Apa itu Zcash (ZEC)? Cara Kerja dan Manfaatnya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernah dengar apa itu Zcash (ZEC)? Zcash (ZEC) merupakan mata uang digital cryptocurrency yang sengaja dirancang untuk transaksi cepat dan rahasia dengan biaya yang rendah.

Untuk memahami lebih jelas mengenai apa itu Zcash (ZEC), yuk tambah wawasan kamu dengan menyimak penjelasan dari Teknatekno berikut ini.

Mengenal Apa itu Zcash (ZEC)

Zcash adalah mata uang kripto yang didukung oleh blockchain terdesentralisasi yang tujuan utamanya adalah menyediakan solusi mata uang digital yang berfokus pada privasi. Anonimitas pengguna dan transaksi yang terjadi di blockchain terjamin.

Zcash menggunakan zero-knowledge proofs untuk memverifikasi transaksi sambil menyembunyikan informasi pribadi pengguna serta data transaksi. Zcash dibangun di atas infrastruktur Bitcoin dan memiliki karakteristik serupa dengan mata uang kripto pertama tersebut.

Meski mirip dengan Bitcoin dalam banyak hal, Zcash menawarkan peningkatan anonimitas, privasi, dan fungibilitas kepada penggunanya. Banyak konsumen yang ingin menggunakan kripto, mencari anonimitas, yang telah menjadi fitur langka karena banyak alasan.

Zcash adalah upaya untuk memberikan solusi yang kuat dan fungsional kepada audiens yang sadar privasi. ZEC adalah mata uang kriptonya dan, pada saat penulisan, harganya sekitar $54,50.

Mengenal Apa itu Zcash (ZEC)

Pendiri Zcash (ZEC)

Zcash didirikan sebagai perusahaan Zcash pada Oktober 2016. Dipimpin oleh CEO Zooko Wilcox-O’Hearn, tim ini terdiri dari insinyur blockchain dan ilmuwan komputer

Perusahaan mengklaim berkomitmen pada prinsip-prinsip desentralisasi dan tidak memiliki atau mengelola jaringan. Mereka melihat diri mereka sebagai peserta jaringan, membantu membangun dan mengembangkan protokol, menyarankan pembaruan yang harus disetujui oleh komunitas Zcash.

Cara Kerja Zcash (ZEC)

Kebanyakan kripto memberi penggunanya alamat publik, yang bertindak sebagai nomor akun. Jika seseorang ingin mengirim mata uang digital, mereka harus menggunakan kunci publik itu, yang terdiri dari karakter alfanumerik.

Kunci mungkin tidak dapat diidentifikasi di awal, tetapi setelah beberapa transaksi, kunci publik dapat ditelusuri kembali dari transaksi sebelumnya. Celah ini dapat menyebabkan pelanggaran informasi identitas pribadi.

Untuk mengatasi masalah privasi ini, Zcash menggunakan metode kriptografi bernama zk-SNARKs, yang berarti Zero-knowledge Proofs.

Dengan metode ini, pengirim dan penerima bisa bertransaksi tanpa mengungkapkan alamat atau kunci blockchainnya masing-masing. Transaksi menjadi tak terlacak di blockchain karena semua alamat pembayaran dan jumlah transaksi dienkripsi.

Karena kunci pembayaran yang tercatat di blockchain bukanlah alamat asli, mustahil bagi siapa pun untuk melacak transaksi dan individu yang terkait dengan transaksi tersebut.

Beginilah cara Zcash membedakan dirinya dari kripto lain seperti Bitcoin. Alamat publik dan transaksi yang terkait dengan alamat tersebut selalu terlihat, yang dapat menyebabkan pelanggaran privasi.

Prediksi Harga Token ZEC

Harga Zcash diperkirakan akan mencapai puncaknya pada $422.66 sepanjang tahun 2022. Menurut indeks prediksi harga crypto kami, pada tahun 2023 harga Zcash (ZEC) dapat mencapai level maksimum $717.70, dengan harga perdagangan rata-rata $533.72.

Apa Manfaat Zcash (ZEC)?

Zcash mengikuti kerangka kerja Bitcoin, sehingga menawarkan manfaat yang sama dengan kripto terpopuler tersebut. Selain itu, ia memiliki beberapa keunggulan uniknya sendiri:

1. Biaya Kecil

Mengirim dan menerima Zcash sangat terjangkau karena biaya transaksi rata-ratanya kurang dari seperseratus sen. Bahkan ketika jaringan tersendat dengan traffic dan blockchain harus memvalidasi banyak transaksi, biayanya tetap di bawah satu sen.

2. Berfokus pada Anonimitas

Zcash menggunakan teknologi yang disebut Zero-knowledge Proofs, yang memungkinkan jaringan memproses dan memverifikasi transaksi tanpa mengungkapkan alamat pembayaran publik dan jumlah transaksi pengguna.

3. Penyensoran & Tahan Serangan

Karena blockchain terdesentralisasi, jaringan ini secara inheren tahan terhadap sensor dan serangan cyber. Tidak ada otoritas pusat yang memiliki pengaruh berlebihan atas cara pengoperasian jaringan.

4. Memungkinkan Audit

Jika pengguna memilih untuk mengungkapkan informasi mereka kepada pihak ketiga untuk audit peraturan atau tujuan lain, mereka dapat melakukannya. Mereka dapat menjaga privasi sambil mematuhi hukum.

5. Penerimaan Dunia Nyata

Zcash adalah alternatif mata uang yang layak karena diterima oleh ratusan merchant, penyedia layanan, vendor, retailer, dan LSM. Kunjungi situs komunitas Zcash untuk melihat daftar lengkapnya.

6. Mudah Diakses

Menjadi salah satu yang terpopuler berarti ZEC dapat dibeli di exchange kripto dan platform trading top. ZEC mudah diakses melalui berbagai platform.

Kesimpulan

Zcash adalah mata uang kripto yang didukung oleh blockchain terdesentralisasi yang tujuan utamanya adalah menyediakan solusi mata uang digital yang berfokus pada privasi.

Tujuan utama Zcash adalah untuk membolehkan orang-orang untuk mengirim dan menerima uang secara cepat, murah dan yang paling penting secara pribadi. Bahkan, tim Zcash berharap bahwa suatu hari nanti sistem ini akan menjadi sistem pembayaran global yang digunakan masyarakat di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button