Apa itu dYdX (DYDX)? Crypto yang Curi Perhatian di Tengah Bearish

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Sebelum kamu memutuskan untuk membeli token dYdX (DYDX), ada baiknya mengenal lebih dulu apa itu dYdX (DYDX). Tujuannya untuk menghindari dan meminimalisir kerugian yang bisa saja terjadi.

Maka dari itu, kali ini Teknatekno akan membahas seputar apa itu dYdX (DYDX), mulai dari pengertiannya, cara kerjanya, sampai dengan prediksi harga token DYDX yang perlu kamu ketahui.

Mengenal Apa itu dYdX (DYDX)

dYdX adalah platform perdagangan terdesentralisasi lapisan-2 yang dibangun di atas Ethereum (ETH) yang mendukung banyak produk keuangan seperti perdagangan abadi, perdagangan margin, perdagangan dengan leverage, dan perdagangan spot.

Secara sederhana, ini menggabungkan buku pesanan off-chain dengan lapisan penyelesaian on-chain untuk memungkinkan perdagangan dua arah. Menurut situs web resmi, platform pertukaran terdesentralisasi dYdX telah memantapkan dirinya sebagai salah satu yang terbesar di dunia pertukaran crypto.

Karena platform ini menawarkan sekitar 64.000 pedagang unik, total volume $11 miliar di seluruh perpetual dan margin, dan $250 miliar dalam transaksi kilat dari kumpulan likuiditas dYdX.

dYdX hadir untuk berusaha membangun platform pertukaran crypto yang kuat dan profesional untuk memperdagangkan aset kripto dimana para pengguna dapat benar-benar memiliki perdagangan mereka dan pada akhirnya pertukaran itu sendiri.

Mengenal Apa itu dYdX (DYDX)

Cara Kerja dYdX

Platform dYdX sekarang dibagi menjadi dua lapisan utama yang menawarkan produk DeFi dengan fitur yang berbeda, yaitu:

  1. Margin: Perdagangan Spot dan Margin pada Layer 1 Ethereum.
  2. Perpetual: Trading di Layer 2 didukung oleh Starkware (baru-baru ini dirilis).

Perdagangan Spot dan Margin pada Layer 1 Ethereum adalah platform perdagangan yang berjalan di Kontrak Cerdas dari blockchain Ethereum yang memungkinkan untuk berdagang tanpa perantara. Ini memiliki produk dan fitur berikut:

  • Perdagangan Spot dan Margin dengan leverage hingga 5x mendukung tiga pasangan: ETH-DAI, ETH-USDC, dan DAI-USDC.
  • Perdagangan abadi ( dimigrasikan ke Layer 2 ) dengan leverage hingga 10x mendukung tiga pasangan: BTC-USD, ETH-USD, LINK-USD.
  • Pinjaman tanpa pinjaman minimum dan masa tunggu, mendukung token ETH, DAI, dan USDC.
  • Meminjam dengan agunan minimal 125%, mendukung token ETH, DAI, dan USDC dan agunan harus di atas 115% agar tidak dilikuidasi.
  • Perpetual perdagangan non-kustodian berjalan pada sistem blockchain lapisan-2. Sistem beroperasi secara terpisah dari protokol dYdX sebelumnya di Ethereum.

Perdagangan diproses di luar rantai dan menyerahkan bukti validitas ke rantai Ethereum, ini disebut ZK-Rollups (Zero-Knowledge rollups) – Solusi lapisan 2 Ethereum yang didukung oleh Starkware. Pada dasarnya, ZK-rollup memiliki fitur berikut:

  • Kecepatan validasi lebih tinggi karena status diperbarui setelah validasi off-chain.
  • Fitur aman dan terdesentralisasi tetap ada sejak data disimpan di blockchain Ethereum.
  • Biaya gas dan biaya perdagangan yang lebih rendah lebih disukai.
  • Starkware tidak mempublikasikan semua detail transaksi secara on-chain; oleh karena itu, privasi pedagang diberikan.

Perpetual powered by Starkware menawarkan produk perdagangan yang memiliki fitur, termasuk:

  • Leverage hingga 25x.
  • Buku pesanan lintas margin dan off-chain.
  • Hanya menerima USDC sebagai jaminan.
  • Pencegahan terdepan.

Selain itu, dYdX mendukung manajemen Portofolio bagi para pedagang untuk memantau perdagangan mereka, mengklaim Hadiah Perdagangan, dan mendapatkan Diskon Biaya berdasarkan volume perdagangan mereka.

Untuk setiap platform perdagangan, umpan data harga atau oracle harga adalah bagian penting karena secara langsung mempengaruhi manfaat dan pengalaman pengguna. dXdX menggunakan chainlink dan MakerDAO oracle untuk memberi makan data harga melalui Smart Kontrak berjalan pada Ethereum blockchain.

Apa itu Token DYDX?

