BitTorrent Coin (BTT) Cryptocurrency: Pengertian dan Cara Kerja

Teknatekno.com – BitTorrent adalah platform berbagi file melalui jaringan peer-to-peer dan populer sejak awal tahun 2000-an. Sedangkan BTT atau BitTorrent Coin adalah token untuk proses transaksi pada platform tersebut.

Mempunyai lebih dari 100 juta pengguna dari 138 negara membuat BTT coin sebagai salah satu aset cryptocurrency yang menarik minat banyak orang. Bahkan, pada launching perdananya, produk mereka terjual habis dalam 15 menit.

Mengenal BitTorrent Coin (BTT)

BitTorrent coin adalah token asli atau mata uang kripto yang digunakan dalam transaksi pada platform BitTorrent. BTT coin juga digunakan sebagai governance dan utility pada jaringan platform tersebut.

BitTorrent coin pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 di Binance launchpad. Peluncuran ini dilakukan di dalam jaringan Tron dengan standar token TRC-10 setelah diakuisisi Justin Sun, selaku pendiri Tron Foundation.

Jadi, coin BTT adalah hasil pengembangan model bisnis dari platform BitTorrent itu sendiri, dimana kini penggunanya mendapat imbalan berupa BTT Coin.

Kini, BitTorrent telah membangun jaringan solid untuk sharing file yang didasarkan pada model peer-to-peer (P2P). Melalui model ini, pengguna dapat berbagi data, file, dan bandwidth. Selain itu, user juga bisa membayar ketika ingin menambah kecepatan download atau menjual bandwidth miliknya ke pengguna lain.

Sejarah BitTorrent Coin (BTT)

Awalnya, BitTorrent hanya sebuah platform berbagi data yang didirikan dan dikembangkan oleh Bram Cohen dan David Horrison pada tahun 2001. BitTorrent menjadi platform sharing file terbesar dan telah beroperasi selama hampir dua dekade, sampai akhirnya diakuisisi Tron Foundation di tahun 2018.

Selanjutnya, tim dan model bisnis BitTorrent tetap sama namun dengan sejumlah pengembangan pada proses transaksi. Kini, BitTorrent coin adalah metode pembayaran utamanya.

Di tahun 2019, dilakukan penawaran koin awal atau initial coin offering (ICO) untuk BTT coin. Sebanyak 6 persen koin diterbitkan dan dijual dengan harga lebih dari $7.

Pengembangan lainnya adalah tambahan fitur pada sistem BitTorrent, yaitu BitTorrent Speed, akun premium, opsi VPN, dan bebas iklan. Pengembangan ini didasarkan pada tujuan BitTorrent untuk menciptakan teknologi yang canggih, baik dari sisi teknologi, kapasitas teknis, dan utilitas yang dimilikinya.

Di sisi lain, nilai dari BitTorrent coin (BTT) adalah inovasi-inovasi yang menjadi fundamental BitTorrent walaupun akan dipengaruhi oleh gejolak harga cryptocurrency. Terlepas dari hal tersebut, harapannya nilai pasar BTT coin tetap tumbuh signifikan untuk investasi jangka panjang.

Mengenal BitTorrent Coin (BTT)

Cara Kerja BitTorrent Coin

BitTorrent coin adalah metode pembayaran utama untuk platform berbagi file serta menghubungkan berbagai pihak yang mengakses jaringannya. Adanya transaksi melalui platform ini berawal ketika pengguna meminta file atau data dari penyedia file.

Ketika pengguna ingin mendapatkan file tersebut, maka mereka akan menerima bagian file yang sama dari beberapa penyedia. Hal itu disebabkan karena penyedia file akan membaginya menjadi beberapa potongan file.

Cara lain untuk mendapatkan BitTorrent coin adalah menawarkan beberapa sumber daya lokal, seperti penyimpanan atau pencadangan jarak jauh dan bandwidth yang dimiliki untuk menerima file lebih cepat.

Masa Depan BitTorrent Coin

Sejauh ini, BitTorrent telah diunduh oleh lebih dari 1 miliar perangkat di seluruh dunia dan setiap bulannya telah digunakan lebih dari 100 juta pengguna. Selain itu, BitTorrent juga telah memindahkan layanan mereka menjadi BitTorrentX ke ekosistem terpadu setelah mengakuisisi protokol DLive.

Sistem IPFS pada BitTorrent yang digunakan untuk mengembangkan platform NFT, berhasil meningkatkan harga koin BitTorrent secara signifikan. BitTorrent juga sedang merencanakan adanya BTFS, yaitu versi terbaru dari IPFS. Melalui hal ini, minat terhadap BitTorrent coin diperkirakan akan semakin meningkat.

Beberapa perusahaan yang menggunakan protokol BitTorrent coin adalah Netflix, Facebook, Google, Twitter, DLive, dan sebagainya. Maka dari itu, prospek BitTorrent coin dinilai cukup menarik untuk dipertimbangkan.

Risiko BitTorrent Coin

Meskipun telah menggunakan sistem keamanan dan protokol yang baik, tentunya masih ada beberapa risiko dari BTT coin. Berikut telah kami rangkum beberapa risiko BitTorrent coin adalah:

  • Skala Desentralisasi Relatif Rendah

Desentralisasi BitTorrent coin dianggap relatif rendah karena tujuan dibangunnya BitTorrent coin bukan untuk mengadopsi sistem blockchain.

  • Manipulasi Harga Tinggi

Risiko manipulasi harga relatif tinggi mengingat pendiri Tron, Justin Sun, juga berperan sebagai CEO dan pemilik BitTorrent serta pemegang token terbesar.

  • Dampak dari Hubungan dengan Tron dan Justin Sun

Harga BTT coin akan mengalami akibat yang signifikan jika terjadi sesuatu pada Justin Sun maupun Tron. Hal ini terkait pada eratnya hubungan keduanya dengan BitTorrent.

Kesimpulan

BitTorrent Coin adalah token asli atau cryptocurrency yang digunakan dalam transaksi di platform BitTorrent. Koin BTT juga digunakan sebagai tata kelola dan utilitas pada jaringan platform. Ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 di jaringan Binance dengan standar token TRC-10.

Pada tahun 2019, ada penawaran koin awal (ICO) untuk koin BTT. Sebanyak 6 persen koin diterbitkan dan dijual dengan harga lebih dari $7. Nilai koin BitTorrent adalah inovasi meskipun akan terpengaruh oleh fluktuasi harga cryptocurrency.

Pencarian Populer

Bittorrent Chain - Bittorrent Coin Gratis - Bittorrent Coin Indodax - Bittorrent Coin News - Fundamental Bittorrent Coin- Masa Depan Bittorrent - Prediksi Harga Bittorrent 2022 - Prediksi Harga Bittorrent 2025 -

Related Articles

Back to top button