Simak Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10A Sebelum Beli

Teknatekno.com – Redmi 10A akhirnya resmi rilis di Indonesia. Dengan harga 1,5 jutaan ini, tidak menutup kemungkinan kelebihan dan kekurangan Redmi 10A patut jadi pertimbangan. Smartphone Redmi ini hadir sebagai perangkat kelas entry-level dengan menawarkan berbagai sektor yang menarik.

Redmi 10A akan lebih mengandalkan prosesor yang kencang, layar berukuran luas pas untuk kebutuhan menonton film atau main game, dan baterai besar. Memang jika dilihat dari spesifikasinya, ponsel ini membawa peningkatan dari generasi sebelumnya, Redmi 9A.

Review Spesifikasi Redmi 10A

Sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangan Redmi 10A, simak overview spesifikasi Xiaomi Redmi 10A:

Layar

Smartphone mempunyai layar berukuran 6,53 inch beresolusi HD+ (720 x 1600 pixels) dengan rasio 20:9. Layar ini dapat menampilkan tingkat kecerahan mencapai 400 nits, rasio layar ke bodi 81.0%, dan ppi density 269.

Prosesor

Performanya ditunjang oleh chipset gaming khusus smartphone kelas entry-level dengan prosesor Mediatek Helio G25. Ini membawa CPU octa-core yang terdiri dari 4×2.0 GHz Cortex-A53 dan 4×1.5 GHz Cortex-A53. G25 dipadukan dengan GPU PowerVR GE8320.

Redmi 10A menjalankan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka MIUI 13.Kamu akan disuguhkan dua konfigurasi memori RAM/ROM, yaitu 3GB/32GB dan 3GB/64GB.

Kamera

Pada sektor fotografi, perangkat mengandalkan dual kamera berukuran 13 megapiksel + kamera depth 2 megapiksel untuk bagian belakang dan kamera selfie 5 megapiksel. Kamera belakang dilengkapi dengan satu buah lampu dan dapat merekam pada resolusi 1080p.

Baterai

Smartphone dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh untuk aktivitas sehari-hari. Tidak ada teknologi pengisian cepat, kami hanya diberikan charging 10W saja.

Lainnya

Fitur lainnya yang dibawa seperti sensor sidik jari di belakang yang merupakan satu peningkatan yang menarik, Bluetooth 5.0, jack audio 3,5 mm, dan support HTML 5.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10 A

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10 A

Selanjutnya, kita akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan Redmi 10A yang menjadi point penting bagi konsumen sebelum memutuskan membeli ponsel terbaru Redmi.

Kelebihan Redmi 10A

Berikut ini beberapa fitur yang menjadi kelebihan ponsel terbaru ini, yaitu:

1. Layar Besar

Ponsel menghadirkan layar Dot Drop dengan ukuran 6,53 inch, tentu layar berukuran besar tersebut akan memanjakan kamu dalam hal menonton film ataupun bermain game. Resolusi yang dibawa masih HD+ (1600×720), sehingga smartphone akan lebih irit baterai.

Layar ini dapat menampilkan tingkat kecerahan sampai 400 nits saja, untuk saat kondisi indoor masih tetap terlihat dengan terang. Tetapi kalau di kondisi di luar ruangan, cukup sulit terlihat sebab kalah bersaing dengan sinar matahari.

Tetapi tenang dulu, Redmi 10A sudah mendukung beberapa fitur seperti Sunlight Mode display untuk memaksimalkan kecerahan layar sehingga akan tetap terlihat meski di bawah sinar matahari, kami bisa mengatur nya di setelan perangkat. Fitur lainnya ada Mode baca hingga Penyesuaian suhu warna.

2. Performa

Prosesor Redmi 10A menawarkan kecepatan clock hingga 2,0 GHz dengan chipset Mediatek Helio G25. Prosesor ini ternyata sama dengan seri pendahulunya, Xiaomi tidak memberikan peningkatan di sektor ini. Menurut pengujian GadgetIn, ponsel mampu mendapatkan skor AnTuTu sampai 103 ribuan.

Chipset ini 10-15% lebih kencang dibandingkan Mediatek Helio A22 yang ada di Infinix Hot 12i. Redmi 10A dapat menjalankan berbagai game-game ringan, contohnya Mobile Legends dapat dijalankan dengan mulus meski terkadang ada sedikit kendala nge-lag.

Untuk menambah pengalaman pengguna saat memainkan game, Xiaomi menyuguhkan speaker bertenaga agar suara yang dihasilkan lebih keras. Dengan begitu, audio ini lebih baik dibandingkan beberapa kompetitor lainnya diharga 1 jutaan.

3. Memori Besar

Perusahaan mengetahui, kebutuhan konsumen semakin berat untuk menjalankan berbagai aplikasi. Xiaomi tidak menyertakan RAM berkapasitas 2GB yang ada di Redmi 9A, tetapi sedikit di upgrade menjadi 3GB agar ber multitasking lebih mulus. Ponsel ini sudah mendukung fitur Ekspansi RAM 1GB, sehingga total RAM menjadi 4GB.

Untuk penyimpanan internalnya dibekali dengan kapasitas 32GB dan 64GB. Buat kalian yang membutuhkan penyimpanan yang luas, bisa ambil yang 64GB. Ingin menyimpan file-file, foto, video sudah ngga ada tempat? Untungnya ini dapat diperluas lagi dengan opsi MicroSD sampai dengan kapasitas 1 terabyte.

4. Dual Kamera

Memang sih, Redmi 10A ini bukanlah smartphone untuk kebutuhan fotografi tetapi untuk budget yang terbatas bisa banget kamu andalkan, apalagi sudah membawa konfigurasi dual kamera. Terdapat kamera 13 megapiksel sebagai lensa wide.