DYDX adalah token utilitas asli yang digunakan dalam platform pertukaran dYdX. DYDX dibuat dengan standar token ERC-20 yang diciptakan dan didistribusikan di jaringan blockchain Ethereum (ETH).

Untuk fungsional utama, token ini digunakan sebagai token tata kelola dan untuk diskon biaya transaksi di pertukaran dYdX itu sendiri.

Pada pemegang token DYDX dapat berpartisipasi dalam proses tata kelola platform. Mereka memutuskan apakah sebuah proposal diadopsi oleh komunitas, yang memengaruhi masa depan platform.

Selain itu keuntungan lainnya ialah para pemegang token ini juga bisa mendapatkan potongan diskon jika mereka bertransaksi di platform pertukaran crypto dYdX. Untuk suplai maksimal koin ini sendiri, pengembang menetapkan hanya sampai 1.000.000.000 koin DYDX.

Apa Saja Kasus Penggunaan Token DYDX?

DYDX adalah token utilitas platform dYdX dan memiliki fungsi, adapun penggunaannya termasuk:

  • Tata Kelola: Pemegang DYDX dapat berpartisipasi dalam mekanisme tata kelola untuk memberikan suara pada proposal protokol.
  • Insentif: 25% dari pasokan token (250.000.000 DYDX) akan didistribusikan ke pedagang yang berkontribusi volume perdagangan di platform.
  • Diskon Biaya: Mirip dengan BNB di Binance Exchange, pengguna akan menerima diskon saat berdagang di platform dYdX, tergantung pada jumlah kepemilikan token DYDX.
  • Staking: Pemegang token DYDX dapat mempertaruhkan token mereka di kumpulan Modul Keamanan untuk mendapatkan hadiah tambahan.

Alokasi atau Tokenomic Token DYDX

Token DYDX memiliki total pasokan maksimum 1.000.000.000 token yang didistribusikan sebagai berikut:

  1. Komunitas: 50% – 500.000.000 DYDX :
    – Imbalan Perdagangan Pengguna: 25% – 250.000.000 DYDX.
    – Hadiah Retroaktif: 7,5% – 75.000.000 DYDX.
    – Imbalan Penyedia Likuiditas: 7,5% – 75.000.000 DYDX.
    – Perbendaharaan Komunitas: 5% – 50.000.000 DYDX.
    – Pool Staking Likuiditas: 2.5% – 25.000.000 DYDX.
    – Imbalan Penyedia Likuiditas: 2.5% – 25.000.000 DYDX.
  2. Investor: 27,73% – 277.295.070 DYDX.
  3. Karyawan & Konsultan dYdX Trading atau Foundation: 15,27% – 152,704,930 DYDX.
  4. Karyawan Berjangka & Konsultan dYdX Trading atau Foundation: 7% – 70.000.000 DYDX. Mulai lima tahun setelah peluncuran, tingkat inflasi 2% per tahun dari token DYDX memastikan sumber daya yang cukup untuk pengembangan protokol.
  5. Komunitas: 54,7% :
    – Imbalan Perdagangan Pengguna: 22,7%.
    – Hadiah Retroaktif: 6,8%.
    – Imbalan Penyedia Likuiditas: 6,8%.
    – Perbendaharaan Komunitas: 4,5%.
    – Kolam Taruhan Likuiditas: 2,3%.
    – Imbalan Penyedia Likuiditas: 2,3%.
  6. Investor: 25,1%.
  7. Karyawan & Konsultan dYdX Trading atau Foundation: 13,8%.
  8. Karyawan & Konsultan Berjangka dari dYdX Trading atau Foundation: 6,3%.

Harga Token DYDX

Harga satu koin crypto DYDX saat artikel ini dibuat adalah $17.00 USD. Berdasarkan data peringkat di situs populer CoinMarketCap, saat ini dYdX (DYDX) cryptocurrency berada di urutan ke-113 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $957.506.465 USD.

Adapun jumlah koin DYDX yang saat ini sudah beredar adalah sebanyak 56.337.466 koin DYDX dengan jumlah suplai maksimal koin yang dibatasi hanya sampai 1.000.000.000 koin DYDX.

Tempat Membeli Token DYDX

Buat kamu yang ingin tahu di mana membeli dYdX, kamu bisa menemukannya di bursa teratas seperti:

  • Binance
  • Mandala Exchange
  • OKEx
  • FTX
  • Huobi Global

Kesimpulan

dYdX adalah platform perdagangan terdesentralisasi lapisan-2 yang dibangun di atas Ethereum (ETH) yang mendukung banyak produk keuangan seperti perdagangan abadi, perdagangan margin, perdagangan dengan leverage, dan perdagangan spot.

Tujuan dari dYdX adalah untuk memberikan layanan perdagangan yang aman dengan biaya dan gas rendah. Untuk mencapai ini, platform dYdX sekarang bergerak menuju Lapisan 2 dengan bantuan StarkWare untuk meningkatkan kapasitas penyelesaian perdagangannya.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like