Apa itu Basic Attention Token (BAT) dan Cara Kerjanya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu tahu apa itu Basic Attention Token (BAT)? Basic Attention Token (BAT) adalah salah satu kategori kripto berbasis Ethereum, didirikan oleh Brendan Eich.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai apa itu Basic Attention Token (BAT), kamu bisa menyimak penjelasan yang sudah Teknatekno rangkum berikut ini.

Mengenal Basic Attention Token (BAT)

Basic attention token adalah token ERC-20 yang memanfaatkan blockchain ETH. BAT digunakan untuk memblokir iklan pada beberapa website sesuai dengan kehendak pengguna, khususnya bagi mereka yang menolak berinteraksi dengan kemunculan iklan.

Basic Attention Token adalah token yang dirancang dan dikembangkan oleh Brendan Eich, salah satu pendiri browser Mozilla Firefox. Tujuan utama BAT adalah untuk meningkatkan efisiensi, keamanan dan keadilan iklan digital dengan memanfaatkan teknologi blockchain.

BAT adalah token asli dari browser web Brave dan dibangun di atas Ethereum pada 13 Maret 2028. Hingga di tahun 2020, proyek ini masih dikembangkan, meskipun begitu versi beta dari browser Brave sudah tersedia dan bisa diunduh.

Karena blockchain dan mata uang digital terus berkembang, perusahaan mencari cara baru untuk menerapkan teknologi inovatif ini pada masalah dan kendala lama, seperti penelusuran web dan iklan berbasis web.

Mengenal Basic Attention Token (BAT)

Cara Kerja Basic Attention Token (BAT)

BAT dapat dijalankan pada browser khusus bernama Brave dengan menggunakan blockchain Ethereum (ETH). BAT sekaligus digunakan sebagai mata uang pada Brave browser untuk memperoleh layanan iklan sesuai dengan minat dan ketertarikan pengguna.

Pencipta BAT melihat bahwa tren pengiklanan pada era digital cukup merugikan pengguna, pengiklan maupun penerbit. Dimana, pengguna akan dibanjiri dengan iklan dan tracking, hal ini membuat para pengguna diserang malware. Karena itu, mereka berusaha meningkatkan efisiensi pengiklanan pada era digital.

Penerbit lama telah melihat pendapatan iklan mereka menurun secara dramatis karena platform seperti Google dan Facebook menurunkan harga sambil mengambil potongan besar dari pendapatan iklan.

Permasalah ini juga membuat para pengiklan tidak tepat sasaran dalam mendistribusikan kontennya, karena adanya monopoli platform. tidak hanya itu, malware dan bot juga bisa meningkatkan kerusakan dalam beberapa tahun.

Para pengembang BAT meyakini bahwa menyesuaikan kemunculan konten iklan digital dengan minat para pengguna akan membuat informasi lebih terdistribusi. Selain itu, hal tersebut bisa meningkatkan kesan dan pengalaman interaksi iklan digital yang lebih baik bagi para pengguna, pengiklan maupun penerbit.

Dengan inovasi ini, pengguna bisa mendapatkan konten iklan yang sesuai dengan ketertarikan mereka, penerbit akan menemukan sumber pendapatan baru.

Pengiklan juga dapat menargetkan iklannya kepada pengguna tertentu dengan lebih tepat berdasarkan minat dan preferensi mereka yang telah tercatat oleh algoritma. Tindakan penipuan juga lebih mudah dihindari.

Brave Browser

BAT adalah token asli Brave browser, suatu browser bersifat open-source dan dirancang khusus untuk memblokir malware, pelacak serta cookie invasif.

Browser ini memanfaatkan teknologi blockchain yang berfungsi melakukan tracking terhadap intensitas pengguna secara aman dan anonim. Lalu, diterjemahkan dalam bentuk gift bagi penerbit.

Pengiklan nantinya akan diberi komisi berdasarkan seberapa besar interaksi pengguna dalam bentuk BAT token. Maka semakin besar perhatian pengguna, makin besar pula pendapatan pengiklan. Keuntungan lainnya, pengiklan bisa mendapatkan target sesuai dengan sasaran.

BAT crypto adalah mata uang digital yang memfasilitasi seluruh proses. Ini terkait dengan nilai perhatian, dihitung berdasarkan durasi tambahan dan piksel yang dilihat untuk konten iklan yang relevan.

Sistem Basic Attention Token berencana untuk mengukur dan memonetisasi tindakan pengguna terkait iklan digital di masa mendatang. Brave juga membantu mencocokkan iklan dengan pelanggan berdasarkan algoritma pembelajaran mesin dalam menentukan minat pelanggan.

Dalam rangka mengantisipasi masalah penipuan dan privasi, pengembang Brave dan BAT telah merancang sejumlah langkah keamanan dalam sistem token digital dan browser mereka.

Para pengembang mencoba untuk menghindari adanya penipuan iklan melalui pemanfaatan kriptografi, integritas pengguna yang lebih baik serta pencapaian transparansi pada sumber terbuka.

Brave Micropayments Ledger

Untuk melacak pergerakan BAT, Brave menggunakan Brave Micropayments Ledger (buku besar pembayaran mikro). Idenya adalah bahwa Brave Micropayments Ledger akan memungkinkan pengiklan, penerbit, dan pembaca masuk ke dalam smart contract untuk memindahkan pembayaran antara satu sama lain.

Brave sedang mengeksplorasi penggunaan zero-knowledge proofs untuk blockchain-nya, dengan tujuan memberikan anonimitas kepada pemangku kepentingan dalam transaksi media online.

Kesimpulan

Basic Attention Token (BAT) adalah cryptocurrency yang diciptakan dengan tujuan untuk menciptakan siklus yang baik seputar periklanan digital yang adil bagi pengguna, penerbit, dan pengiklan. Tujuan utama BAT adalah untuk meningkatkan efisiensi, keamanan dan keadilan iklan digital dengan memanfaatkan teknologi blockchain.

Related Articles

Back to top button