USD Coin (USDC), Crypto Stablecoin yang Listing di Indodax

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Buat kamu yang berencana untuk membeli USD Coin (USDC), ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu informasi atau berita terkini tentang USDC di bawah ini.

Apa itu USD Coin (USDC)?

USD Coin (USDC) adalah stablecoin yang nilainya sesuai Dolar Amerika Serikat dengan rasio 1:1. Artinya, setiap USDC yang beredar nilainya didukung oleh $1 yang disimpan sebagai cadangan uang tunai dan obligasi di U.S. Treasury bonds.

Centre Consortium, perusahaan teknologi dibalik USDC mengklaim bila USDC dikeluarkan oleh lembaga keuangan yang teregulasi.

Transparansi USDC yang dicadangkan terjamin di mana dibuktikan oleh perusahaan jasa akuntansi tepercaya, Grant Thornton LLP. kamu bisa melihat detailnya di website Circle.

Awalnya, USD Coin diluncurkan secara terbatas pada September 2018. Dengan salah satu tagline “digital money for the digital age”, kini USDC sudah menjadi stablecoin yang dirancang untuk dunia di mana transaksi secara digital menjadi lebih umum.

USDC adalah bagian dari token ERC-20 di jaringan Blockchain Ethereum. Sehingga USDC bisa diintegrasikan dengan aplikasi yang berada di Ethereum.

Tujuan USD Coin adalah untuk menciptakan ekosistem di mana USDC bisa diterima di beragam wallet, exchange, service provider, dan dApps. Selain itu aset kripto atau cryptocurrency ini juga diharapkan bisa menjadi tempat yang aman bagi crypto traders di saat volatilitas.

Pendiri USD Coin (USDC)

USD Coin (USDC) hadir dari joint venture project antara Circle dan Coinbase. Circle sendiri adalah perusahaan teknologi sistem pembayaran Blockchain. Sementara Coinbase adalah exchange ternama di Amerika Serikat. Circle didirikan tahun 2014 oleh Jeremy dan Sean, lalu Coinbase didirikan tahun 2012 oleh Brian and Fred.

Apa itu USD Coin (USDC)_

Cara Kerja USD Coin (USDC)

Smart contract (dengan standar ERC-20) memungkinkan proses tokenisasi (tokenization) yang mencakup langkah-langkah berikut:

  • Permohonan untuk proses verifikasi dan KYC;
  • Dalam proses penyelesaian KYC, pengguna akan menerima rekening bank tertentu untuk wire transfer,
  • Penerbit USDC menggunakan smart contract untuk pembuatan jumlah USDC yang dikirim oleh pengguna;
  • Pelanggan akan mendapatkan USDC sementara sejumlah dolar AS yang dikirim akan disimpan sebagai cadangan.

Saat pelanggan mengonversi stablecoin menjadi USD, maka diperlukan proses sebaliknya. Setelah mengirim petisi (permintaan khusus tertentu) ke penerbit USDC, kontrak pintar digunakan kembali untuk pertukaran.

USD Coin (USDC) berjalan di bawah jaringan Ethereum yang merupakan blockchain terdesentralisasi dan bisa diprogram sehingga memungkinkan pengembang membuat sejumlah besar aplikasi dan token.

Setiap USDC didukung oleh satu dolar AS yang disimpan di bank, memungkinkan stablecoin untuk mempertahankan nilai tukar satu-ke-satu dengan Dolar AS.

Stablecoin seperti USDC memiliki berbagai kegunaan, berikut beberapa di antaranya:

  • Kirim uang dengan murah dan cepat, di mana saja di dunia tanpa melalui bank
  • Bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi dengan meminjamkan USDC kamu melalui berbagai aplikasi keuangan terdesentralisasi (atau DeFi).

Koin USD tidak hanya dicetak begitu saja. Circle menjamin bahwa setiap token USDC didukung dengan satu dolar AS. Proses mengubah dolar AS menjadi token USDC disebut tokenisasi.

Tidak seperti stablecoin Tether (USDT) yang paling populer, pembuat USDT berkewajiban untuk memberikan transparansi penuh dan bekerja dengan berbagai lembaga keuangan untuk mempertahankan cadangan penuh dari mata uang fiat yang setara.

Semua penerbit USDC diharuskan untuk secara teratur melaporkan kepemilikan USD mereka, yang kemudian diterbitkan oleh Grant Thornton LLP.

Token USDC

USDC adalah token ERC-20 yang memungkinkan seluruh penggunanya untuk melakukan pembayaran, pinjaman, investasi dan perdagangan. Tujuan dibuatnya USD coin adalah untuk membuat transaksi menjadi lebih cepat dan lebih murah daripada pembayaran tradisional.

Setiap nilai USD Coin dipastikan bernilai dengan satu dolar di bank, untuk membuat pembayaran kripto melalui blockchain menjadi lebih bisa diandalkan dengan mengurangi fluktuatif harga.

Saat ini, harga USDC ke IDR adalah Rp14,947 untuk per asetnya. Pada awal tahun 20121, sudah ada 9 miliar dolar AS USDC yang telah dicetak oleh Circle.

Dengan menggunakan USD Coin, kamu bisa memindahkan dolar AS ke mana saja dan kapan saja, hanya dalam hitungan menit. Token ini membawa stabilitas untuk nilai aset kripto.

Tempat Membeli Token USDC

Selain Coinbase dan Binance, kamu bisa membeli token USDC di berbagai crypto exchange termasuk Kraken, Bitstamp, Poloniex, Kucoin, Tokocrypto, Indodax, Pintu, dll. USDC juga tersedia di berbagai platform terdesentralisasi, seperti Uniswap (V2), Sushiswap, Compound, dan lainnya.

Kesimpulan

Karena USD Coin atau USDC adalah stablecoin, ini menjadi sangat aman untuk disimpan sebagai pelindung nilai. Tidak seperti mata uang kripto (cryptocurrency) pada umumnya yang sangat fluktuatif, seperti BTC, DOGE, ETH, XRP, HBAR, dll. Stablecoin dianggap sebagai solusi hebat dengan banyak prospek cerah di masa depan.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button