Kamera kedua berukuran 2 megapiksel sebagai lensa depth. Hadirnya lensa depth pada perangkat ini merupakan peningkatan yang sangat menarik, memotret objek dengan latar belakang bokeh bisa kamu lakukan dengan perangkat berharga murah ini.

Sedangkan pada bagian depan, kamu akan mendapatkan kamera beresolusi 5 megapiksel untuk kebutuhan selfie. Baik kamera depan maupun belakang, smartphone ini telah mendukung perekaman video sampai 1080p.

5. Baterai

Ketahanan baterai, ponsel dilengkapi baterai berkapasitas 5000 mAh yang cukup besar di kelas harganya. Dalam pengujian di laboratorium Xiaomi, baterai itu dapat bertahan 745 jam atau 31 hari dengan kondisi siaga, 148 jam untuk mendengarkan musik, 20 jam pemutaran video serta 30 jam membaca konten.

Tidak ada teknologi pengisian cepat, perangkat hanya didukung oleh adapter 10W saja. Charger tersebut sudah tersedia di paket penjualannya, kamu tak perlu repot-repot membelinya secara terpisah.

6. Desain Menarik

Desain yang dibawa oleh smartphone terlihat lebih menarik, tampil dengan modul yang bersatu antara kamera dan sensor sidik jari. Desain ramping, elegan, dan ringan serta mulus saat disentuh dan nyaman saat dipegang.

Sekilas memang mirip dengan Redmi 10C, ini hadir dalam tiga varian warna yaitu Sky Blue, Chrome Silver dan Graphite Gray.

Kualitas produk juga sangat diperhatikan oleh Xiaomi, agar masa pakai dapat lebih lama perusahaan sudah melewati beberapa pengujian. Ini sudah dilakukan 500.000 kali Tes Tombol Daya, 10.000 kali Tes ketahanan konektor, 300 kali Tes terjatuh, dan 70 kg Beban maksimum.

7. Rear Fingerprint

Kelebihan yang terakhir adalah sistem keamanannya, fitur pemindai sidik jari sudah tersedia yang terletak di bagian belakang. Ini merupakan salah satu peningkatan yang sangat berarti, dilengkapi juga fitur Face Unlock untuk menambah keamanan ekstra pada ponsel.

Kekurangan Redmi 10A

Adapun beberapa fitur yang menjadi kekurangan Redmi 10A yaitu:

1. Layar Masih HD+

Layar HD+ ini membawa kualitas gambar dan video yang cukup jelas dan tajam ke tampilan smartphone. Namun demikian, dibandingkan dengan dua ukuran resolusi FHD dan UHD lainnya, HD kurang efektif dalam meningkatkan kualitas gambar dan video pada layar terutama kualitas detail.

2. Tanpa Pengisian Cepat

Salah satu kekurangan yang ada, Redmi 10A tidak dilengkapi dukungan pengisian cepat. Padahal baterai nya berkapasitas besar, kamu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pengisian daya. Tetapi, ini sangatlah wajar banyak smartphone dari kompetitor saat ini yang juga tidak mendukung pengisian cepat.

3. Masih Pakai MicroUSB

Kekurangan yang terakhir adalah ponsel ini masih memakai sistem pengecasan dengan microUSB. Hal ini cukup mengecewakan mengingat semua perangkat di masa sekarang sudah berbondong-bondong untuk berpindah memakai USB type C. Dengan memakai microUSB tentu pemindahan data pun nggak secepat USB tipe C.

Selain itu, untuk memasang kabel, kamu juga nggak bisa sembarangan karena harus memperhatikan bentuk soket dan sisinya supaya nggak mudah rusak.

Harga dan Ketersediaan

Harga Redmi 10A varian 3GB/32GB dijual Rp 1.499.000, sementara model 3GB/64GB dibanderol Rp 1.599.000. Ponsel ini akan mulai tersedia di pasaran pada 25 Mei 2022 pukul 14.00 WIB.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10A

FAQ

Berikut pertanyaan seputar kelebihan dan kekurangan Redmi 10A.

Apakah Redmi 10A Ada Sidik Jari?

Yang lebih baik lagi adalah keberadaan sensor sidik jari pada Redmi 10A yang tidak dihilangkan meski dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Redmi 10A Warna Apa Aja?

Smartphone Xiaomi ini ditawarkan dalam tiga warna populer di pasar Indonesia, yaitu Graphite Grey, Chrome Silver, dan Sky Blue.

Apakah Redmi 10A Ada NFC?

Video ponsel ini memiliki kapasitas perekaman 1080 @ 30 frame per detik. Kamera depan adalah 5 MP, dengan perekaman video 1080 @ 30 fps. Layar HD+ 6,53 inci cukup besar untuk menonton film. Namun, smartphone ini tidak memiliki sertifikasi NFC dan IP.

Redmi 10A Charger Type Apa?

Jenis kabel pengisi daya juga berbeda. Redmi 10A masih memiliki port microUSB 2.0, sedangkan Redmi 10C memiliki charger USB Type-C 2.0 yang lebih modern dengan fitur OTG (USB-on-the-Go).

BACA JUGA:

HP Redmi 10A Resmi Rilis di Indonesia, Bawa Performa Gaming
Xiaomi Redmi 10A, Ponsel Entry Level Cuma 1 Jutaan
Bawa Spek Gahar, Redmi 10 Power Meluncur di India

Penutup

Demikianlah informasi yang bisa Teknatekno rangkum seputar kelebihan dan kekurangan Redmi 10A, ponsel terbaru keluaran Xiaomi yang baru saja resmi rilis di pasar Indonesia pada Kamis 19 Mei 2022.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button