TerraUSD (UST) Cryptocurrency: Cara Kerja dan Harganya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernah dengar cryptocurrency TerraUSD (UST)? TerraUSD (UST) hadir sebagai stablecoin yang diciptakan dengan tujuan untuk memberikan manfaat bagi para pengguna dan komunitas Terra. Permintaan aset kripto yang stabil dan minim resiko mengakibatkan banyaknya permintaan koin jenis ini.

Mengenal Apa itu TerraUSD (UST)

TerraUSD adalah stablecoin terdesentralisasi dan algoritmik yang berasal dari jaringan blockchain Terra. Yang membedakan stablecoin ini dengan yang lainnya adalah TerraUSD tidak dipatok langsung ke dolar AS yang ada di rekening bank.

Melainkan untuk mencetak 1 TerraUSD dibutuhkan cadangan dari Terra (LUNA) yang akan dibakar setara dengan nilainya $1,00 USD.

Stablecoin ini diciptakan dengan tujuan untuk memberikan manfaat lebih kepada komunitas Terra dan juga menawarkan alternatif sebagai solusi akan masalah parahnya skalabilitas pemimpin pasar stablecoin saat ini, yaitu DAI.

Kehadiran TerraUSD menjanjikan tingkat skalabilitas, akurasi suku bunga, dan penggunaan interchain yang lebih tinggi kepada pengguna.

Sejarah Dan Pendiri TerraUSD (UST)

Terra adalah perusahaan yang didirikan oleh Do Kwon dan Daniel Shin dan merupakan perusahaan di balik terciptanya stablecoin TerraUSD. Terra sendiri merupakan perusahaan blockchain yang tercipta dari gagasan Terraform Labs (anak perusahaan dari Terra Alliance).

TerraUSD secara resmi dirilis pertama kali pada 12 September 2020 dan bekerja sama dengan Bittrex Global. Debut pertama stablecoin ini mendapat respon yang sangat positif dan terbilang sukses.

Hal tersebut karena UST telah berhasil mengalahkan GUSD dari Gemini dan PAX dari Paxos yang dimana dua stablecoin ini dipatok langsung dengan mata uang dolar AS yang tersimpan di rekening bank.

Mengenal Apa itu TerraUSD (UST)

Berbicara tentang para pendirinya, Do Kwon adalah CEO Terraform Labs yang memiliki latar belakang sebagai insinyur perangkat lunak di Microsoft Corp dan Apple. Dia terdaftar di Forbes Under 30 daftar pengusaha paling sukses di dunia.

Daniel Shin sendiri juga adalah seorang yang brilian dengan latar belakang ekonom dan pengusaha. Dia telah mendirikan perusahaan lain seperti TMON dan Fast Track Asia di masa lalu.

Sebelum adanya TerraUSD, ekosistem Terra sendiri sudah pernah meluncurkan stablecoin lain, yaitu TerraKRW yang dipatok Won Korea dan dan TerraMNT stablecoin yang dipatok MNT. Stablecoin tersebut juga sukses dan meledak dalam pertumbuhan dan adopsi di Korea, dan saat ini merupakan stablecoin yang paling aktif diadopsi oleh pengguna.

Solusi pembayaran bertenaga TerraKRW berkembang menjadi checkout ecommerce di Asia, didukung oleh biaya transaksi yang lebih rendah yang dimungkinkan dengan melewati jaringan penyelesaian (- 40–50%) dan waktu penyelesaian yang lebih cepat (rata-rata Asia 7 hari vs 6 detik untuk Terra).

Cara Kerja TerraUSD

Terra menggunakan beberapa protokol dan kebijakan sederhana untuk mencapai fitur penting TerraUSD. Mereka termasuk skalabilitas, hasil-bearing, dan kemampuan interchain. TerraUSD memanfaatkan teknologi dan inovasi yang sudah ada sebelumnya untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna.

TerraUSD (UST) adalah stablecoin algoritmik, yang berarti biaya pencetakan sama dengan nilai nominal stablecoin yang dicetak. Ini menggunakanLUNA, Cryptocurrency asli Terra, sebagai aset cadangan. Dengan kata lain, jika kamu ingin mencetak satu TerraUSD, hanya token LUNA Terra senilai $1 yang dibakar keluar dari sistem.

Selain itu, stablecoin bisa memperoleh hasil yang stabil menggunakan layanan hasil “Anchor”, sebuah pengembangan yang belum pernah terjadi di antara stablecoin.

TerraUSD juga memungkinkan penautan dan pengaktifan ekosistem blockchain, menggunakan protokol penghubung yang dikenal sebagai Dropship. Dropship memungkinkan integrasi TerraUSD ke dalam platform DeFi dan DEX serta perpindahannya di antara blockchain.

Protokol ini membantu menjaga skalabilitas. Selain itu, ini menjamin nilai UST yang stabil karena permintaan dan penawaran LUNA menentukan nilai TerraUSD. Ini berjalan pada sistem Proof-of-Stake (PoS) di mana penambang harus mempertaruhkan token LUNA Terra asli untuk menambang transaksi Terra.

Menambang token membutuhkan validator di Jaringan Terra untuk mempertaruhkan LUNA. Validator ini akan berfungsi sebagai nubuat untuk harga dolar LUNA. Sebagai imbalan nya, mereka mendapatkan sejumlah kecil token dari transaksi UST.

Teknologi penting lainnya yang mendukung hasil bunga dengan UST adalah protokol Anchor, protokol peminjaman dan tabungan yang menjanjikan pengembalian 20 persen atas tabungan yang dibuat di UST.

