Cara Kirim File, Voice Note dan Menyimpan File di WA Web

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Buat kamu yang sedang mencari cara kirim file di Whatsapp Web ataupun mengirim voice note (pesan suara) bahkan menyimpannya di WA Web, kamu bisa simak caranya dibawah ini.

WhatsApp Web tentu sudah familier bagi sejumlah orang. Terutama bagi para pengguna WhatsApp (WA). Aplikasi ini digunakan untuk mereka yang ingin berinteraksi atau mengobrol di WA via komputer atau laptop.

Bukan hanya berinteraksi. WhatsApp Web juga mempermudah para pengguna untuk menyalin atau mengirim file dokumen seperti Microsoft Word, dan lainnya. Cara kirim filenya pun terbilang mudah. Jadi kamu tidak perlu bolak-balik mengecek WhatsApp di smartphone saat sedang fokus bekerja di komputer atau laptop.

Penggunaan WhatsApp Web juga memudahkan kamu melakukan chat bersamaan dengan orang yang berbeda. Misalnya, chat dengan teman A lewat WA Web di komputer dan chat dengan teman B lewat smartphone.

Selain itu, para pengguna juga bisa mengirim pesan suara melalui WhatsApp Web. Namun, cara mengirim pesan suara di WA Web sedikit berbeda dengan ponsel.

Untuk lebih jelasnya lagi bagaimana cara kirim file, voice note atau pesan suara di Whatsapp Web, ataupun menyimpan file atau hasil VN ke dalam PC atau laptop, simak cara-cara berikut ini.

Kirim File di Whatsapp Web

Cara Kirim File di Whatsapp Web

Kamu bisa mengirim file secara mudah dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik ikon klip/lampiran yang ada pada layar chatting kamu.
  2. Pilih di antara icon yang ditampilkan.
    Foto & Video : Icon ini untuk memilih foto atau video dari komputer kamu. Kamu dapat mengirim hingga 30 foto atau video sekaligus. Cara lainnya, kamu bisa menarik dan meletakkan foto atau video secara langsung ke kotak input teks. Batas ukuran untuk setiap video yang dapat kamu kirimkan adalah 16 MB.
    Kamera : Icon ini dapat kamu gunakan untuk mengambil foto secara langsung melalui web cam yang terpasang pada laptop kamu yang kemudian dapat kamu kirimkan melalui whatsapp web.
    Dokumen : Icon ini untuk mengirim dokumen yang terdapat pada komputer kamu. File dokumen bisa berupa file pdf, doc, ppt dan lain-lain.
    Kontak : Icon ini untuk mengirim kontak telepon.
  3. Cari dan pilih file yang ingin dilampirkan pada PC atau laptop kamu. Kemudian klik Open.
  4. Kamu bisa menambahkan keterangan sebelum mengirimkan file tersebut. Setelah itu klik Kirim agar lampiran tersebut terkirim.

Cara Kirim Voice Note di Whatsapp Web

Cara kirim file berupa voice note di WA Web tidak jauh berbeda dengan di smartphone. Namun, kamu harus memiliki headset atau headphone yang memiliki fasilitas mic untuk merekam suara. Adapun langkahnya yaitu sebagai berikut:

  1. Buka chat atau percakapan.
  2. Kemudian Klik tombol Mikrofon yang terletak di pojok kanan bawah lalu mulai berbicaralah ke mikrofon komputer kamu.
  3. Setelah selesai, klik Konfirmasikan (centang hijau) untuk mengirim pesan suara tersebut.
  4. Jika kamu ingin menghapus pesan suara tersebut ketuk ikon silang berwarna merah.

Cara Menyimpan File dari Whatsapp Web

Buat kamu yang ingin menyimpan file yang ada di Whatsapp Web, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cari foto atau video yang ingin kamu simpan pada percakapan Whatsapp kamu.
  2. Klik foto tersebut dan klik ikon Unduh. Maka browser yang kamu gunakan akan secara otomatis mendownload file yang ingin kamu simpan tadi.
  3. Selesai

Cara Kirim File Voice Note dan Menyimpan File di WA Web

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar cara kirim file di WA Web.

Apa itu WhatsApp Web?

WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop adalah ekstensi berbasis komputer dari akun WhatsApp ponsel kamu. Pesan yang dikirim dan diterima disinkronkan antara telepon dan komputer kamu, dan kamu dapat mengaksesnya di kedua perangkat tersebut.

Berapa Lama Waktu WhatsApp Web Bertahan?

Pengguna dapat menggunakan WhatsApp Web tanpa harus menghidupkan telepon mereka. Akun pengguna tetrap bisa diakses ketika sering membuka WhatsApp Web, kecuali jika pengguna tidak membuka akun WhatsApp melalui WhatsApp Web selama 14 hari.

WA Web Apakah Bisa Video Call?

Menurut laman resmi whatsapp.com, video call di WhatsApp Web masih belum tersedia. WhatsApp Desktop adalah satu-satunya cara untuk melakukan panggilan telepon dan panggilan video.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang bisa Teknatekno rangkumkan untuk kamu mengenai cara kirim file dan voice note di WA Web, bahkan kamu juga bisa menyimpan file yang ada pada WA Web kamu ke PC atau laptop pribadi kamu. Selamat mencoba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button