Apa itu MetaMask? Crypto Wallet dan Browser Untuk Ethereum

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernah dengar apa itu MetaMask? MetaMask merupakan salah satu crypto wallet paling populer di kalangan para trader kripto. Saat ini jual-beli mata uang kripto sudah semakin marak, dan kebutuhan terhadap crypto wallet (dompet kripto) juga meningkat.

Nah, karena itulah MetaMask hadir sebagai solusi bagi para trader untuk menyimpan mata uang digitalnya di dompet ini. Untuk lebih memahami tentang apa itu MetaMask, yuk simak penjelasan dari Teknatekno berikut ini.

Mengenal Apa itu MetaMask

MetaMask merupakan software cryptocurrency wallet (dompet kripto) yang digunakan untuk menyimpan Ethereum dan menukar mata uang kripto. Pengguna bisa menyimpan Ether dan token ERC-20 lainnya, sehingga mereka bisa melakukan transaksi ke alamat Ethereum mana pun.

Pada dasarnya, dompet kripto bekerja menyimpan informasi tentang mata uang kripto yang dimiliki, sementara uang kriptonya sendiri hanya ada di database besar yang disebut ledger.

Cryptocurrency bisa dipindahkan di sekitar blockchain, tetapi tidak bisa meninggalkannya. MetaMask membantu pengguna memindahkan uang kripto dengan kunci pribadi.

Dengan menggunakan MetaMask, pemilik aset kripto bisa menyimpan aset mereka dengan lebih aman. Sistem keamanan MetaMask memungkinkan hanya pelanggan yang bisa mengakses aset mereka sendiri.

Ini merupakan peningkatan keamanan dibandingkan menyimpan kripto di akun bursa terpusat seperti Binance, di mana bursa yang memegang aset penggunanya.

Selain itu, MetaMask juga digunakan untuk berinteraksi dengan blockchain Ethereum dan juga menampung berbagai aplikasi terdesentralisasi (dApps).

MetaMask berharap dengan bantuan platform mereka, browsing dApps menjadi lebih praktis dan mudah diakses, termasuk akses game-game NFT berbasis Ethereum seperti The Sandbox dan CryptoKitties.

Mengenal Apa itu MetaMask

Apa Saja Fitur di MetaMask?

Berikut beberapa fitur yang tersedia di MetaMAsk:

1. Beli Token

Fitur built-in coin purchasing memungkinkan pengguna untuk membeli token langsung dari dompet MetaMask. MetaMask terhubung langsung dengan dua tempat exchange kripto untuk membeli token Ether, yaitu Coinbase dan ShapeShift.

2. Simpan Token

MetaMask menyediakan semua yang di butuhkan untuk mengelola aset digital yang kamu miliki, termasuk brankas kunci, login aman, dan dompet token. Pengguna membuat dan menavigasi di antara beberapa dompet dalam aplikasi.

Pengguna baru diberikan serangkaian frasa awal ketika pertama kali membuat akun, frasa-frasa ini nantinya digunakan untuk memulihkan akun mereka jika perlu.

3. Tukar Token (MetaMask Swaps) Metta

Dompet kripto ini juga menyediakan layanan terintegrasi untuk bertukar token Ethereum. Mereka menggabungkan beberapa pertukaran terdesentralisasi (DEX) untuk menemukan nilai tukar terbaik, sehingga pengguna bisa melakukan penukaran token dengan harga semurah mungkin.

Fitur ini disebut sebagai MetaMask Swaps dan biaya layanan yang dibebankan sebesar 0,875% dari jumlah transaksi.

4. Explore Aplikasi-Aplikasi Blockchain

MetaMask menyediakan cara paling sederhana dan paling aman untuk terhubung ke aplikasi berbasis blockchain. Pengguna selalu memegang kendali saat berinteraksi di web baru yang terdesentralisasi.

5. Miliki Datamu Sendiri

MetaMask memberikan kata sandi dan kunci di perangkat pengguna, jadi hanya pengguna yang memiliki akses ke akun dan datanya sendiri. Pengguna selalu bisa memilih sendiri apa yang akan dibagikan dan apa yang harus dirahasiakan.

6. EIP-1559

EIP-1559 merupakan fitur terbaru MetaMask yang sedang dikembangkan. Fitur ini menghilangkan lelang harga pertama dan menggantinya dengan penjualan harga tetap.

Maka dari itu, orang yang mengajukan transaksi tidak perlu menebak-nebak berapa banyak gas yang dibutuhkan, karena akan ada ‘biaya dasar’ secara eksplisit untuk dimasukkan di blok berikutnya.

Tujuan dari fitur ini adalah membuat biaya gas lebih transparan bagi pengguna, sehingga estimasi dompet lebih akurat dan biaya transaksi lebih bisa diprediksi. Akan ada manfaat user experience tambahan seperti mengotomatiskan mekanisme penawaran biaya, sehingga mengurangi keterlambatan dalam konfirmasi transaksi.

