Apa itu Optimism (OP)? Aset Crypto Dalam Proses Pensklaan Ethereum

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Berikut ini hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang apa itu Optimism (OP) dalam cryptocurrency. Optimisme adalah solusi penskalaan Layer 2 untuk Ethereum yang dapat mendukung semua Dapps Ethereum.

Ethereum telah berkembang menjadi cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan nilai pasar, sebagian besar karena dukungannya untuk kontrak pintar yang mendasari ekosistem yang kuat dari aplikasi terdesentralisasi (dapps) dan platform keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Mengenal Apa itu Optimism (OP)

Optimisme adalah model baru tata kelola demokrasi digital yang dioptimalkan untuk mendorong pertumbuhan ekosistem yang terdesentralisasi secara cepat dan berkelanjutan.

Collective adalah sekelompok komunitas, perusahaan, dan warga negara yang disatukan oleh pakta yang saling menguntungkan untuk mematuhi pepatah bahwa dampak sama dengan keuntungan.

Prinsip bahwa dampak positif bagi kolektif harus dibalas dengan keuntungan bagi individu. Pepatah ini berfungsi sebagai tujuan, yang memotivasi penciptaan ekonomi yang lebih produktif dan berempati.

Optimism Collective akan menghilangkan mitos bahwa barang publik tidak dapat menguntungkan. Kolektif akan secara konsisten memberikan insentif retroaktif besar untuk barang publik yang menguntungkan Optimisme, Ethereum, dan Kolektif secara keseluruhan.

Barang publik ini bertindak sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi Kolektif. Pertumbuhan yang menghasilkan keuntungan bagi Kolektif dan keuntungan yang membiayai investasi lebih lanjut dalam barang publik, yang bersama-sama menghasilkan siklus ekspansi yang didorong oleh dampak.

Mengenal Apa itu Optimism (OP)

Sejarah Optimism (OP)

Dasbor di Dune Analytics menunjukkan bahwa Optimism memotong biaya transaksi Ethereum (juga dikenal sebagai biaya gas) hingga 129 kali lipat. Ini didukung oleh platform DeFi seperti Synthetix dan Uniswap.

Per Dune Analytics, Optimism mengamankan sekitar $740 juta nilai on-chain, pada Maret 2022, turun dari sedikit di atas $1 miliar pada Januari. Optimism diperkenalkan pada Juni 2019, dan testnet dirilis pada Oktober 2019.

Baru pada Januari 2021 alpha mainnet diluncurkan, dan Optimism membutuhkan waktu hingga Oktober 2021 untuk meluncurkan versi mainnet Alpha yang kompatibel dengan Mesin Virtual Ethereum. Mainnet terbuka diluncurkan pada Desember 2021.

Cara Kerja Optimism (OP)

Pada dasarnya Optimism adalah ikhtisar kesepakatan baru yang signifikan. Semua blok yang digulung diadakan pada kontrak pintar Ethereum yang disebut Rantai Transaksi Canonical.

Kecuali pengguna mengirimkan transaksi mereka langsung ke Rantai Transaksi Canonical, blok baru dibuat melalui sesuatu yang disebut sequencer.

Sequencer ini dengan cepat mengesahkan transaksi yang sah, kemudian membangun dan mengeksekusi blok pada Optimism layer 2 sebuah blockchain yang berada di atas blockchain L1, dalam hal ini Ethereum.

Sebuah ‘rollup’, atau kumpulan transaksi Ethereum, adalah apa yang diwakili oleh blok-blok ini. Sequencer kemudian mengirimkan data transaksi kembali ke Ethereum, di mana selanjutnya dikompresi untuk meminimalkan ukuran transaksi (dan karenanya menghemat uang).

Perangkat lunak lapisan 2 Optimism dimaksudkan untuk mereplikasi kode Ethereum sebanyak mungkin. Misalnya, ia menggunakan mesin virtual Ethereum dan mengisi bahan bakar dengan cara yang sama (walaupun dengan tarif yang lebih rendah, berkat solusi rollup yang optimis).

Kamu dapat memindahkan aset ERC-20 apa pun mata uang kripto yang kompatibel dengan standar token Ethereum umum antara Ethereum dan Optimism karena kedua jaringan tersebut sangat mirip.

Apa yang Membuat Optimism (OP) Unik?

Cara paling sederhana untuk mengatasi Optimism adalah dengan menganggapnya sebagai salah satu dari banyak pendekatan untuk menangani masalah pembengkakan negara Ethereum.

Jaringan Ethereum cocok untuk meledak, dan sampai upgrade ke blockchain arus utama menghemat hari, solusi penskalaan seperti Optimism memungkinkan sektor perbankan terdesentralisasi Ethereum untuk berkembang dan tetap dapat digunakan oleh individu yang tidak dapat membayar biaya transaksi yang terlalu tinggi.

Rollup optimis dapat ditingkatkan dengan cara lain juga. Untuk membantu pengguna Ethereum menghemat uang, baik Arbitrum dan Boba Network menggunakan strategi ini. Rollup tanpa pengetahuan, jenis rollup umum lainnya, digunakan oleh Loopring, Immutable X, dan ZKSync.

Koin lokal untuk menutupi biaya gas kurang dalam Optimism dan Arbitrum. Ini menggunakan ETH seperti Arbitrum. Arbitrum masih dalam pengujian, dan Optimism juga tidak sepenuhnya terdesentralisasi.

Harga Token OP

Cryptocurrency OP memiliki total pasokan 4.294.967.296 token OP.

Tempat Membeli Token OP

Cryptocurrency OP dapat diperdagangkan di bursa berikut:

  • Binance
  • OKX
  • sedikit demi sedikit
  • MEXC
  • Gate.io
  • KuCoin

Kesimpulan

Optimism adalah solusi penskalaan Layer 2 untuk Ethereum yang dapat mendukung semua Dapps Ethereum. Alih-alih menjalankan semua komputasi dan data di jaringan Ethereum, Optimism menempatkan semua data transaksi on-chain dan menjalankan komputasi off-chain, meningkatkan transaksi Ethereum per detik dan menurunkan biaya transaksi.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button