkan, Chromebook 4 ini layak dipilih bagi yang membutuhkan solusi belajar online berbasis Google Chrome OS.

Kesimpulan

Samsung Electronics Indonesia membekali Chromebook 4 murah ini dengan dukungan LCD TFT SVA (Standard Viewing Angle) berukuran 11,6 inci standar dengan lampu latar LED (Light Emiting Diode).

Laptop ini mengandalkan prosesor Intel Celeron N4020 generasi Gemini Lake yang mengusung dual-core (2 thread) yang berjalan pada kecepatan standar 1.1GHz.

Laptop Chromebook 4 menggunakan Google Chrome OS sebagai sistem operasinya. Dilengkapi dengan baterai polimer Li-ion 39 Wh 3-sel yang dapat bertahan hingga 12,5 jam penggunaan standar. Laptop ini memenuhi standar militer MIL-STD-810G.

Related Articles

Back to top button