7. Sinkronisasi Antar Device

Pengguna bisa menyinkronkan dompet ekstensi MetaMask dengan ponsel. Berikut cara menyinkronkan dompet antar device dengan menggunakan fitur Sinkronisasi Seluler MetaMask:

  1. Unduh MetaMask mobile di MetaMask.io.
  2. Buka aplikasi mobile MetaMask di Android atau iOS.
  3. Pilih Sync or Import.
  4. Pilih Scan QR code.
  5. Log in ke ekstensi MetaMask kamu.
  6. Klik Settings lalu pilih Advanced.
  7. Klik opsi Sync with Mobile. Kamu akan melihat kode QR.
  8. Scan kode QR ini dengan aplikasi seluler MetaMask kamu.

Apa yang Jadi Kelebihan dan Kekurangan MetaMask?

Berikut beberapa kelebihan MetaMask:

  • Tersedia sebagai ekstensi browser dan sebagai aplikasi mobile (Android maupun iOS).
  • Bisa mensinkronisasi dompet ekstensi MetaMask dengan aplikasi mobile MetaMask.
  • Open source, yang berarti ada komunitas pembangunan besar yang berkontribusi pada pengembangannya.
  • Mempermudah browsing DApps, termasuk game-game NFT seperti CryptoKitties.
  • Bisa menyimpan, menampilkan, dan mengirim koleksi NFT.
  • Mengintegrasikan pertukaran ShapeShift dan Coinbase untuk memudahkan pertukaran ETH dan token ERC-20 lainnya.
  • Terintegrasi dengan perangkat Ledger.
  • Bisa melakukan token swap peer-to-peer langsung dari dompet MetaMask, tanpa perlu berinteraksi dengan platform perantara sehingga mengurangi risiko dan juga biaya
  • Aman karena MetaMask menyimpan kunci pribadi pengguna secara lokal, bukan di cloud.

Adapun yang menjadi kekurangan MetaMask yaitu:

  • Walaupun lebih praktis dan fleksibel, adanya ekstensi browser juga memberikan risiko browser bisa mengakses frasa yang menjadi kata sandi dompetdan risiko phishing.
  • Hanya men-support Ethereum (ETH), tidak seperti Trust Wallet yang men-support berbagai jenis aset dan koin kripto.

Mengenal MetaMask

Cara Install Ekstensi Browser Chrome MetaMask

Setelah memahami apa itu MetaMask, beserta fitur-fitur dan kelebihan serta kekurangannya, sekarang Sobat Pintar bisa mencoba menggunakan MetaMask. Berikut ini cara install ekstensi browser MetaMask di browser Chrome:

  1. Pergi ke laman berikut: ekstensi Chrome MetaMask dan klik tombol Add to Chrome.
  2. Ekstensi MetaMask juga tersedia di Firefox: ekstensi Firefox MetaMask.
  3. Setelah instalasi selesai, klik tombol Get Started pada boks dialog yang muncul.
  4. Klik Create a Wallet.
  5. Kamu akan diminta membuat kata sandi. Jika sudah, klik Create.
  6. MetaMask akan menunjukkan dua belas kata yang menjadi frasa seed. Frasa ini sangat penting jadi harus disimpan di tempat yang aman.
  7. Klik tombol I’ve copied it somewhere safe atau Save seed words as file.

Cara Beli dan Kirim Token Ethereum di MetaMask

Kamu bisa membeli maupun mengirim Token Ethereum di MetaMask dengan langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi MetaMask.
  2. Klik Buy untuk membeli token.
  3. Pilih antara Coinbase atau Shapeshift untuk mengisi token.
  4. Jika ingin mengirim token, pilih menu Send.
  5. Masukkan alamat pengiriman beserta jumlah koin yang ingin dikirim.
  6. Klik Accept.

Cara Menambahkan Token di MetaMask

MetaMask mendukung Ether dan semua token ERC-20. Adapun cara menambahkan token di dompet MetaMask yaitu:

  1. Buka menu Add Tokens.
  2. Klik Search.
  3. Masukkan jenis koin yang ingin ditambahkan. Klik Next.
  4. Pengguna juga bisa menggunakan fitur Custom Tokens dengan memasukkan alamat smart contract, simbol, dan tempat decimal token.

Kesimpulan

MetaMask adalah software cryptocurrency wallet (dompet kripto) yang digunakan untuk menyimpan Ethereum dan menukar mata uang kripto. Pengguna bisa menyimpan Ether dan token ERC-20 lainnya, sehingga mereka bisa melakukan transaksi ke alamat Ethereum mana pun.

MetaMask juga digunakan untuk berinteraksi dengan blockchain Ethereum dan juga menampung berbagai aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Related Articles

Back to top button