Apa itu Gitcoin (GTC)? Proyek Crypto Berbasis Komunitas

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Buat kamu yang tertarik untuk membeli saham Gitcoin (GTC), yuk simak penjelasan dari Teknatekno berikut seputar aset crypto bernama Gitcoin (GTC) ini.

Salah satu token komunitas yang sangat sukses adalah DogeCoin (DOGE) yang sempat menembus harga $ 1 untuk setiap koin DOGE. Gitcoin (GTC) juga merupakan token berbasis komunitas yang ditujukan untuk membangun internet terbuka dan mendukung infrastruktur baru untuk Web 3.0.

Mengenal Gitcoin (GTC)

Didirikan oleh Kevin Owocki pada tahun 2017, Gitcoin adalah sebuah platform pengembangan dan jaringan Web3 yang menghubungkan para pengembang dari seluruh dunia dengan proyek open source untuk belajar, menghasilkan, dan membangun.

Web3 adalah istilah umum yang mengacu pada aplikasi internet sumber terbuka yang terdesentralisasi yang berfondasikan teknologi blockchain.

Platform Gitcoin ini berupaya untuk secara aktif dan kolaboratif untuk membangun internet sumber terbuka yang memberdayakan secara ekonomi bagi komunitas dan pesertanya.

Selain itu mereka juga menyediakan dana dan hibah yang membantu membangun komunitas di sekitar proyek dan teknologi Web3. Ini termasuk hibah pengembang Gitcoin.

Mengenal Gitcoin (GTC)

Keunggulan dan Manfaat Gitcoin (GTC)

Dikarenakan platform Gitcoin (GTC) adalah proyek cryptocurrency berbasis komunitas, adapun beberapa manfaat yang dirasakan oleh para anggotanya adalah sebagai berikut:

1. Menghasilkan

Dengan platform ini memudahkan untuk mendapatkan uang karena berkontribusi dalam pengembangan proyek Web3 yang berarti.

Setelah mendapatkan jutaan dollar dalam pendanaan untuk berbagai proyek, platform ini menyediakan beberapa jalan di mana kontributor dapat memperoleh penghasilan dengan membantu mengembangkan teknologi open source mutakhir.

Ini termasuk hackathon yang disponsori, hibah komunitas yang didanai, dan hadiah. Gitcoin memberikan kesempatan bagi pengembang dan pemrogram untuk menghasilkan.

Pengembang dapat membantu memecahkan beberapa masalah koordinasi paling penting dengan organisasi pengembangan Web3 yang paling kreatif dan mapan.

Hingga saat ini, lebih dari $18 juta telah diperoleh melalui hadiah Gitcoin, hackathon yang disponsori, dan hibah komunitas. Selanjutnya, anggota komunitas Gitcoin dapat memperoleh Kudos sebagai imbalan atas kontribusi mereka terhadap ekosistem (dibahas nanti).

2. Mempelajari

Gitcoin menciptakan peluang untuk menghasilkan uang dari membangun teknologi Web3 sumber terbuka. Plus, ia juga menawarkan banyak informasi untuk membantu pengembang baru unggul dalam komunitas Web3 yang terdesentralisasi.

Silabus Gitcoin terdiri dari beberapa media interaktif. Ini termasuk pencarian gamified untuk mendapatkan hadiah dari belajar tentang Web3. Selain itu, pengembang dapat memperoleh pengalaman belajar dengan berpartisipasi dalam program hackathon dan Kernel Fellowship.

3. Hadiah Gitcoin (GTC)

Bounty Gitcoin disediakan oleh beberapa proyek Web3 paling inovatif dan memenuhi semua tingkat keahlian. Contoh bounty Gitcoin termasuk kontes keamanan, pembuatan fitur, desain antarmuka pengguna (UI), dan pembuatan konten.

Bounty Gitcoin dirancang untuk melibatkan komunitas Gitcoin dan menyediakan cara untuk belajar dan menghasilkan dengan menyelesaikan tugas dan tantangan.

4. Hackathon Bersponsor

Peserta dapat memperoleh hadiah dengan meretas berbagai solusi kreatif di berbagai protokol. Gitcoin adalah tempat yang tepat untuk bekerja sama dengan pembuat Web3 lainnya untuk membantu mendorong industri ke depan dan menciptakan sesuatu yang baru dan menarik.

5. Hibah Pengembang Gitcoin

Tersedia juga fasilitas pendanaan dan crowdsourcing disediakan untuk pengembang proyek open-source yang bermanfaat bagi publik. Hibah pengembang Gitcoin berjalan setiap tiga bulan. Selain itu, mereka memungkinkan peserta untuk mendapatkan bagian dari kumpulan dana yang telah membantu mem-bootstrap ribuan proyek.

Dengan adanya hibah pengembang Gitcoin membuatnya banyak proyek baru dengan mudah untuk mengumpulkan bakat dan pendanaan dari seluruh dunia. Hasilnya, proyek dapat membuat produknya dibuat, diuji, dan siap dipasarkan dengan lebih cepat, dan lebih efisien.