Sebaliknya, DAI MakerDAO memiliki pengembalian 12 persen, dan USDC Coinbase memiliki pengembalian 14 persen. Anchor juga memungkinkan pengguna untuk meminjam hingga setengah dari LUNA mereka yang dipertaruhkan.

Jaminan untuk pinjaman akan berada dalam token LUNA berikat (bLuna), versi LUNA yang dipertaruhkan yang menghasilkan pengembalian. Namun, segera, Terra berencana untuk mengizinkan cryptocurrency asli dari rantai Layer 0 lain untuk bertindak sebagai jaminan.

TerraUSD (UST) vs Terra (LUNA)

LUNA adalah koin andalan dari seluruh ekosistem Terra. Token memungkinkan pengguna ekosistem mengakses tata kelola, membantu menstabilkan ekosistem secara keseluruhan, dan membentuk kumpulan komunitas yang menyimpan dana untuk membangun DApps. Sejak awal, koin telah meningkat pesat.

Penggunaan LUNA di ekosistem Terra sangat penting untuk banyak layanan, tidak menghalangi stablecoin TerraUSD (UST). Stabilitas TerraUSD bergantung pada pembakaran LUNA, dan nilai kedua koin saling terkait. Setiap kali pasokan UST meningkat, harga LUNA naik.

Ketika harga satu UST melebihi satu dolar, kamu bisa menjual LUNA untuk koin atau dolar UST, dan koin UST baru masuk ke pasar untuk meningkatkan nilai dan mengembalikannya ke satu dolar. Namun, ketika nilai UST turun di bawah satu dolar, token dijual untuk LUNA atau dolar untuk mendapatkan keuntungan.

Interaksi ini, yang dikenal sebagai seigniorage, selalu menyebabkan sejumlah LUNA dibakar, membuatnya semakin langka, menaikkan nilai, memicu transaksi, dan menyederhanakan adopsi. Pada saat yang sama, sisanya masuk ke kolam komunitas.

Harga TerraUSD (UST)

Harga TerraUSD (UST)

Harga dari stablecoin TerraUSD (UST) pada saat artikel ini dibuat adalah $1.00 USD dengan volume perdagangan 24 jam terakhir senilai $647.355.667 USD. Dalam daftar peringkat di situs CoinmarketCap, stablecoin ini berada di urutan ke-14 dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar $15.034.073.525 USD.

Adapun jumlah koin UST yang sudah beredar adalah sebanyak 14.996.553.592 koin dengan jumlah suplai maksimal koin yang tidak terbatas (tergantung dengan aset Terra (LUNA)).

Dimana Tempat Membeli Koin UST?

Jika kamu tertarik untuk membeli aset kripto TerraUSD (UST), kamu bisa mendapatkan koin ini di beberapa bursa kripto populer seperti Binance, OKX, Bybit, Bitget, FTX dan masih banyak lagi bursa yang memperdagangkan aset cryptocurrency ini.

Apakah TerraUSD Merupakan Investasi Yang Bagus?

Perlu diketahui Stablecoin merupakan cryptocurrency yang dirancang untuk menyimpan nilai suatu aset daripada ditujukan untuk investasi. Hal tersebut karena stablecoin sendiri dipatok dengan nilai dari mata uang flat dalam hal ini dolar Amerika.

Jadi sebagai stablecoin, TerraUSD nilainya tidak akan jauh berbeda dengan $1 USD atau mengikuti naik dan turunnya mata uang dolar amerika.

Kasus Penggunaan TerraUSD

TerraUSD (UST) muncul sebagai stablecoin yang bertujuan untuk memberi manfaat bagi pengguna dan komunitas pada umumnya. Ini mengambil bagian dalam berbagai layanan dan merupakan bagian dari beberapa produk. Terkadang digunakan bersama LUNA, dan terkadang, fungsinya unik.

TerraUSD menjanjikan skalabilitas tinggi, minat, dan penggunaan interchain. Beberapa protokol DeFi bisa menggunakan koin tanpa kehilangan skalabilitas, karena UST bisa memenuhi permintaan yang tinggi karena mekanisme pencetakannya yang unik.

Dompet elektronik seperti Chai dan MemePay juga bisa menggunakan TerraUSD dengan mengintegrasikannya sebagai opsi pembayaran.

Area dinamis di mana UST membuat pengguna Terra bersemangat adalah hasil atau bunga. Bunga atau keuntungan Anchor di platform Terra bergantung pada hadiah blok di UST dari rantai PoS yang ada di ruang PoS.

Pengoperasian antar rantai ini didukung oleh protokol penghubung baru Dropship, memungkinkan UST untuk dengan mudah berpindah antar blockchain.

Penggunaan lain untuk UST adalah di DApps. Misalnya, protokol Mirror, sebuah platform yang memungkinkan pencetakan “aset sintetis” yang bisa dipertukarkan yang melacak harga aset kehidupan nyata pada saat ini, menggunakan UST sebagai aset kosong.

Kesimpulan

TerraUSD adalah stablecoin yang berasal dari jaringan Terra. Untuk mencetak 1 TerraUSD membutuhkan cadangan Terra (LUNA) yang akan dibakar setara dengan nilainya $1,00 USD.

Debut stablecoin ini mendapat respon yang sangat positif dan dianggap sukses. Sebelumnya, Terra telah meluncurkan stablecoin lainnya, yaitu TerraKRW dan TerraMNT.

Pencarian Populer

Apa Itu Terrausd - Terra Usd Adalah - Terrausd Coinmarketcap - Terrausd Staking - Terrausd Ust Crypto- Ust Coin - Ust Token -

Related Articles

Back to top button