Apa itu Phala Network (PHA) dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernahkah kamu mendengar apa itu Phala Network (PHA)? Amazon Web Services (AWS) dan Google Cloud merupakan dua platform pemimpin pasar dalam industri cloud computing.

Kedua platform tersebut menyediakan server, penyimpanan, jaringan, komputasi jarak jauh, email, pengembangan seluler, dan keamanan berbasis cloud untuk individu, perusahaan, dan pemerintah.

Saat ini telah muncul Phala Network (PHA) sebuah protokol cloud computing terdesentralisasi yang bertujuan untuk menyaingi kedua platform tersebut.

Lantas, sebenarnya apa Phala Network (PHA) itu? Bagaimanakah token cryptocurrency ini bekerja? Yuk simak penjelasan dari Teknatekno berikut ini.

Mengenal Phala Network (PHA)

Phala Network adalah sebuah platform yang menyediakan layanan cloud computing terdesentralisasi untuk penyimpanan dan pemeliharaan data berbasis web.

Platform ini diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan layanan ini melalui jaringan global sumber daya komputasi yang terdesentralisasi dengan kemampuan untuk meningkatkan kinerja sambil juga mengoptimalkan kerahasiaan dan keamanan.

Untuk mencapai tujuannya tersebut, Phala Network menggunakan dua jenis partisipan “worker node” yang memungkinkan jaringan untuk beroperasi, diantaranya adalah:

  • Gatekeeper nodes yang berfungsi untuk mengatur interaksi antara pengguna jaringan Phala, serta interaksi dengan blockchain lainnya. Node gatekeeper bertanggung jawab untuk mempertahankan status blockchain dan aturan konsensus.
  • Miner nodes yang bertugas untuk menjalankan jaringan CPU dan memenuhi berbagai tanggung jawab komputasi dengan menyewakan daya komputer mereka ke jaringan.

Dengan dua node tersebut platform ini bisa memisahkan antara konsensus dan tanggung jawab komputasi di seluruh jaringan.

Sebagai catatan, tim Phala meluncurkan Khala (PHA) di jaringan Kusama untuk menyediakan jaringan komputasi awan di platformnya. Khala mengamankan lelang slot parachain keempat pada Juli 2021.

Mengenal Phala Network (PHA)

Pendiri Phala Network (PHA)

Phala didirikan pada tahun 2018 oleh Phala Network Foundation dan dipimpin oleh mantan Insinyur Perangkat Lunak Google Hang Yin, antara lain mantan Manajer Produk Tencent Marvin Tong.

Phala Network Foundation telah mengumpulkan $1,68 juta selama dua putaran penjualan token pribadi sejak 2019, menghasilkan 15% dari pasokan token awal didistribusikan kepada investor.

Proyek ini juga menerima tiga hibah Yayasan Web3. Token kripto PHA diluncurkan sebagai token Ethereum pada September 2020 dan sebagai token Kusama pada 2021.

Cara Kerja Platform Phala Network (PHA)

Phala sedang dibangun sebagai parachain Polkadot, yang merupakan blockchain khusus yang dimasukkan ke dalam blockchain Polkadot utama, yang disebut Relay Chain.

Relay Chain bertanggung jawab atas keamanan bersama, penyelesaian transaksi, dan konsensus Polkadot (DOT). Melalui integrasi dengan Relay Chain, Phala mendapat manfaat dari fitur dasar Polkadot.

Selanjutnya, sebagai parachain, Phala percaya akan cepat terhubung ke parachains lain yang dibangun di ekosistem Polkadot.

Peserta Phala, yang mengirim permintaan ke jaringan sebagai transaksi dan node penambang, melakukan perhitungan yang diperlukan untuk memastikan validitas transaksi dan integritas jaringan.

Untuk memberikan kerahasiaan, pekerjaan pada CPU node penambang dilakukan dalam enklave aman yang disebut Trusted Execution Environment (TEE).

Area terenkripsi di dalam sebagian besar prosesor komputer modern memastikan bahwa bahkan pemilik mesin penambangan tidak dapat melihat atau merusak apa yang disimpan di dalam kantong komputer mereka.

Node penjaga gerbang Phala bertindak sebagai broker untuk membuat enkripsi ujung ke ujung antara pengguna dan Penambang CPU sambil memastikan transaksi tetap pribadi setiap saat.

Setelah informasi sampai ke enklave aman, itu akan dideskripsi dan dieksekusi. Hasil permintaan informasi ini kemudian dienkripsi ulang sebelum dikirim keluar enclave.

Phala menyatakan bahwa setiap komputasi yang berjalan di platform, baik itu data pembelajaran mesin untuk perusahaan atau eksekusi kontrak pintar untuk aplikasi DeFi, bersifat pribadi dan serbaguna di seluruh kasus penggunaan.

Misalnya, Phala memanfaatkan teknologinya untuk membuat Web3 Analytics, sebuah platform yang mengumpulkan dan memproses data pribadi secara rahasia. Kontrak pintar rahasia dapat melakukan analisis data pada data ini hanya jika diizinkan oleh pengguna, memberi mereka kendali penuh atas data mereka sendiri.