6. Menghubung

Gitcoin adalah tempat yang tepat untuk terhubung dengan beberapa pengembang dan proyek Web3 open-source terkemuka di dunia. Di sini, pengembang dapat membentuk hubungan yang langgeng dengan komunitas pengembang yang berkembang dan bersemangat.

7. Hibah Gitcoin

Gitcoin menggunakan pendanaan kuadrat untuk memastikan bahwa proyek sumber terbuka yang menyediakan utilitas paling banyak untuk kepentingan publik menerima dukungan paling banyak. Pendanaan kuadrat adalah metode penggalangan dana yang efisien dan demokratis.

Keunikan Gitcoin (GTC)

Gitcoin berada di garis depan gerakan Web3. Dengan menyediakan dana, hibah, peluang jaringan, dan pengalaman belajar, platform ini menjadi sarang bagi pengembang sumber terbuka untuk terhubung dan menemukan pendanaan untuk proyek-proyek hebat.

Juga, dengan hibah pengembang Gitcoin, dan hadiah Gitcoin, platform ini bertindak sebagai landasan peluncuran untuk proyek-proyek baru yang melayani publik.

Platformnya terus berkembang. Di masa depan, kami dapat menantikan banyak inovasi dan kolaborasi yang datang dari komunitas Gitcoin GitHub. Selain itu, platform tampaknya akan memainkan peran penting di masa depan pengembangan Web3.

Apa itu Token GTC

Apa itu Token GTC?

GTC adalah token Ethereum jenis ERC-20 yang digunakan sebagai token tata kelola di platform berbasis komunitas Gitcoin.

Token GTC akan digunakan oleh DAO Gitcoin (organisasi otonom terdesentralisasi), untuk mendesentralisasikan platform dan menempatkan masa depan platform di tangan para anggota komunitas di platform ini.

Dengan menggunakan token GTC, Gitcoin bertujuan untuk membangun “DAO yang berpusat pada komunitas dan mandiri yang menghasilkan dana untuk barang publik”. Selain itu, token GTC dapat dijaminkan untuk alokasi dana dan kolusi hibah sehingga komunitas token GTC dapat memutuskan proyek mana yang ingin mereka danai.

Tokenomics GTC

GTC memiliki total suplai pasokan koin sebanyak adalah 100.000.000 token. Adapun distribusinya adalah sebagai berikut:

  • 15% disisihkan untuk airdrop retroaktif
  • 50% di DAO Gitcoin
  • 35% untuk pemangku kepentingan yang ada

Maksud dari distribusi ini adalah untuk membagi GTC secara merata antara kontributor masa lalu dan masa depan. 50% untuk mereka yang telah membangun Gitcoin sejauh ini (retro + pemangku kepentingan) dan 50% untuk pembangun masa depan.

Harga Token GTC

Pada saat artikel ini dibuat, harga token Gitcoin (GTC) adalah $4,73 USD dengan volume perdagangan 24 jam $8.562.975 USD. Dalam daftar peringkat di situs CoinMarketCap, aset cryptocurrency ini berada di urutan ke-428 dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar $67.226.706 USD.

Adapun harga tertinggi koin GTC sepanjang masa adalah $29,03 USD yang terjadi pada 27 November 2021.

Tempat Membeli Token GTC

Buat kamu yang tertarik untuk membeli token GTC ini, kamu bisa mendapatkannya di bursa seperti:

  • Binance
  • Coinbase
  • Kucoin
  • MEXC
  • BingX
  • DigiFinex

Apakah Gitcoin (GTC) Investasi yang Menguntungkan?

Salah satu poin utama suatu aset cryptocurrency dianggap legit adalah memiliki proyek dan penggunaan nyata yang jelas. Profil Gitcoin GitHub, yang dikenal sebagai Gitcoin Core, adalah tempat berkumpulnya banyak ide yang dikembangkan oleh komunitas.

Pada saat penulisan, profil Gitcoin GitHub menawarkan 86 repository, lebih dari 400 rilis, dengan ribuan komit dan ratusan anggota aktif. Jika kamu ingin melihat seperti apa komunitas pengembangan yang aktif, lihat saja komunitas Gitcoin GitHub.

Gitcoin berada di garis depan gerakan Web3. Dengan menyediakan dana, hibah, peluang jaringan, dan pengalaman belajar, platform ini menjadi sarang bagi pengembang sumber terbuka untuk terhubung dan menemukan pendanaan untuk proyek-proyek hebat.

Juga, dengan hibah pengembang Gitcoin, dan hadiah Gitcoin, platform ini bertindak sebagai landasan peluncuran untuk proyek-proyek baru yang melayani publik.

Platformnya terus berkembang. Di masa depan, kami dapat menantikan banyak inovasi dan kolaborasi yang datang dari komunitas Gitcoin GitHub. Selain itu, platform tampaknya akan memainkan peran penting di masa depan pengembangan Web3.

Kesimpulan

Gitcoin adalah sebuah platform pengembangan dan jaringan Web3 yang menghubungkan para pengembang dari seluruh dunia dengan proyek open source untuk belajar, menghasilkan, dan membangun.

Sedangkan GTC adalah token Ethereum jenis ERC-20 yang digunakan sebagai token tata kelola di platform berbasis komunitas Gitcoin.

Related Articles

Back to top button