Keunikan Phala Network

Phala Network menangani masalah kepercayaan pada cloud komputasi. Adapun keunikan dari platform ini jika dibandingkan dengan cloud computing tradisional yang sudah ada, diantaranya adalah:

  1. Blockchain ini adalah platform komputasi tanpa kepercayaan yang memungkinkan pemrosesan cloud besar-besaran tanpa mengorbankan kerahasiaan data. Dibangun di sekitar teknologi privasi berbasis TEE yang sudah tertanam dalam prosesor modern, cloud komputasi terdistribusi Phala Network serbaguna dan rahasia. Dengan memisahkan mekanisme konsensus dari komputasi, Phala memastikan kekuatan pemrosesan sangat skalabel. Bersama-sama, ini menciptakan infrastruktur untuk cloud komputasi tanpa kepercayaan yang kuat, aman, dan dapat diskalakan.
  2. Sebagai anggota parachain dari ekosistem lintas rantai Polkadot, Phala akan dapat memberikan daya komputasi ke aplikasi blockchain lainnya sambil melindungi lapisan data, memungkinkan kemungkinan seperti posisi perdagangan DeFi yang dilindungi privasi dan riwayat transaksi, komputasi bersama data rahasia DID, mengembangkan jembatan lintas rantai simpul ringan, dan banyak lagi.
  3. Layanan on-chain yang saat ini sedang dikembangkan di Phala Network mencakup Web3 Analytics: kontrak pintar berkinerja tinggi dari Phala memungkinkan analitik data massal yang sangat bersamaan dengan privasi, membuka jalan bagi alternatif Google Analytics yang secara inheren menghormati kerahasiaan individu.

Apa itu Token PHA

Apa Itu Token PHA?

PHA adalah token utilitas asli yang digunakan pada Phala Network sebagai penggerak ekonomi di jaringan cloud. PHA ini memiliki suplai pasokan sebanyak 1.000.000.000 token.

Adapun beberapa kegunaan token PHA adalah:

  1. Sebagai token pembayaran dimana setiap Setiap peserta yang ingin membeli sumber daya dan layanan komputasi dapat melakukannya dengan PHA. Baik itu blockchain eksternal yang perlu menambahkan sumber daya atau individu yang ingin menyimpan data secara rahasia. Selain itu bagi mereka yang menyediakan sumber daya untuk mengamankan jaringan dapat dibayar dalam PHA.
  2. Stacking dimana PHA juga digunakan oleh node gatekeeper dan miner, yang harus mempertaruhkan PHA mereka. hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa jika mereka bertindak jahat, PHA mereka yang dipertaruhkan akan dipotong sebagai hukuman.
  3. Token tata kelola, yaitu siapa pun yang memiliki token PHA dapat menjadi pemangku kepentingan dan berpartisipasi dalam tata kelola rantai parachain, yang berarti mereka dapat memberikan suara pada setiap perubahan yang diusulkan pada jaringan Phala.

Update Harga Token PHA

Harga terbaru token PHA 09 Juni 2022 Pada saat ini adalah $0.164 CAD dengan volume perdagangan 24 jam sebesar $6,354,314 CAD. Token ini pernah mencapai harga tertingginya senilai $1,366 CAD yang terjadi pada 15 September 2021.

Note: Harga pada coinmarketcap selalu berubah mengikuti harga perdagangan, juga perlu diperhatikan jika teman sekalian ingin melakukan trading atau hanya berinvestasi di crypto selau cek update dan perkembangan dari developer dan project terkini berlaku untuk semua koin crypto.

Peringkat cryptocurrency di situs CoinMarketCap, saat ini Phala Network (PHA) berada di urutan ke #488 dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar $44,589,422 CAD dan Volume 24 jam sebesar $5,811,433 CAD. Sebanyak 272,000,000.00 koin PHA sudah beredar dan ditransaksikan di berbagai bursa kripto saat ini.

Tempat Membeli Token PHA

Buat kamu yang tertarik untuk membeli dan ingin menjadikan token PHA sebagai salah satu portofolio investasi cryptocurrency kamu, token ini bisa kamu dapatkan dengan membelinya di bursa seperti:

  • Binance
  • OKX
  • MEXC
  • CoinTiger
  • BingX

Apakah Phala Network (PHA) Investasi yang Menguntungkan

Salah satu point suatu aset cryptocurrency di anggap legit adalah adanya proyek dan penggunaan nyata. Phala Network (PHA) bermanfaat bagi para penggunanya layanan cloud computing yang menginginkan cara yang lebih pribadi dan anonim.

Platform ini dapet menjadi alternatif selain AWS dan Google Cloud bagi bisnis yang mencari solusi teknis yang mematuhi peraturan privasi dan dapat mengurangi risiko pelanggaran data.

Proyek kedepannya adalah Decentralized Finance yang ingin menambahkan fitur kerahasiaan atau komputasi data on-chain mungkin ingin melakukannya dengan menggunakan Phala Network.

Kesimpulan

Phala Network adalah protokol yang menjaga privasi untuk perlindungan data dan smart contract blockchain. Phala Network menjamin eksekusi smart contract yang andal sambil menjaga kerahasiaan data. Namun perlu teman ingat adalah do your own risk (DYOR) karena harga pasar berubah sewaktu waktu. Terima kasih

Related Articles

Back to top button